Comscore Tracker

Sebelum 'Dynamite', 11 Lagu Ini Juga Dianugrahi Song of the Year MMA

Ada Girls' Generation hingga BTS #WaktunyaKorea

Ajang penghargaan Melon Music Awards (MMA) 2020 baru saja berakhir. BTS kembali memenangkan penghargaan-penghargaan utama, seperti Album of the Year, Artist of the Year, dan Song of the Year.

Tahukan kalian, jika sebelum 'Dynamite' dianugrahi Song of the Year ada sebelas lagu terdahulu yang juga mendapatkan penghargaan yang sama di Melon Music Awards?

Lantas, apa saja lagu yang pernah mendapatkan anugrah Song of the Year dari Melon Music Awards atau MMA? Ini daftarnya.

1. Girls' Generation-Gee (2009)

https://www.youtube.com/embed/U7mPqycQ0tQ

Girls' Generation atau SNSD memang sudah menunjukkan kepopuleran mereka sejak debut. Tapi, tahukah kalian, jika lagu SNSD berjudul 'Gee' berhasil membuat SNSD mendapat julukan nation's girl group?

Hal itu karena lagu 'Gee' berhasil dianugrahi Song of the Year oleh Melon Music Award 2009. Saking populernya lagu 'Gee', tidak ada orang yang tidak mengetahui lagu tersebut, lho.

2. 2AM-Never Let You Go (2010)

https://www.youtube.com/embed/hOREkPq1aVQ

Berbicara tentang idol yang jago menyanyikan lagu ballad, pasti 2AM tidak luput untuk disebut.

Pada tahun 2010, 2AM merilis lagu bertajuk 'Never Let You Go' atau yang juga dikenal dengan 'Can't Let You Go Even If I Die'.

Lagu tersebut cocok sekali dengan selera musik ballad kebanyakan orang Korea Selatan. Tak heran, jika lagu ini mendapatkan penghragaan sebagai Song of the Year dalam Melom Music Awards 2010.

3. IU-Good Day (2011)

https://www.youtube.com/embed/jeqdYqsrsA0

Talenta IU mulai dikenal oleh banyak kalangan sejak ia merilis 'Good Day' pada akhir tahun 2010.

Sepanjang tahun 2011, 'Good Day' telah diputar di berbagai acara tv, kedai, bahkan kafe-kafe yang ada di Korea Selatan. Bahkan, Melon sendiri menyebut lagu ini sebagai lagu ke-23 yang paling banyak diputar pada dekade 2010-an.

Tak heran, jika lagu yang satu ini dinobatkan sebagai Song of the Year di Melon Music Awards 2011.

Baca Juga: Rilis Lagu Bahasa Inggris, Ini Lirik dan Fakta Lagu LOONA 'Star'

4. Psy-Gangnam Style (2012)

https://www.youtube.com/embed/9bZkp7q19f0

Siapa yang tidak kenal dengan lagu satu ini? Lagu 'Gangnam Style' tak hanya begitu sensasional di Korea Selatan, tetapi juga di seluruh dunia. Bahkan video lagu ini memecahkan rekor sebagai video pertama yang tembus satu milyar views di YouTube.

Di Korea Selatan sendiri, 'Gangnam Style' menduduki puncak tangga lagu untuk waktu yang cukup lama.

Berkat kepopulerannya tersebut, lagu 'Gangnam Style' berhasil membawa nama Psy sampai pada puncak karier hingga mendapatkan berbagai penghargaan musik, salah satunya Song of the Year dari Melon Music Awards 2012.

5. Exo-Growl (2013)

https://www.youtube.com/embed/I3dezFzsNss

Intro yang catchy membuat lagu 'Growl' mudah dikenali dan diingat oleh semua orang. Lagu ini mengantarkan EXO menjadi boy group tersukses di Korea Selatan kala itu.

Berkat 'Growl' juga, EXO memecahkan rekor sebagai penyanyi yang menjual satu juta keping album setelah lebih dari satu dekade. Lagu 'Growl' juga mengantarkan EXO membawa pulang piala penghargaan dari Melon Music Awards 2013 lewat kategori Song of the Year.

6. Taeyang-Eyes, Nose, Lips (2014)

https://www.youtube.com/embed/UwuAPyOImoI

Lagu solo Taeyang yang satu ini diakui sebagai salah satu lagu yang fenomenal, meski saat itu Bigbang sedang hiatus.

Taeyang berhasil membuktikan bahwa mereka masih memimpin dalam percaturan musik di Korea Selatan. Bukan cuma suaranya yang merdu, iramanya yang easy listening dan liriknya yang dalam berhasil jadi favorit banyak KPopers.

Dalam Melom Music Awards 2014, lagu 'Eyes, Nose, Lips' ini dianugrahi Song of the Year. Daebak!

7. Bigbang-Bang Bang Bang (2015)

https://www.youtube.com/embed/2ips2mM7Zqw

Setelah hiatus selama tiga tahun, Bigbang akhirnya meluncurkan album di tahun 2015. Hampir semua single yang mereka keluarkan di tahun tersebut populer.

Namun, lagu 'Bang Bang Bang' ternyata berhasil mencuri banyak perhatian. Chorus-nya yang mudah diingat dan dinyanyikan membuat lagu ini easy listening. Tak kalah juga koreografi yang mudah diikuti oleh semua kalangan.

Baca Juga: Genap 32 Tahun, Ini 10 Lagu Hits G-Dragon Big Bang yang Bikin Kangen

8. Twice-Cheer Up (2016)

https://www.youtube.com/embed/c7rCyll5AeY

Comeback pertama Twice setelah debut di Oktober 2015 ini dengan mudah menduduki puncak tangga lagu. Lagunya yang ceria dan penampilan para member yang imut membuat banyak orang jatuh cinta pada Twice dan 'Cheer Up'.

Saking populernya, banyak selebriti yang menirukan tarian Cheer Up di televisi, lho. Gak heran, jika lagu yang satu ini dianugrahi sebagai Song of the Year oleh Melon Music Awards pada 2016 lalu.

9. BTS-Spring Day (2017)

https://www.youtube.com/embed/xEeFrLSkMm8

Pendengar lagu di Korea Selatan kebanyakan menyukai lagu dengan lirik yang menyentuh hati. Jadi, jangan heran jika 'Spring Day' menjadi salah satu lagu BTS yang jadi favorit berbagai kalangan di Korea Selatan.

Hingga saat ini, 'Spring Day' masih berada di top 100 tangga lagu harian Melon, lho!

10. iKON-Love Scenario (2018)

https://www.youtube.com/embed/vecSVX1QYbQ

iKON biasa dikenal sebagai grup dance yang berada di bawah naungan YG Entertaiment. Meskipun begitu, bukan berarti mereka selalu merilis lagu yang menghentak-hentak, lho.

Salah satu lagu mereka yang populer di hampir seluruh dunia adalah 'Love Scenario'. Lagu yang bahkan pernah digaungkan dalam closing Asian Games 2018 ini berhasil mengantarkan iKON mereka memenangkan Song of the Year di Melon Music Awards 2018.

11. BTS-Boy With Luv (2019)

https://www.youtube.com/embed/XsX3ATc3FbA

Untuk kedua kalinya, BTS memenangkan penghargaan Song of the Year di Melon Music Awards 2019. Tidak hanya di Melon, lagu ini juga banyak diputar di YouTube dan Spotify. Bahkan setahun setelah dirilis, lagu ini masih sangat populer, lho

Itulah sebelas lagu yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai Song of the Year dari Melon Music Awards. Dari deretan lagu di atas, kira-kira mana saja yang jadi lagu favorit kalian?

Baca Juga: Gandeng Bobby IKON, 9 Potret Mino WINNER Comeback dengan Album 'Take'

Aisyah Nawangsari Putri Photo Verified Writer Aisyah Nawangsari Putri

Small town girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya