Comscore Tracker

5 Momen "Culture Shock" Paling Berkesan di Drama Crash Landing on You

Perbedaan budaya yang sangat mencolok ya

Crash Landing on You sukses merebut hati hati para pecinta Drakor (Drama Korea) baik baik di tanah air ataupun di Korea Selatan. Bahkan, rating serial tersebut sukses mengalahkan Goblin yang sebelumnya menduduki peringkat teratas dengan angka 21,68% dibandingkan serial Goblin di angka 20,5, dan rekor ini terpecahkan dalam tiga tahun terakhir.

Cerita yang menarik karena memadukan genre action, comedy, dan romance ini menjadikan serial yang diperankan oleh Hyun Bin dan So Ye jin ini mudah diterima oleh masyarakat Indonesia dan Korea Selatan sendiri.

Mengisahkan mengenai pertemuan dua warga negara yang masih dalam status perang yakni Korea Selatan dan Korea Utara membuat beberapa kejadian lucu, terutama saat anak buah Kapten Ri Jeong-hyuk (Hyun Bin) asal Korea Utara menjalankan misi ke Korea Selatan terperangah dengan beragam perbedaan yang sangat mencolok dibandingkan negara asalnya.

Berikut 5 momen lucu yang terjadi pada anak buah Kapten RI Jeong-hyuk.

1. Para bawahan Kapten Ri kaget bahwa banyak mobil di Korea Selatan

5 Momen Culture Shock Paling Berkesan di Drama Crash Landing on Youunsplash.com/Alexiaa sim

Momen lucu terjadi saat para anak buah Kapten Ri Jeong-hyuk yang terdiri dari Pyo Chi-soo, Kim Joo-muk, Geum Eun-dong, Park Kwang-beom dan Jeong Man-bok memasuki wilayah Korea Selatan sebagai atlet Korea Utara yang akan berlaga di olimpiade Korea Selatan.

Mereka kaget dan terperangah melihat banyak sekali mobil berlalu-lalang di jalanan Korea Selatan, bahkan Pyo Chi-soo menganggap bahwa pemerintah Korea Selatan sengaja ingin menunjukkan bahwa Korea Selatan merupakan negara maju dengan banyaknya mobil yang ada.

Momen tersebut benar adanya, karena di Korea Utara sendiri bahkan di Ibukota Pyongyang sangat sedikit mobil yang ada. Saking sedikitnya mobil di sana, jalan raya di Ibukota pun dijadikan tempat bermain oleh anak-anak di sana.

2. Para tentara Korea Utara kagum kalau banyak tersedia nasi di Korea Selatan

5 Momen Culture Shock Paling Berkesan di Drama Crash Landing on Youunsplash.com/Luigi Pozzoli

Adegan lucu juga terjadi saat mereka para bawahan Kapten Ri Jeong-hyuk berkunjung ke sebuah minimarket untuk menyantap makanan, mereka pun heran dan bingung melihat banyak nasi siap saji yang tertata rapi di etelase toko.

Mungkin hal itu terjadi karena propaganda yang menyebut bahwa Korea Selatan belum sejahtera dalam bidang pangan.

3. Beberapa tentara malah kegandrungan game online

5 Momen Culture Shock Paling Berkesan di Drama Crash Landing on Youunsplash.com/Sean Do

Bertemu internet pertama kali pasti akan membuat seseorang merasa kaget dan kagum bahwa ada teknologi yang mampu menghubungkan semua orang tanpa ada jarak dan batas, sekalipun berbeda benua.

Geum Eun-dong dan Kapten Ri terlihat sangat asyik menikmati fasilitas tersebut saat menjalankan misi di Korea Selatan, mereka terlihat bermain game online yang memungkinkan berinteraksi antar pemain. Bahkan, Kapten Ri turut membeli beragam item yang terdapat di dalam game menggunakan kartu kredit Yoon Se-ri (So Ye Jin).

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Geng Anak Buah Kapten Ri di Crash Landing on You

4. Salah satu tentara menganggap vending machine sebagai mesin yang jahat

5 Momen Culture Shock Paling Berkesan di Drama Crash Landing on Youunsplash.com/Charles Deluvio

Pyo Chi-soo (Yang Kyung-won) dan Kim Joo-muk (Yoo Su-bin) merasa sudah terbiasa dengan kehidupan sosial di Ibukota Seoul, mereka pun berniat untuk menjahili Geum Eun-dong saat sedang berada di rumah sakit, di sana terdapat vending machine berisikan minuman siap saji.

Geum Eun-dong merasa bingung mesin apa itu, lalu Pyo Chi-soo dan Kim Joo-muk kompak berkata itu adalah mesin minuman yang di dalamnya terdapat seorang pelayan yang harus siap membuat minuman di dalam ruangan vending machine yang sangat sempit. Mendengar hal tersebut, Geum Eun-dong pun sangat kaget bahwa pekerjaan di Korea Selatan sangat menyedihkan.

Padahal di negara-negara lain, kehadiran vending machine merupakan hal yang wajar dan lumrah bahkan sangat membantu orang-orang saat ingin membeli minuman dengan praktis. Perbedaan budaya inilah yang membuat warga Korea Utara seperti melihat sesuatu yang sangat baru.

5. Para tentara Korea Utara salah kaprah tentang sistem pembayaran di Korea Selatan

5 Momen Culture Shock Paling Berkesan di Drama Crash Landing on Youunsplash.com/Blake Wisz

Keempat anak buah Kapten Ri dan salah satu kerabatnya Jeong Man-bok (Kim Young-min) saat pertama datang ke Seoul, Korea Selatan sempat bingung ingin menetap di mana, akhirnya mereka menemukan tempat spa yang dapat ditinggali dan mereka kaget saat dipersilakan bebas mengambil makanan dan minuman sesuka hati karena mereka pikir bahwa sang pemilik tempat berbaik hati.

Namun alih-alih demikian, mereka tidak sadar bahwa sistem pembayaran di Korea Selatan ialah menikmati jasa terlebih dahulu baru membayar apa yang telah digunakan, maka dengan berat hati mereka harus merogoh kocek cukup dalam akibat perbuatannya.

Seperti itulah momen lucu para pemain Crash Landing on You terutama yang berperan sebagai tentara sekaligus warga Korea Utara, tampak sangat jelas perbedaan antara kedua negara tersebut. Semoga perdamaian tetap dijunjung oleh kedua negara tersebut ya.

Baca Juga: Jadi Pebisnis Tajir, 10 Harga Outfit Son Ye Jin Crash Landing On You

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya