Comscore Tracker

5 MV KPop yang Terinspirasi dari Film Terkenal, Sudah Tahu?

MVnya keren abis! #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Keindahan video musik untuk lagu-lagu Korea selalu bisa memukau penonton. Mulai dari konsepnya yang penuh teka-teki sampai estetika visual yang ditampilkan. Saat tahu ada lagu baru yang rilis, kita selalu dibuat menanti-nanti kapan musik videonya akan rilis.

Gak jarang, dalam pembuatan video musik, mereka mengambil cerita dalam film sebagai referensi. Berikut ini adalah 5 MV KPop yang terinspirasi dari beberapa film terkenal.

1. What Do I Call You - Taeyeon

https://www.youtube.com/embed/5LbFdY6vGsQ

Dalam video musik yang rilis pada Desember 2020 lalu, menampilkan beberapa adegan utama dari film Eternal Sunshine of the Spotless Mind garapan sutradara Michel Gondry. Film ini bercerita tentang pasangan kekasih yang berusaha move on dengan menghapus kenangan satu sama lain.

Kalau ada remake versi Korea dari film ini, lagu Taeyeon yang satu ini bisa jadi soundtrack yang pas!

2. Kill Bill - Brown Eyed Girls

https://www.youtube.com/embed/tyBTH3hCyWo

Selain dari judulnya, kesamaan Kill Bill dalam video musik ini adalah pada kekejaman dan ketegangan. Masing-masing anggota mengambil peran dari film, mewakili The Deadly Viper Assassination squad.

Dibuka dengan kutipan dari tokoh utama dalam film, klip dilanjutkan dengan adegan yang bercerita tentang alur cerita dengan sedikit twist di dalamnya.

Baca Juga: Luncurkan BTS Meal, McDonald's: BTS Punya Kenangan Indah dengan McD

3. Married To The Music - SHINee

https://www.youtube.com/embed/bcu7yZBeSKw

SHINee memang selalu mengusung konsep yang tidak biasa untuk video musik mereka. Married To The Music terinspirasi dari film musikal komedi horor tahun 1975, The Rocky Horror Picture Show. Untuk penulisan judul lagu ini, mereka menggunakan font aslinya dan nuansa pesta kostum yang menyeramkan.

Pertunjukkan horor ditambah dengan koreografi yang apik membuat SHINee tampil luar biasa dalam video klip yang rilis pada Agustus 2015 lalu.

4. Lightsaber - EXO

https://www.youtube.com/embed/ukAvTZbnN94

EXO memang selalu mengusung konsep dengan tema dunia lain. Sama seperti mereka yang juga berasal dari planet lain. Begitu juga dengan video musik Lightsaber.

Merupakan proyek kolaborasi Star Wars, video musik milik EXO yang rilis pada November 2015 tentu saja terinspirasi dari serial Star Wars. Para member EXO menampilkan kisah legendaris dalam MV mereka, mulai dari judul hingga neon Jedi dan semua lightsaber yang muncul dalam video klip.

5. Black Swan - BTS

https://www.youtube.com/embed/0lapF4DQPKQ

Lagu Black Swan milik BTS dikatakan terinspirasi dari kutipan Martha Graham, seorang penari asal Amerika Serikat. “Seorang penari mati dua kali. Pertama ketika mereka berhenti menari, dan kematian pertama adalah kematian yang paling menyakitkan."

Ketika melihat video musik ini kita akan melihat tata panggung dan banyaknya simbol yang mengingatkan kita pada film Black Swan yang tayang 2010 silam dengan genre horor psikologis.

Dari 5 MV di atas, video klip mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 10 Lagu Summer ala SHINee yang Berkesan, Wajib Masuk Playlist!

Alfy Suwaima Photo Verified Writer Alfy Suwaima

Perempuan yang suatu hari akan menetap di Adelaide, kota pesisir di Samudera Selatan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya