Comscore Tracker

10 Soundtrack Film James Bond Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Lagu-lagu terbaik dalam beberapa dekade, nih!

Seri waralaba James Bond akan merilis film terbarunya, No Time to Day pada April 2020 nanti. Sementara itu, Billie Eilish, peraih 4 penghargaan di Grammy Awards 2020 pun didaulat untuk menyanyikan OST utama film.  Lagu balad yang dirilis pada 13 Februari waktu setempat tersebut berjudul No Time to Die. 

Kesamaan judul antara film dan OST tersebut bukan kali pertama, lho. Setidaknya ada 17 lagu yang memiliki judul sama dengan film-film di serial agen 007 tersebut. Sebut saja Goldfinger, Tomorrow Never Dies, The World Is Not Enough, Die Another Day, danSkyfall.

Dari sekian OST, tentu ada dong yang paling enak di dengar. Dilancir dari rollingstone.com, ini nih 10 soundtrack James Bond terbaik sepanjang masa.

1. Goldfinger (Shirley Basse, 1964)

https://www.youtube.com/embed/5JG-J1ZTGgw

Goldfinger merupakan OST James Bond ketiga dengan judul sama. Filmnya sendiri rilis pada tahun 1964 dengan pemeran utama Sean Connery. Ditulis oleh John Barry, Anthony Newley, dan Leslie Bricusse, lagu ini membuat Shirley Bassey merinding saat kali pertama mendengar.

Waduh, penyanyinya sendiri sampai merinding. Bagaimana pendengar?

Wajar sih, vokalnya yang kuat dan menunjukkan seberapa besar kapasitas paru-parunya, membuat lagu ini menjadi salah satu ikon untuk James Bond.

2. Live and Let Die (Paul McCartney and Wings, 1973)

https://www.youtube.com/embed/8tasjhFCEsM

Lagu ini adalah OST untuk film kedelapan James Bond yang tayang tahun 1973 (Dan lagi-lgi, judulnya sama dengan sountrack-nya). Ditulis oleh Paul and Linda McCartney, lagu ini menjadi hit pertama untuk band mereka, Wings. Ini juga merupakan lagu tema James Bond pertama yang bergenre rock.

3. You Only Live Twice (Nancy Sinatra, 1967)

https://www.youtube.com/embed/XgFtQPgHyek

Balik lagi ke film James Bond yang kelima, You Only Live Twice ditulis oleh John Barry. Pada awalnya, John Barry ingin memberikan lagu ini kepada Aretha Franklin. Akan tetapi, produser Albert Broccoli melihat Frank Sinatra lebih cocok sebagai sebagai vokalis agen 007 yang baru. Jalan tengah, keduanya akhirnya berkompromi dengan memilih Nancy Sinatra dan membawakan lagu ini dalam versi yang halus.

4. Skyfall (Adele, 2012)

https://www.youtube.com/embed/DeumyOzKqgI

Salah satu OST James Bond yang memenangkan Oscar. Lagu Skyfall ini ditulis oleh Adele dan produser Paul Epworth. Mengiringi film James Bond yang-23, lagu orkestra ini dianggap sebagai salah satu lagu terbaik Bond dan memainkan peran besar untuk keberhasilan filmnya.

5. Diamonds Are Forever (Shirley Bassey, 1971)

https://www.youtube.com/embed/jboEolwHIIA

Shirley Bassey kembali dipercaya untuk menyanyikan lagu tema James Bond yang ketujuh. Kali ini, lagu ditulis oleh duet Barry dan Don Black. Melodi dan liriknya seakan mencoba untuk menangkap dunia glamor dan berbahaya milik seorang mata-mata internasional. 

Dan, ini bukan lagu terakhir Shirley Bassey untuk James Bond. Suara panjang dan kuatnya masih muncul di film tahun 1979.

Baca Juga: Selain Seri James Bond, 5 Film Sam Mendes Ini Juga Patut Ditonton

6. Nobody Does it Better (Carly Simon, 1977)

https://www.youtube.com/embed/uWWwKDttHnM

Kali ini, dari film James Bond ke-10, The Spy Who Loved Me. Lagu ini ditulis berasarkan kolaborasi Marvin Hamlisch dan Carole Bayer Sager. Lagu balad manis ini dinilai cocok sekali untuk mengiringi kisah romantis antara James Bond (Roger Moore) dan agen Soviet Anya Amasova (Barbara Bach) selama Perang Dingin tahun 70-an.

7.Thunderball (Tom Jones, 1964)

https://www.youtube.com/embed/XYNzL42AsI4

Masih dari komposer John Barry, lagu Thunderball ini merupakan OST film James Bond yang keempat. Vokal kuat penyanyi asal Welsh itu sempurna untuk lirik muluk Thunderball. Ada kejadian unik saat proses rekaman. Tom Jones mengambil nada yang begitu tinggi di akhir sehingga pingsan di bilik rekaman.

Wew, pantaslah, apalagi kalau kita mendengar lirik terakhirnya yang panjang dan bikin kehabisan napas.

8. For Your Eyes Only (Sheena Easton, 1981)

https://www.youtube.com/embed/kkC0ZS2n1ds

Sheena Easton adalah seorang penyanyi pendatang baru yang tengah naik daun ketika didaulat menyanyikan OST film James Bond ke-12 ini. Suaranya yang ringan plus romantis ini dinilai cocok menyanyikan lagu karya Bill Conti dan Mike Leeson.

9. On Her Majesty’s Secret Service (John Barry Orchestra

https://www.youtube.com/embed/YxMF1EkTyp4

Ini merupakan OST James Bond keenam, plus satu-satunya film yang dibintangi oleh George Lazenby. OST yang ini juga menjadi film Bond pertama sejak From Russia with Love yang menggunakan instrumen. Diciptakan oleh John Barry, lagu instrumen tersebut juga disebut sebagai skor lagu terbaik dari keseluruhan seri film.

10. Moonraker (Shirley Bassey, 1979)

https://www.youtube.com/embed/2JZ17NPFULw

Moonraker merupakan OST film Bond ke ke-11 dan menjadi lagu ketiga Shirley Bassey untuk seri ini. Ditulis oleh John Barry, lagu ini direkam di Paris. Awalnya dipertimbangkan untuk dinyanyikan oleh Frank Sinatra, ditawarkan ke Kate Bush tetapi ditolak. Kemudian, lagu ditawarkan ke Johnny Mathis. Akan tetapi, Johnny Mathis  tidak bisa menyelesaikannya sehingga lagu kembali diberikan ke Shirley Bassey. Wew, perjalanannya panjang juga ya?

11. No Time To Die (Billie Eilish, 2020)

https://www.youtube.com/embed/GB_S2qFh5lU

Tambahan, ini adalah OST James Bond terbaru yang dibintangi oleh Daniel Craig. Rilis tanggal 13 Februari, Billie mengerjakan lagu ini bersama sang kakak, Finneas O'Connell.

Menurutmu, apa lagu yang dinyanyikan Billie ini mampu menyaingi kedahsyatan 10 lagu terdahulu?

Baca Juga: Selain Seri James Bond, 5 Film Sam Mendes Ini Juga Patut Ditonton

Suarcani Photo Verified Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya