Comscore Tracker

Gak Hanya Any Song, 7 Lagu Zico Ini Juga Sukses di Tangga Musik KPop

Sukses di chart, sukses di hati penggemar!

Sekali lagi Zico membuktikan keandalannya dalam menciptakan lagu. Single terbarunya yang berjudul Any Song, baru saja dirilis tanggal 13 Januari 2020 kemarin. Dalam beberapa jam, lagu dance hall tersebut langsung melesat dan nongkrong di posisi top berbagai tangga lagu Korea, seperti Melon, Genie, Bugs, Soribada, dan Flo.

Hal ini bukanlah yang pertama. Sebelum debut dengan Block B tahun 2011 lalu, Zico memang sudah dikenal sebagai penulis dan rapper yang berbakat. Ia ada di balik kebanyakan lagu-lagu terbaik yang dinyanyikan Block B. Ketika hengkang dari grup tersebut tahun 2018 lalu, ia pun makin mantap solo karier.

Sebelum single Any Song, ada beberapa lagu Zico yang sukses di chart music maupun hati penggemar. Apa saja? Yuk kita throwback!

1. Boys and Girls (featuring Babylon)

https://www.youtube.com/embed/UsaJsymfuWU

Lagu ini rilis bulan November 2015, di bawah label Seven Seasons. Dengan genre hip-hop dan rap, single ini langsung menduduki peringkat satu di Gaon Digital Chart untuk bulan November.

Tidak hanya itu, lewat lagu Boys and Girls, Zico juga meraih nominasi di Seoul Music Awards ke-25 dalam kategori Bonsang Award dan juga Popularity Award. Lagu ini memenangkan penghargaan sebagai Song of the Year – November dari Gaon Chart K-Pop Awards ke-5 di tahun 2016.

2. Eureka (featuring Zion.T)

https://www.youtube.com/embed/xp35Dwy4hHM

Di waktu yang berdekatan dengan Boys and Girls, single duet Zico dengan Zion. T yang berjudul Eureka juga meledak di pasaran. Tidak hanya nangkring di chart 1 Gaon Music Chart, lagu bergenre Hip-hop tersebut juga masuk ke US Billboard dengan puncak di posisi 11.

Eureka merupakan lead single dari EP pertama Zico yang berjudul Gallery.

3. I Am You, You Are Me

https://www.youtube.com/embed/ewjucLierFc

I Am You, You Are Me rilis tahun 2016 dan merupakan bagian dari album Break Up 2 Make Up. Masih bertahan dengan genre hip hop dan R&B, single ini luar biasa sukses karena selain menduduki top 1 di GAON, Zico juga bisa mengungguli rekor terdahulunya di Billboard US dengan posisi puncak peringkat 4.

Alhasil, ada beberapa nominasi yang didapatkan Zico dari lagu ini, termasuk dari Mnet Asian Music Award for Song of the Year dan Mnet Asian Music Award for Best Hiphop & Urban Music. Puncaknya, lagu ini mendapatkan penghargaan dari Golden Disc Award Song Division ke 31 tahun 2016 dalam kategori Digital Bonsang.

Baca Juga: Comeback Solo, Ini 10 Potret Terbaru Rapper Zico yang Makin Memesona

4. Bermuda Triangle (featuring Dean and Crush)

https://www.youtube.com/embed/ZHoLaLlL5lA

Lagu sukses Zico selanjutnya adalah Bermuda Triangle yang dinyanyikannya bersama Dean and Crush. Rilis bulan November tahun 2016, lagu ini menduduki nomor satu di berbagai tangga lagu digital real time Korea. Selain itu, single ini juga berhasil masuk di peringkat 2 GAON dan posisi 3 di US Billboard.

Lagu ini dinyanyikan ketiganya di acara Mnet Asian Music Awards 2016, di mana Zico memenangkan penghargaan sebagai Best Male Artist.

5. SoulMate (featuring IU)

https://www.youtube.com/embed/Vl1kO9hObpA

Siapa pun yang berkolaborasi dengan IU, pasti akan menghasilkan lagu yang luar biasa. Hal itu juga berlaku pada duetnya dengan Zico. Di lagu berjudul SoulMate ini, Zico melepaskan sejenak predikatnya sebagai rapper dan menyanyikan lagu bergenre Pop.

Rilis tahun 2018, duet ini berhasil menduduki peringkat 1 di GAON, sekaligus meraih penghargaan di Mnet Asian Music Award 2018 untuk kategori Best Hiphop & Urban Music.

6. She's a Baby

https://www.youtube.com/embed/ohSpvSGXfhY

She's a Baby merupakan salah satu digital single terbaik yang dinyanyikan Zico. Di lagu ini, suaranya terdengar manis dan lembut dalam balutan genre pop. Rilis pada April 2017, lagu ini langsung menduduki top chart di berbagai tangga musik seperti peringkat 4 GAON dan peringkat 4 US Billboard.

7. Tough Cookie (featuring Don Mills)

https://www.youtube.com/embed/IaXjx3JxTwc

Kembali ke tahun 2014, Tough Cookie juga menjadi salah satu lagu Zico yang sukses. Rilis tanggal 7 November, lagu ini memang hanya nangkring di puncak posisi 13 di GAON Music Chart. Akan tetapi, lagu ini sangat istimewa karena mengawali debut single solonya. Selain itu, lewat lagu inilah ia mendapat penghargaan sebagai Best Rap Song dalam KMC Awards 2014.

Itulah 7 lagu milik Zico yang juga sukses di pasaran. Kira-kira, favorit kamu yang mana nih?

Baca Juga: Bukan Cuma Zico, 5 Idol KPop Ini Juga Tinggalkan Grupnya di Tahun 2018

Suarcani Photo Verified Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya