Comscore Tracker

Incredibles 2, Sekuel Pengobat Rindu yang Gagal Tingkatkan Mutu

Sudah nonton filmnya?

Salah satu judul film yang hadir saat libur lebaran kemarin adalah Incredibles 2. Sekuel dari animasi sukses The Incredibles (2004) ini memulai kisahnya hanya beberapa saat setelah film pertamanya berakhir. Dibuka dengan perlawanan keluarga Incredibles terhadap Underminer, ceritanya kemudian bergulir menyoroti misi rahasia Elastigirl (Holly Hunter) yang ternyata lebih dari apa yang terlihat.

Dilansir dari Box Office Mojo, Incredibles 2 sejauh ini tercatat telah membukukan keuntungan sebesar 328 juta dollar AS dari pemutarannya di seluruh dunia. Sayangnya, pencapaian fantastis tersebut belum diimbangi dengan kualitas filmnya. Meskipun sukses membayar rasa kangen para penggemarnya, Incredibles 2 masih kalah peringkat dengan pendahulunya. Berikut alasan selengkapnya.

1. Pola penuturan yang berulang

Incredibles 2, Sekuel Pengobat Rindu yang Gagal Tingkatkan Mutugamespot.com

Masih ingat jalan cerita The Incredibles yang tayang tahun 2004 silam? Secara garis besar, intinya seperti ini: Mr. Incredible (Craig T. Nelson) melakukan sebuah misi rahasia yang ternyata merupakan sebuah jebakan. Menyadari ada yang tidak beres, keluarganya kemudian bergegas untuk menyelamatkannya.

Pola tersebut diulang kembali di Incredibles 2. Bedanya, kali ini giliran Elastigirl yang menjalani suatu misi rahasia. Namun, ujung-ujungnya ia tetap dibantu oleh keluarganya. Sebenarnya, tidak ada yang salah akan pengulangan pola ini. Meskipun begitu, untuk sekuel yang sudah ditunggu-tunggu selama 14 tahun, sepertinya penonton layak mendapatkan sesuatu yang lebih segar.

2. Perkembangan karakter yang tipis

Incredibles 2, Sekuel Pengobat Rindu yang Gagal Tingkatkan Mutucollegehumor.com

Perkembangan para karakter di Incredibles 2 juga terbilang minimalis, jika enggan dikatakan nihil. Sepanjang film, masing-masing karakter tetap memiliki ciri khas namun tidak terasa adanya perubahan. Alhasil, mereka terlihat monoton dan sedikit-banyak membosankan.

Bagi yang sudah menonton film pertamanya, pasti akan menyadari bahwa karakter-karakternya tetap begitu-begitu saja. Sementara yang belum menyaksikan film pendahulunya juga akan merasakan minimnya perkembangan tokoh-tokoh tersebut dari awal hingga akhir film. Padahal, potensi yang dimiliki seluruh karakter di film ini begitu besar untuk dieksplorasi.

3. Musuh yang kurang gereget

Incredibles 2, Sekuel Pengobat Rindu yang Gagal Tingkatkan Mutupolygon.com

Apa pun format filmnya, kisah pahlawan super tidak akan lengkap tanpa adanya sosok musuh. Biasanya, sang musuh menjadi salah satu faktor yang mendorong perkembangan karakter sang jagoan utama. Hal tersebut bisa terjadi melalui beragam aspek, mulai dari pertentangan ideologi hingga motivasi yang kompleks. Sayangnya, tidak ada satu pun yang muncul di Incredibles 2.

Pengungkapan musuh utama pada film ini menggunakan trik yang sama seperti film sebelumnya, yaitu dihadirkan sebagai twist. Entah disengaja atau tidak, hadirnya twist tersebut sudah bisa tercium sejak awal, dengan begitu mudahnya, sehingga tidak menimbulkan dampak yang signifikan. Si musuh utama sendiri juga hambar dengan motivasi yang kurang meyakinkan. Hasilnya adalah seorang musuh yang mudah dilupakan sehabis lampu bioskop dinyalakan.

4. Kisah yang tetap menghibur

Incredibles 2, Sekuel Pengobat Rindu yang Gagal Tingkatkan Mutuhighsnobiety.com

Di tengah-tengah kelemahan yang ada, Incredibles 2 masih mampu tampil menghibur. Aksinya seru dan beberapa leluconnya berhasil menciptakan tawa. Interaksi antar anggota keluarga Incredibles juga menarik untuk disaksikan. Tidak ketinggalan tokoh Edna Mode alias E, perancang busana pahlawan super yang tingkah nyentriknya berhasil meninggalkan kesan meskipun tampil cuma sebentar.

5. Jack-Jack yang curi perhatian

Incredibles 2, Sekuel Pengobat Rindu yang Gagal Tingkatkan Mutudigitalspy.com

Penyelamat utama film ini justru datang dalam ukuran mini. Ialah Jack-Jack yang berhasil membuat Incredibles 2 layak ditonton di bioskop. Tingkahnya yang lugu namun keras kepala benar-benar menggemaskan. Jika kamu sudah menjadi penggemar Jack-Jack sejak film pertamanya, kamu akan lebih mencintainya lagi di film ini!

Kesimpulannya, Incredibles 2 patut disaksikan seluruh anggota keluarga meski belum mampu menyaingi kualitas film pertamanya. Saat ini, filmnya terpantau masih tayang di bioskop sehingga belum telat bagi kamu yang ingin menyaksikannya. Selamat menonton, ya!

Ahmad Wildan Photo Verified Writer Ahmad Wildan

Your Sociable Movie Guy. IG: @wildanahmd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya