Comscore Tracker

15 Lagu Ini Rajai Billboard's Hot 100 Selama 2020, Ada 'Dynamite' BTS!

BTS makin tak terkalahkan nih! #WaktunyaKorea #HypeIDN

Seperti dilansir laman resmi Billboard  pada tanggal 8 September 2020, single terbaru BTS "Dynamite' kembali menduduki peringkat teratas dari chart Billboard's Hot 100 di minggu kedua. Pencapaian ini merupakan rekor terbaru bagi grup yang diketuai oleh RM tersebut yakni sebagai grup pertama di abad ke-21 yang debut dan menempati posisi #1 selama 2 minggu berturut-turut. Meski sempat turun ke posisi 2 pada pekan ke-3, "Dynamite" kembali memuncaki tangga lagu, tercatat pada 28 September 2020.

Tak hanya BTS, 15 lagu ini juga berhasil merajai tangga lagu Billboard's Hot 100 selama tahun 2020. Apa sajakah lagunya? Check this out!

1. Post Malone - 'Circle'

https://www.youtube.com/embed/wXhTHyIgQ_U

"Circles" adalah lagu dari rapper Amerika Post Malone yang rilis pada 30 Agustus 2019, sebagai single ketiga dari album studio ketiga Malone, Hollywood's Bleeding (2019). Lagu ini berhasil mencapai peringkat 1 di Billboard's Hot 100 selama tiga minggu.

2. Roddy Ricch - 'The Box'

https://www.youtube.com/embed/UNZqm3dxd2w

Single keempat dari album debut rapper Amerika Roddy Ricch, "The Box", ini menghabiskan sebelas minggu di peringkat satu chart Billboard's Hot 100. Selain itu, lagu ini juga sempat viral di aplikasi TikTok.

3. The Weeknd - 'Blinding Lights'

https://www.youtube.com/embed/4NRXx6U8ABQ

Lagu yang dirilis pada 29 November 2019 ini sukses meraih posisi puncak di 34 negara, termasuk Amerika Serikat dan Kanada (Billboard's Hot 100 dan Canadian Hot 100) selama empat dan tujuh minggu. 

Baca Juga: Perfect-All Kill, 5 Pencapaian BTS dengan Dynamite, Sukses Besar!

4. Drake - 'Toosie Slide'

https://www.youtube.com/embed/xWggTb45brM

Lagu ini memulai debutnya di nomor 1 pada tangga lagu Billboard's Hot 100 dan menjadikan Drake sebagai artis pria pertama yang mencapai tiga lagu debut di peringkat #1.

5. Travis Scott, Kid Cudi - 'THE SCOTTS'

https://www.youtube.com/embed/sw4r0k8WWqU

Lagu dari duo hip-hop asal Amerika, The Scotts, yang terdiri dari Travis Scott dan Kid Cudi ini, menjadi single ketiga Scott yang berhasil meraih peringkat pertama di chart Billboard's Hot 100. 

6. Doja Cat - 'Say So'

https://www.youtube.com/embed/pok8H_KF1FA

Lagu berjudul "Say So" ini mendapatkan popularitas setelah tarian yang dibuat oleh pengguna TikTok Haley Sharpe menjadi viral di applikasi tersebut. Lagu tersebut merupakan kolaborasi pertama antara dua rapper wanita (Doja Cat dan Nicki Minaj) yang berhasil menduduki puncak Billboard's Hot 100.

7. Ariana Grande dan Justin Bieber - 'Stuck with U'

https://www.youtube.com/embed/pE49WK-oNjU

"Stuck With U" adalah single yang dirilis pada 8 Mei 2020 sebagai bentuk amal untuk wabah pandemik COVID-19. Lagu ini adalah kolaborasi kedua dari Ariana Grande dan Justin Bieber setelah remix dari single Bieber di tahun 2015 "What Do You Mean?".

8. Megan Thee Stallion - 'Savage'

https://www.youtube.com/embed/lEIqjoO0-Bs

Lagu yang juga viral pada aplikasi TikTok ini, menjadi lagu nomor satu pertama dari rapper Megan Thee Stallion di Billboard's Hot 100 pada 26 Mei 2020.

9. Lady Gaga dan Ariana Grande - 'Rain On Me'

https://www.youtube.com/embed/AoAm4om0wTs

"Rain on Me" adalah lagu duet Lady Gaga dan Ariana Grande, dari album studio keenam Gaga yang berjudul Chromatica (2020). Meraih nomor 1 di tangga lagu Billboard's Hot 100 saat perilisan perdananya, single ini juga menjadikan Ariana Grande sebagai artis pertama yang memiliki empat lagu debut di posisi teratas.

10. DaBaby ft RODDY RICCH - 'ROCKSTAR'

https://www.youtube.com/embed/83xBPCw5hh4

Lagu yang dirilis pada 17 April 2020 ini adalah single utama dari album studio ketiga DaBaby yang berjudul Blame It on Baby (2020). Single yang ditulis oleh rapper dan produser, SethInTheKitchen tersebut, telah menghabiskan tujuh minggu berturut-turut di peringkat satu chart Billboard's Hot 100.

Baca Juga: 5 Album KPop Keren Ini Masuk Chart Billboard, Ada BTS dan NCT!

11. 6ix9ine dan Nicki Minaj - 'TROLLZ'

https://www.youtube.com/embed/oNg3M9IJJlY

Lagu dari dua rapper yakni 6ix9ine dan Nicki Minaj ini memulai debutnya di puncak Billboard's Hot 100. Namun sayang, pada minggu berikutnya single "TROLLZ" ini turun ke posisi nomor 34 dan memecahkan rekor drop down chart terbesar dari peringkat nomor satu dalam sejarah Billboard's Hot 100.

12. Taylor Swift - 'Cardigan'

https://www.youtube.com/embed/K-a8s8OLBSE

Lagu dari album ke-8 Taylor Swift ini merupakan campuran dari irama folk dan rock indie yang lembut. Debut di posisi pertama,  lagu ini menjadi single keenam Taylor Swift yang meraih puncak Billboard's Hot100 saat rilis perdana. Taylor Swift juga menjadi artis pertama yang debut di puncak Billboard's Hot 100 dan Billboard's 200 secara bersamaan.

13. Harry Styles - 'Watermelon Sugar'

https://www.youtube.com/embed/E07s5ZYygMg

Lagu ini terinspirasi dari novel Amerika oleh Richard Brautigan yang berjudul In Watermelon Sugar (1968). Tak hanya merajai tangga lagu Billboard's Hot 100, single ini juga meraih posisi sepuluh besar di lebih dari 20 negara, termasuk Inggris, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

14. Cardi B feat Megan Thee Stallion - 'WAP'

https://www.youtube.com/embed/hsm4poTWjMs

"WAP" yang menjadi judul dari single kolaborasi rapper Cardi B dan Megan Thee Stallion ini adalah kependekan dari "Wet-Ass Pussy". Meskipun penuh kontroversi, lagu ini berhasil menjadikan Cardi B sebagai satu-satunya rapper wanita yang mencapai peringkat satu pada Billboard's Hot 100 dalam dua dekade berbeda (2010-an dan 2020-an).

15. BTS - 'Dynamite'

https://www.youtube.com/embed/gdZLi9oWNZg

'Dynamite' adalah lagu disco-pop upbeat dengan elemen funk dan soul. Single berbahasa Inggris pertama dari grup BTS yang rilis pada tanggal 21 Agustus lalu tersebut, ditulis oleh David Stewart dan Jessica Agombar. Lagu ini terjual sebanyak 265.000 unduhan dalam minggu pertama, melebihi rekor yang sebelumnya dipegang oleh Taylor Swift dengan lagu "Look What You Made Me Do".

Itulah 15 lagu yang pernah menduduki posisi puncak pada tangga lagu dunia Billboard's Hot 100 selama tahun 2020. BTS sukses menjadi artis Asia pertama yang merajai chart tersebut lho! Selanjutnya, rekor apa lagi yang akan dipecahkan oleh BTS? Kita tunggu saja. Selamat BTS dan ARMY!

Baca Juga: Top Rank on Billboard Hot 100! Ini Chord Gitar 'Dynamite' BTS

Aii gie Photo Verified Writer Aii gie

Seorang virgo bergolongan darah O.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya