Comscore Tracker

Ini 6 Alasan BTS Diberi Julukan 'Leader of The Youth'

Gak sembarangan lho! #WaktunyaKorea #HypeIDN

Sabtu, 19 September 2020 ditandai sebagai hari pertama dirayakannya Korea Youth Day untuk warga Korea Selatan. Selain beberapa tokoh berpengaruh di Korea Selatan, Presiden Moon Jae-in juga mengundang grup KPop BTS untuk menyampaikan pidato secara langsung di pelataran Blue House (Cheong Wa Dae) tersebut.

BTS juga menghadiahkan Presiden Moon  dengan kotak berwarna ungu sebagai Year 2039 Gift yang akan disimpan di Museum Nasional Sejarah Kontemporer Korea di Seoul, dan isinya akan dibuka pada acara Korea Youth Day ke-20 mendatang.

Peringatan bersejarah ini pun tak kalah menggemparkan media sosial baik di dalam maupun luar Korea, hingga muncul worldwide hashtag #LeaderOfTheYouthBTS. Berikut 6 alasan kuat di balik julukan "Leader of The Youth" yang disematkan pada BTS. Check it out!

1. Semangat kerja keras dan pantang menyerah

Ini 6 Alasan BTS Diberi Julukan 'Leader of The Youth'Berbagai Sumber

Grup yang memulai debutnya pada 13 Juni 2013 lalu tersebut tidak serta-merta berjalan mulus dalam karirnya. Agensi yang menaungi mereka, BigHit Entertainment, bukanlah agensi besar di Korea bahkan sempat tersandung kasus pemerasan oleh salah satu girlband asuhannya dan hampir mengalami kebangkrutan.

Pun, pada awal debut, BTS kerap tidak mendapat waktu tayang utuh pada berbagai program musik di stasiun TV dan hanya 100-300 fans yang hadir dalam event fansign pertama mereka.

Semua rintangan yang mereka hadapi, tak pernah menurunkan semangat BTS untuk tekun berkarya dengan jujur dan pantang menyarah. Kini BigHit Entertainment menjadi agensi hiburan paling berpengaruh se-Korea Selatan dan BTS pun menjadi ikon fenomenal pada sektor ekonomi, budaya, dan industri di Korea Selatan.

2. Kejujurannya terhadap kelemahan atau keburukan diri 

Ini 6 Alasan BTS Diberi Julukan 'Leader of The Youth'Berbagai Sumber

Sebagai public figure, tak mudah untuk mengutarakan apa pun yang mereka inginkan maupun alami karena ditakutkan akan berpengaruh pada popularitas artis tersebut. Lain halnya dengan BTS, mereka tidak segan menceritakan berbagai masalah yang mereka hadapi, kesedihan maupun ketakutan kepada fansnya, ARMY.

Hal tersebut dapat ditemui dalam lagu-lagu yang terdapat tidak hanya pada album BTS, namun juga pada proyek solo mixtape dari rapper line (RM, Suga/Agust D, dan J-Hope).

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lagu dari Music Playlist Jin BTS, Banyak Lagu Barat!

3. Rendah hati dan menghargai siapa pun dari kalangan mana pun

Ini 6 Alasan BTS Diberi Julukan 'Leader of The Youth'Berbagai Sumber

Meskipun kerap berkolaborasi hingga menjadi brand ambassador dari merek-merek ternama internasional, para member BTS tetap terlihat sering menggunakan produk-produk dari industri kecil dan lokal. Di antaranya adalah pakaian hanbok modern yang sering digunakan oleh Jungkook dan asesoris gelang yang dipakai V.

Hal tersebut justru mampu meningkatkan produktivitas dari pengrajin dan penggiat usaha kecil tersebut, walaupun mereka tidak pernah langsung meminta BTS untuk memakai atau mempromosikan produknya. 

4. Kerap membantu sekitar di mana pun dan kapan pun, king of donation

Ini 6 Alasan BTS Diberi Julukan 'Leader of The Youth'love-myself.org

Selain sibuk berkarya, BTS tetap tak pernah absen untuk memberikan donasi kepada masyarakat sekitarnya baik di dalam negeri dan di luar negeri. Bahkan agensi hingga ARMY juga turut serta dalam kegiatan tersebut. Beberapa di antaranya adalah BTS dan BigHit Entertainment mendonasikan $1 juta kepada Crew Nation untuk membantu anggota kru konser yang terkena dampak finansial karena penundaan konser selama pandemi COVID-19.

Selain itu, mereka juga telah menyumbangkan $1 juta untuk mendukung kampanye Black Lives Matter pada pertengahan 2020 yang kemudian diikuti dengan sejumlah serupa oleh ARMY (#ARMYMatch1M).

5. Memberikan dukungan dan semangat dalam berbagai bentuk khususnya kepada anak muda 

https://www.youtube.com/embed/oTe4f-bBEKg

Terkenal dengan semboyan 'Love Yourself', sebagian besar album-album BTS berisi lagu-lagu yang memberikan dengan dukungan dan semangat kepada orang lain tanpa mengenal batasan usia, agama, ras, dan budaya. Di samping itu, salah satu pencapaian fenomenal dari grup tersebut adalah keikutsertaan mereka untuk menyampaikan pidato tentang generasi muda dalam sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa tahun 2018 lalu. 

6. Tak pernah berhenti memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri 

Ini 6 Alasan BTS Diberi Julukan 'Leader of The Youth'twitter.com/BTS_twt

Pada tahun 2020 saja, BTS sudah meraih banyak penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri. Diantaranya adalah album Map of the Soul: 7, memulai debutnya di No. 1 di Billboard 200, yang menjadikannya album ke-4 berturut-turut dan satu-satunya artis Korea yang mencapai prestasi ini.

Selain itu, album ini juga telah terjual lebih dari 4 juta unit dan terus bertambah, mengalahkan After Hours dari The Weeknd. BTS adalah satu-satunya grup dalam sejarah di mana setiap anggotanya telah mencapai posisi nomor 1 di tangga lagu iTunes pada lagu solo mereka. Di samping itu, pencapaian terbaru mereka adalah berhasil merajai puncak tangga lagu Billboard Hot 100 selama 2 pekan berturut-turut. 

Itulah 6 alasan kuat di balik julukan Leader of The Youth yang pantas diberikan kepada BTS. Sangat menginspirasi ya guys! Makin tidak sabar menunggu pencapaian mereka mendatang nih! 

Baca Juga: Perfect-All Kill, 5 Pencapaian BTS dengan Dynamite, Sukses Besar!

Aii gie Photo Verified Writer Aii gie

Seorang virgo bergolongan darah O.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya