Comscore Tracker

5 Manfaat Jika Kita Kurangi Konsumsi Berkafein

Tak perlu berhenti, sedikit mengurangi kafein sudah bagus!

Kebiasaan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi, teh atau soda memang sulit untuk dihentikan.

Akan tetapi, kita tidak perlu berhenti mengonsumsi kandungan kafein. Hanya saja jika kita sedikit menguranginya, ada manfaat baik yang bisa didapat lho. Apa saja itu? Berikut lima manfaat baiknya.

1. Dapat menurunkan tekanan darah

5 Manfaat Jika Kita Kurangi Konsumsi BerkafeinPixabay.com/stevepb

Dilansir dari laman Heathline, kafein memiliki efek stimulasi pada sistem saraf yang dapat meningkatkan kadar tekanan dalam darah. Untuk itu, jika konsumsi kafein dikurangi maka tekanan darah kita bisa turun.

2. Mendapat kualitas tidur yang lebih baik

5 Manfaat Jika Kita Kurangi Konsumsi BerkafeinUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Semua orang tahu, kopi bisa menghilangkan kantuk. Tapi lebih dari itu, dalam laman Healthline disebutkan bahwa strudi menunjukkan minum kopi harian bahkan dapat mengubah siklus dan memengaruhi kualitas tidur.

Bukan hanya itu, kafein juga bisa membuat kegelisahan dan mengantuk pada siang hari. Terutama jika kafein dikonsumsi kurang dari enam jam sekali.

Maka dari itu, selain istirahat yang cukup, mengurangi konsumsi minuman berkafein juga bisa membantu kita mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Mengurangi kecemasan

5 Manfaat Jika Kita Kurangi Konsumsi BerkafeinPexels.com/Kat Jayne

Healthline mengatakan bahwa energi dari kafein menstimulasi hormon kita yang bisa meningkatan kecemasan, rasa gugup, jantung berdebar, bahkan dapat membuat kita mengalami serangan panik berlebihan.

Healthline didukung sumber Proyek Rubicon mengatakan bahwa kafein bisa menimbulkan gejala lebih buruk pada orang yang memang mudah stres dan cemas. Ini belaku juga untuk kecemasan pada remaja. So, kurangi kafein supaya stres dan cemas berkurang ya!

Baca Juga: 9 Alasan Pentingnya Kafein untuk Tubuh

4. Mengurangi masalah pada pencernaan

5 Manfaat Jika Kita Kurangi Konsumsi BerkafeinPixabay.com/Lazare

Tahukah kamu bahwa minum kopi berlebihan dapat menyebabkan diare. Seperti yang dikutip dari laman Healthline, itu karena kopi punya efek pencahar yang menstimulasi usus di dalam pencernaan kita.

Bukan hanya itu, minuman berkafein juga dapat mengembangkan jenis penyakit refluks gastroesofageal. Jadi mengurangi kosumsi kafein akan jauh lebih baik untuk kesehatan pencernaan.

5. Dapat mengurangi sakit kepala

5 Manfaat Jika Kita Kurangi Konsumsi BerkafeinUnsplash.com/Anh Nguyen

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit kepala seperti kurang tidur atau terlalu lelah. Tetapi minuman berkafein juga bisa jadi salah satu penyebabnya.

Healthline mengutip dari sebuah studi di tahun 2004, dikatakan bahwa kafein merupakan faktor risiko besar dalam sakit kepala dan dapat mengembangkan kepala menjadi sakit dalam harian secara kronis.

Itu dia lima manfaat jika kita mengurangi minuman berkafein. Untuk pecinta kopi atau teh, sebaiknya konsumsi dalam batas wajar saja. Atau justru lebih dikurangi lagi demi kesehatan.

Baca Juga: 12 Fakta Ilmiah Kafein dalam Kopi yang Bikin Susah Tidur

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph) Aku suka menulis cerita dan sajak-sajak pendek di WP. Username-ku @AkromahZonic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya