Comscore Tracker

Jangan Pernah Lakukan! 5 Challenge Ini Dinilai Sangat Berbahaya

Bahkan bisa menyebabkan kematian

Generasi anak muda sekarang tampaknya gemar sekali melakukan hal yang menantang. Bahkan tidak sedikit pula tantangan mereka itu sangat membahayakan diri mereka sendiri. But, they don't worry about it, right? Karena yang terpenting adalah "likes and likes" dari sosial media mereka.

Sudah banyak sekali challenge yang dibuat dan viral di Internet, khususnya di media sosial. Beberapa diantaranya sangat menyenangkan dan menghibur, tetapi beberapa diantaranya juga justru membuat banyak orang terluka karenanya. Mau tahu apa saja challenge yang paling berbahaya yang pernah viral di media sosial? Simak selengkapnya berikut ini!

1. Cinnamon challenge - memakan bubuk kayu manis

Jangan Pernah Lakukan! 5 Challenge Ini Dinilai Sangat Berbahayathestar.com

Challenge yang satu ini tergolong sangat menyakitkan, jika kamu ingin mencobanya. Jadi tantangannya adalah kamu harus memiliki bubuk kayu manis / cinnamon dan memakannya langsung dalam satu sendok penuh, tanpa air. Kamu harus bisa menghabiskan satu sendok kayu manis tersebut dalam waktu kurang dari 1 menit.

https://www.youtube.com/embed/Cyk7utV_D2I

Challenge yang sempat viral pada tahun 2012 ini dinilai sangat berbahaya bagi sistem pernapasan. Kayu manis dapat mengeringkan tenggorokan dan menempel, sehingga bisa saja kamu akan mengalami batuk-batuk, muntah, tersedak, iritasi pada tenggorokan bahkan bisa mengalami pneumonia. Ngeri banget, kan?

2. Kiki challenge - melompat dari mobil dan menari

Jangan Pernah Lakukan! 5 Challenge Ini Dinilai Sangat Berbahayapune365/aawsat

Masih ingatkah kalian dengan challenge yang satu ini? Yapchallenge ini sangat viral di tahun 2018 lalu dimana banyak sekali artis dan public figures lainnya memainkan challenge yang satu ini dan mempostingnya di akun media sosial mereka.

Challenge ini merupakan challenge mahal karena kamu harus memiliki sebuah mobil untuk memainkannya, haha. Cara memainkannya adalah kamu hanya perlu menjalankan mobil mu pelan-pelan, lalu mainkan lagu Drake - In My Feelings dan melompatlah keluar disamping mobilmu yang sedang bergerak setelah itu menari seperti yang ditunjukan pada lagu itu.

https://www.youtube.com/embed/nPRzLvnfPi0

Kedengaran seru banget, kan? Tapi, kepolisian di beberapa negara seperti India, Malaysia,  Amerika Serikat bahkan Indonesia sendiri telah memperingati warganya untuk berhenti memainkan challenge yang satu ini. Mereka menegaskan kalau permainan ini sangatlah membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Sudah banyak kasus kecelakaan akibat mengikuti challenge ini. Seperti jatuh ke selokan, ketabrak tiang rambu lalu lintas, jatuh karena kesandung, dan yang paling parah adalah tertabrak mobil pengendara lain. Jangan kalian ikuti jika kamu tidak ingin seperti mereka, oke!

3. Salt and ice challenge - mencampuri garam dan es batu ke kulit

Jangan Pernah Lakukan! 5 Challenge Ini Dinilai Sangat Berbahayablog.pharma-gdd.com

Berikutnya adalah challenge mengerikan yang pernah booming beberapa tahun silam. Tantangan ini mengharuskan kamu menuangkan garam ke kulit kamu lalu setelah itu letakan batu es diatas garamnya. Sesaat kamu akan merasakan sensasi dingin yang luar biasa seperti terbakar dan kamu harus menahannya. Siapa yang lama bertahan, dialah pemenangnya.

Permainan tantangan ini memanfaatkan suatu reaksi kimia dimana suhu es batu anjlok hingga ke titik -28 derajat celcius ketika dicampur dengan garam. Jika dibiarkan diatas kulit dalam waktu yang lama, itu bisa membuat kulit kita tampak terbakar. Apakah ini benar-benar berbahaya? Tentu! 

Menurut seorang dokter yang merupakan direktur dari Ross Tilley Burn Center di Sunnybrook, Dr. Marc Jeschke. Dia mengatakan bahwa bekas 'terbakar' pada kulit kita sehabis melakukan challenge tersebut sebenarnya itu menandakan kalau jaringan kulit kita benar-benar sudah rusak. Sebagian orang yang melakukan challenge tersebut bahkan harus dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga: Ini 5 Dance KPop Challenge yang Sedang Tren di 2020

4. The pepper ghost challenge - menempelkan cabai ke mulut

Jangan Pernah Lakukan! 5 Challenge Ini Dinilai Sangat Berbahayaashleyfoodcompany.com

Menempelkan 1 cabai ke mulit kita saja rasanya sudah membuat lidah dan bibir kita bergetar-getar tidak karuan, bagi yang enggak kuat. Bagaimana dengan cabai 'iblis' yang memiliki nilai kepedasan (Scoville Heat Unit) diatas 1 juta SHU? Memangnya, cabai apa saja yang digunakan dalam challenge satu ini? 

Sebenarnya ada banyak jenis cabai terpedas di dunia, tapi disini hanya mengambil dua dari banyaknya cabai terpedas yang pernah ada. Mereka adalah bhut jolokia dan carolina. Bhut jolokia memiliki tingkat kepedasan mencapai 1,041,427 SHU (sumber Wikipedia), sedangkan carolina memiliki tingkat kepedasan mencapai 1,569,300 SHU (sumber Wikipedia).

https://www.youtube.com/embed/8dFMCf8zi5s

Lalu, apa saja efek samping yang ditimbulkan jika kita menempelkannya ke mulut kita bahkan memakan salah satu dari kedua cabai diatas? Well, kamu akan merasakan sensai pedas yang hebat di mulut kamu, pusing, muntah-muntah dan jika kamu tidak tahan dengannya kamu bisa pingsan dan dibawa ke rumah sakit.

Mending makan cabai biasa aja, atau kalau bisa dibuat rujak. Enak kalau begitu, kan?

5. The choking game - mencekik sampai pingsan

Jangan Pernah Lakukan! 5 Challenge Ini Dinilai Sangat Berbahayacprcare.com

Permainan challenge ini mirip dengan permainan dimana seseorang akan menekan dada temannya agar terlihat mabuk atau pingsan karena menghentikan aliran oksigen ke otak. Bukannya menekan dada, permainan ini menyuruh kamu untuk mencekik dirimu sendiri sampai kamu terlihat mabuk atau jika bisa (jangan lakukan) sampai pingsan.

Jangan Pernah Lakukan! 5 Challenge Ini Dinilai Sangat Berbahayameaww.com

Tahu enggak? Challenge ini sudah 'merenggut' banyak nyawa anak kecil, loh. Seperti yang dilansir dari time.com. Ada kisah seorang anak berusia 11 tahun bernama Carson Bodkins, tinggal di Elizabeth, Colorado. Ia meninggal di kamar tidurnya selepas melakukan challenge mematikan yang satu ini.

Ibunya yang sedang mengemas barang untuk perjalanan keluarganya nanti di lantai bawah, tidak menyadari anaknya telah meninggal 10 menit yang lalu sebelum ia memanggil sang putranya tersebut. Ketika diwawancarai, ibunya mengatakan bahwa pada saat itu oksigen sudah tidak masuk ke otaknya sehingga mustahil untuk diselamatkan.

Itulah beberapa challenge mengerikan yang pernah viral di Internet. Bagaimana menurut pendapat kamu? Maukah kalian mencobanya dan merekamnya ke media sosial yang semata-mata hanya untuk mencari likes? Lebih baik hargai keselamatan kalian daripada mencari muka.

Baca Juga: 7 Video Viral Idol Challenge BTS, Siap Gantikan Kiki Challenge Nih

Ahmad Baihaqi Photo Writer Ahmad Baihaqi

Oe oe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya