Comscore Tracker

6 Solusi Canggih Menikmati Konser di Era New Normal

Pertunjukan tetaplah harus berjalan

Konser musik telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat untuk menjaga kesegaran pikiran. Dengan adanya pandemik COVID-19, akhirnya industri hiburan konser musik dituntut untuk libur bahkan gulung tikar. Akan tetapi pertunjukan tetaplah harus berjalan, demi kelangsungan hidup para seniman dan pekerja seni di dalam industri ini.

Dengan kecanggihan teknologi, konser jarak jauh menjadi hal yang masuk akal. Di lain pihak, ada sebagian masyarakat yang mendambakan pengalaman dunia nyata juga terus berinovasi agar mampu menghadiri kegiatan menonton konser tanpa terkontaminasi COVID-19. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan di masa sekarang.

 1. Menyapa idola dari jauh dengan konser online  

https://www.youtube.com/embed/pXjkrJYixiA

Physical distancing memaksa kita untuk berjauhan demi keselamatan bersama, sehingga kegiatan-kegiatan yang menimbulkan kerumunan seperti konser sementara tidak bisa kita lakukan.

Seperti yang dilakukan grup musik ska dari Yogyakarta Shaggydog dalam tajuk "Sound of Crew - Shaggydog Jamming With The Crew" pada 15 Mei 2020 lalu yang bekerja sama dengan HOOKSpace dan LOKET. Tidak hanya musisi lokal saja, musisi luar negeri seperti boyband K-pop BTS dan Big Hit Entertainment menggelar "BTS' Bang Bang Con: The Live,"  pada 14 Juni 2020 yang menurut laporan dari arirang.com, tiketnya sudah laku sebanyak 750.000 sejak dijual pada tanggal 1 Juni 2020. 

Selain konser online berbayar, ada pula alternatif dari para musisi yang menggunakan fasilitas live Instagram akun resmi mereka untuk menggelar konser secara gratis untuk menggalang dana demi proses penanggulangan COVID-19.

2. Berinteraksi secara virtual dalam konser di dunia game MMO 

https://www.youtube.com/embed/fOeeH1xuDOc

Sejumlah platform game MMO seperti Minecraft dan Fortnite telah memberi kesempatan pengalaman tersebut kepada band American Football, rapper Travis Scott, band Anamanaguchi dan DJ Marshmello. Hasilnya, sebuah pengalaman futuristik yang heboh dan menyegarkan.  

Namun, di balik dari kehebohan dan pengalaman segar yang ditawarkan, konser ini masih belum sempurna menangkap pengalaman dunia nyata untuk diterjemahkan dalam kode digital. Menurut The Verge, koneksi yang macet, server yang penuh dan chatbox yang dihiasi makian khas gamer online masih menjadi gangguan dalam menikmati pengalaman ini. 

3. Menikmati syahdunya konser di atas perahu dari pesisir pantai  

https://www.youtube.com/embed/SF4a2kXaB0I

Konsep ini digagas oleh Trasimeno Blues Festival, yang mengambil tempat di Danau Trasimeno, Italia. Festival musik blues yang digelar rutin sebagai bagian dari Umbria Blues Festival sejak 1973 ini juga terdampak pandemi COVID-19 yang merenggut nyawa 34.854 jiwa penduduk Italia sehingga mau tidak mau mendorong Matteo Burico walikota dan  Gianluca Di Maggio, art director festival tersebut untuk berinovasi. Hasilnya adalah penampilan syahdu bak di delta sungai Mississippi, yaitu tempat kelahiran blues, seperti pernyataan Walikota Castiglione Del Lago, Matteo Burico, Senin 21 Juni 2020, waktu Italia seperti yang dikutip reuters.com pada Selasa (21/6/2020).

Baca Juga: Hibur Fans Saat Pandemik, 10 Potret Konser Virtual Ardhito Pramono

4. Pengalaman unik menonton konser dengan dilindungi gelembung plastik raksasa 

https://www.youtube.com/embed/YUCzn_eMFF4

Gelembung plastik raksasa biasanya digunakan untuk perorangan sebagai mainan yang dimainkan di padang rumput luas maupun kolam renang besar. Flaming Lips, band rock alternatif asal Amerika Serikat telah menemukan fungsi dari gelembung plastik tersebut, yaitu sebagai pelindung tubuh dalam konser di era new normal. Wayne Coyne, sang vokalis Flaming Lips pertama kali mencobanya pada diri sendiri saat aktivitas crowd surfing atau yang ia sebut bubble walk di Dour Festival 2012, Belgia dan All Good Festival 2012, Amerika Serikat.

Flaming Lips kembali menggunakan gelembung raksasa tersebut sebagai pelindung tubuh penonton dan para anggota bandnya pada penampilan livenya di acara “Late Night With Stephen Colbert” milik kanal media CBS. Sebuah solusi yang unik untuk kegiatan konser masa depan, tentunya dengan desinfeksi yang tepat. 

5. Menikmati musik live sambil rebahan di dalam mobil di konser drive-in 

https://www.youtube.com/embed/Wstt4Cpt-s8

Menonton konser dari dalam mobil atau konser drive-in pun menjadi pilihan yang masuk akal untuk era new normal ini. Seperti yang dilakukan seorang musisi Denmark, Mads Langer yang menjadi musisi  yang melakukan konser drive-in pertama di dunia.

Konser ini digelar pada 24 April 2020 di kota Aarhus di pesisir laut Denmark di depan 500 mobil berisi 4 orang atau 2000 penonton. Laporan Triple J, ABC News Australia menyebutkan bahwa Langer menggagas konser ini setelah melihat 40 festival musim panas di Eropa menghilang seketika sejak dilanda corona virus.

Langkah ini kemudian diikuti oleh Musisi-musisi KPop seperti Kim Tae-woo, Ailee, SE SO NEON, MOON BAND, and Sultan of The Disco dalam konser "Stage X Drive In Concert" pada 22 Mei 2020 yang digelar Hyundai Motor Co. dan konser tunggal musisi country Amerika Serikat, Garth Brooks pada 11 Juni 2020.

6. Pengalaman hangat bersama orang-orang terdekat ala konser rumahan    

6 Solusi Canggih Menikmati Konser di Era New Normalinstagram.com/nicolasmoramusic/

Berasal dari budaya house party di negara-negara barat, house concert bisa menjadi opsi di saat pandemik COVID-19 ini, tentunya dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang tepat dan screening yang akurat. Pengalaman ini juga menjadi pengalaman yang akrab dan intim karena hanya dihadiri undangan yaitu teman dan saudara terdekat.

Di Indonesia era new normal ini, konsep ini pertama-kali dilakukan oleh musisi asal Malang Nicolas Mora. Ia bermain di home intimate concert yang diprakarsai oleh  konsultan kreatif, Lintang Kerto dan fotografer senior Endah Tjahjanti. Dengan konsep yang minimalis, konser ini tidak perlu izin keramaian, tidak perlu sewa lahan dan tentunya rendah risiko kontaminasi COVID-19. 

Dalam keadaan yang mengharuskan setiap orang perlu membatasi interaksi sosial bukan berarti menghentikan kreativitas para musisi. Mereka tetap terus menyajikan karyanya, sementara pada penikmatnya tetap bisa menyaksikan idolanya tampil.

Baca Juga: Obat Kangen Konser! IM3 Ooredoo Gelar Konser Virtual Bareng 4 Musisi 

Akhmad Alfan Rahadi Photo Writer Akhmad Alfan Rahadi

An otaku, music fan, foodies and comic book guy. Follow me at IG:@alfanrahadi, Twitter:@alfanrahadi and FB :@alfanrahadi. Kindly read also radioastronot.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya