Comscore Tracker

Masuk Nominasi Oscar, Ini 5 Film Terbaik Lebanon yang Kudu Ditonton!

Kualitasnya gak main-main #IDNTimesHype

Popularitas film produksi Timur Tengah memang masih terdengar asing buat kebanyakan orang. Meski begitu, sebenarnya negara-negara yang berada dalam kawasan tersebut, memiliki banyak film yang layak untuk ditonton.

Salah satunya adalah Lebanon. Negara yang ibu kotanya memiliki gelar 'Paris di Timur Tengah' ini bahkan memiliki film fenomenal yang berhasil masuk nominasi film asing terbaik di penghargaan Oscar tahun 2017 dan 2018.

Nah, biar kamu tidak penasaran dengan film-film terbaik yang pernah diproduksi oleh negara Timur Tengah yang satu ini, yuk, langsung cek daftarnya berikut ini!

1. Where Do We Go Now? (2011)

https://www.youtube.com/embed/QBGuk2lfZdc

Meraih banyak penghargaan di festival film internasional, Where Do We Go Now? menceritakan kisah perempuan dalam komunitas umat Islam dan Kristen yang menetap di sebuah desa Lebanon.

Perempuan dari dua komunitas tersebut berusaha mencegah laki-laki tidak terseret arus konflik. Karena hal tersebut berpotensi memecah keberagaman yang selama ini mereka jaga bertahun-tahun. Berbagai ketegangan terjadi di antara umat beragama, juga turut diredam oleh para perempuan dari dua komunitas tersebut.

Banyak upaya yang dilakukan, termasuk menyabotase televisi, koran, dan radio yang mengabarkan ketegangan antarumat di daerah lain. Mereka diceritakan banyak berkorban demi menjaga kedamaian desa.

2. Ghadi (2013)

https://www.youtube.com/embed/y4L6ESN07nY

Di sebuah desa kecil di pesisir Lebanon, ketakutan para tetangga semakin membesar akibat kehadiran seorang anak berkebutuhan khusus bernama Ghadi. Ayahnya yang merupakan satu-satunya guru musik di desa tersebut, menyusun rencana gila untuk meyakinkan warga, bahwa anaknya bukanlah 'setan' yang pantas ditakuti. Melainkan 'malaikat' yang memegang semua jawaban atas masalah masyarakat.

Mewakili Lebanon untuk ajang Oscar ke-87, Ghadi belum berhasil dinominasikan untuk film asing terbaik. Namun tetap saja, jalan ceritanya yang tidak biasa dan juga mengharukan, membuat film ini wajib masuk dalam daftar tontonan.

3. Very Big Shot (2015)

https://www.youtube.com/embed/cx4fIfjaFJg

Mengambil latar kota Beirut, Lebanon, Very Big Shot yang merupakan film bergenre dark comedy, menceritakan seorang pengedar narkoba yang mencoba membantu operasi penyelundupan narkoba melalui bantuan dari seorang pembuat film.

Film ini disutradarai oleh Mir-Jean Bou Chaaya, seorang sutradara yang sempat membuat heboh dengan serial Netflix kontroversial berjudul "Jinn". Meski begitu, film ini dipilih untuk mewakili Lebanon dalam perayaan Oscar ke-89.

Baca Juga: 5 Film Horor asal Jerman, Tak Kalah dengan Rumah Produksi Hollywood

4. The Insult (2017)

https://www.youtube.com/embed/8l3z84kehg0

Meski penayangannya diboikot di berbagai negara Arab, seperti Palestina dan Yordania, The Insult sukses menjadi film Lebanon pertama yang masuk nominasi penghargaan tertinggi Oscar 2017 di kategori film asing terbaik.

Film ini bercerita tentang konflik antara warga Kristen Lebanon dengan kontraktor serta imigran asal Palestina. Berawal dari masalah pipa pembuangan air yang nampaknya agak sepele, kasusnya melebar sampai pada konflik identitas.

Menempuh jalur hukum, kasus ini pun disorot oleh media. Hal itu membuat panas seluruh negeri hingga membuat petinggi Lebanon turut mengambil bagian untuk mendamaikan keduanya. Upaya ini dilakukan demi meredakan situasi yang semakin kacau dan tak terkendali.

5. Capernaum (2018)

https://www.youtube.com/embed/ULUo0048xZE

Dirilis secara resmi pada tahun 2018, Capernaum yang juga masuk nominasi Oscar pada tahun serupa menceritakan kisah tentang seorang anak yang menggungat orang tuanya. Hal itu ia lakukan karena menganggap orang tuanya telah melakukan kejahatan dengan melahirkan dirinya ke dunia yang penuh derita dan rasa sakit yang tak berkesudahan.

Anak bernama Zain itu diceritakan memilih kabur dari orang tuanya yang lalai dan tidak mengurusnya, serta memilih hidup di jalanan. Di perjalanan kaburnya, ia bertemu dan tinggal dengan seorang pengungsi Ethiopia bernama Rahil dan membantu menjaga putranya, Yonas.

Berkat ceritanya yang menyajikan konflik beragam seperti masalah imigran, kemiskinan, kekerasan orang tua, dan lainnya, film ini berhasil memenangkan banyak penghargaan serta telah diputar beberapa kali di berbagai festival film internasional.

Setelah melihat daftar di atas, film Lebanon mana yang menarik perhatianmu? Jangan lupa ditonton, ya. Rekomendasi banget masuk list tontonan kamu, kok. 

Baca Juga: 5 Film Drama Jerman Terbaik, Ada yang Berlatar Cerita Era Nazi

Ais Muqaddis Photo Verified Writer Ais Muqaddis

Penikmat Musik dan Drama Asia Timur plus Thailand

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya