Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Drama Korea Mudah Diterima Orang Indonesia

Wah tidak heran ya

Demam akan drama Korea nampaknya telah "mewabah" di Indonesia, salah satu tandanya adalah dengan penayangan beberapa serial drama Korea di salah satu televisi swasta Indonesia. Drama Korea sendiri bukan satu-satunya produk dari Korea Selatan yang berhasil merebut hati masyarakat Indonesia, ada pula KPop yaitu musik pop asal Korea Selatan yang terkenal dengan boyband dan girlband sudah menjadi kesenangan para muda-mudi Indonesia.

Dengan antusiasme tersebut, sungguh menarik apabila digali lebih dalam lagi mengapa budaya luar negeri dengan mudah diterima oleh masyarakat kita? Mari kita ulas satu persatu alasannya berikut ini:

1. Masyarakat Indonesia gemar menonton serial sejak dulu

5 Alasan Mengapa Drama Korea Mudah Diterima Orang Indonesiaunsplash.com/Victoria Heath

Masih ingat tentang telenovela asal Kolombia yang terkenal pada waktu itu? Ya, telenovela dengan judul Betty La Fea sempat singgah di Indonesia dan diterima oleh masyarakat Indonesia, lalu setelah itu ada pula serial asal India bahkan Turki yang juga populer di sini.

Pada dasarnya, sejak dahulu beragam jenis serial drama dari berbagai negara sukses diterima oleh masyarakat Indonesia, maka tidak heran kini serial drama Korea pun diterima bahkan telah ditayangkan di salah satu televisi swasta. 

2. Kadang kala, adegan yang terdapat sangat relate dengan kehidupan di sini

5 Alasan Mengapa Drama Korea Mudah Diterima Orang Indonesiaunsplash.com/amandaziphotography

Di dalam drama sendiri terkadang banyak hal-hal yang juga kita alami secara nyata, hal itulah yang mungkin membuat serial drama mudah diterima oleh masyarakat. Misalnya saja drama percintaan yang terkadang juga dirasakan oleh penonton di dunia nyata.

3. Masyarakat Indonesia nampaknya gemar menonton

5 Alasan Mengapa Drama Korea Mudah Diterima Orang Indonesiaunsplash.com/Kilyan Sockalingum

Jika dilihat lebih dalam lagi nampaknya masyarakat Indonesia memang gemar menonton, hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya program film yang tayang di televisi baik itu sinetron atau pun serial buatan Indonesia atau pun luar negeri.

Belakangan ini pula industri perfilman Indonesia seakan bangkit dari "mati suri", berbagai macam genre film Indonesia kini lebih sering menghiasi layar bioskop bahkan ada yang sampai ke negeri jiran saking populernya film tersebut.

Baca Juga: Sering Muncul di Drama Korea, Ini 5 Fakta tentang Profesi Profiler

4. Korean wave yang baru-baru ini merebak lagi

5 Alasan Mengapa Drama Korea Mudah Diterima Orang Indonesiawww.forbes.com

Wabah Korean Wave nampaknya bukan isapan jempol belaka, banyak muda-mudi Indonesia yang menggemari berbagai boyband dan girlband asal Korea Selatan. Di beberapa acara, boyband Korea pun sempat diundang untuk mengisi acara dan sukses menjadi magnet bagi anak-anak muda.

Belum lagi baru-baru ini boyband top asal Korea yakni BTS digandeng oleh salah satu e-commerce anak bangsa sebagai brand ambassador, tentu hal tersebut semakin memantapkan bahwa budaya Korea Selatan memang diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

5. Tak bisa dipungkiri, soundtrack menjadi drama kian menarik

5 Alasan Mengapa Drama Korea Mudah Diterima Orang Indonesiaunsplash.com/Malte Wingen

Salah satu yang membuat drama Korea menarik adalah OST (Original Soundtrack) yang menghiasi setiap adegan di dalam drama tersebut, apabila penggunaan OST tepat dalam arti lirik lagu, nada hingga penyanyi yang tepat tentu akan semakin membuat drama tersebut dinanti-nanti.

Nah, apakah kamu penggemar drama Korea juga?

Baca Juga: 16 Karakter Dokter Menawan di Drama Korea Ini Paling Bikin Jatuh Hati

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya