Comscore Tracker

Vlogger Li Zi Qi: Sajikan Budaya Tradisional China ke Dunia Modern

Vlogger yang videonya membuat kamu ingin pindah ke desa

Li Zi Qi merupakan salah satu vlogger asal Tiongkok yang dikenal dunia berkat video-videonya yang damai dan juga menenangkan. Mengambil tema kehidupan tradisional China, Li Zi Qi mengenalkan berbagai macam masakan dan juga cara pembuatan peralatan rumah tangga berbasis alam yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat. Uniknya, hampir semua bahan masakan dan peralatan itu diambilnya dari kebun dan hutan sekitar rumahnya.

Dengan pemandangan alam yang indah dan musik menenangkan, tidak heran jika Li Zi Qi dikenal sebagai putri kerajaan China yang hidup di desa. Mau lihat seperti apa video-videonya?

1. Li Zi Qi tinggal di desa yang indah

https://www.youtube.com/embed/gbtDj3uUZfs

Li Zi Qi adalah seorang anak yatim yang tinggal bersama sang nenek di salah satu desa di Sichuan, China. Pemandangan di sekitar tempat tinggalnya amat indah dan sering ditunjukkannya lewat video-videonya.

2. Li Zi Qi sering membagikan resep masakan tradisional China

https://www.youtube.com/embed/nuI_OQKjXpc

Li Zi Qi pandai memasak dan mendapatkan kemampuan itu dari sang kakek. Di videonya, dia seringkali membagikan resep masakan khas Sichuan yang sering digunakan oleh masyarakat setempat, contohnya bumbu saus rahasia khas China ini.

3. Videonya memiliki efek refresh berkat latar musik yang pas

https://www.youtube.com/embed/PABBK-7otxg

Li Zi Qi memiliki selera musik yang bagus dan pernah bekerja menjadi seorang DJ di kota. Karena itulah ia selalu bisa menemukan lagu yang pas untuk membuat video-videonya mampu memberi kesan damai dan menenangkan.

Baca Juga: 10 Pesona Clarin Hayes, YouTuber Kece yang Berprofesi sebagai Dokter

4. Hidangan yang dibuatnya disesuaikan dengan musim

https://www.youtube.com/embed/fhkE3e7lT_g

Li Zi Qi membuat hidangan yang sesuai dengan musimnya. Menonton videonya membuat kita bisa mengenal budaya kuliner negara empat musim lebih dekat.

Contohnya, pada musim dingin dia akan memasak beraneka macam sup yang bisa menghangatkan tubuh. Di musim panas, dia membuat selai dan juga es krim dari beraneka macam buah yang matang di sekitar kebunnya.

Khusus untuk video masakan, dia juga membuat playlist per musim.

5. Li Zi Qi juga bisa membuat skin care dan kosmetik sendiri

https://www.youtube.com/embed/pd9GxmQbJ9U

Selain mengunggah video masakan khas China, Li Zi Qi juga mengenalkan beberapa budaya tradisional China, contohnya pembuatan skin care dan kosmetik. Dia berhasil mendokumentasikan langkah demi langkah untuk setiap kosmetik yang dibuatnya seperti toner, pensil alis, perona pipi, dan juga lipstik.

6. Li Zi Qi memiliki perencanaan yang baik untuk setiap tema videonya

https://www.youtube.com/embed/qza1Jz2g8FQ

Bukan hanya video berdurasi singkat yang bisa direkam dalam sehari dua hari, Li Zi Qi juga memiliki perencanaan tema yang matang. Buktinya, dia bisa mendokumentasikan pembuatan tinta dan kertas tradisional China yang butuh waktu bertahun-tahun

7. Menggunakan peralatan tradisional yang dibuatnya sendiri

https://www.youtube.com/embed/Cahnb7vr-AM

Tema video-video Li Zi Qi sangat cocok dengan wacana back to nature yang belakangan sering digaungkan dunia. Dia membuat sendiri peralatan yang akan dipakainya dalam memasak, contohnya oven lucu ini.

8. Li Zi Qi adalah figur wanita yang kuat dan mandiri

https://www.youtube.com/embed/jkfjMBJJUSI

Sewaktu kecil, Li Zi Qi memiliki kehidupan yang sulit. Lahir di tahun 1990, orangtuanya bercerai sewaktu ia masih kecil. Ayahnya pun menikah lagi, tetapi meninggal beberapa tahun kemudian. Li Zi Qi pun diasuh oleh ibu tirinya. Mendapat perlakuan yang kurang baik, ia akhirnya pindah dan tinggal bersama kakek-neneknya.

Pada umur 14 tahun, Li Zi Qi putus sekolah dan memutuskan untuk bekerja di kota. Kehidupannya di kota tidak berlangsung baik. Ia pernah sampai kelaparan dan bahkan tidur di bawah jembatan.

Tahun 2012, dia memutuskan kembali ke desa untuk merawat sang nenek. Ia hidup menjadi petani dan menggarap lahan. Terinspirasi dari saudaranya yang sukses dengan mengunggah video di MeiPai, di tahun 2015 Li Zi Qi pun mulai merekam videonya sendiri.

Kehidupan yang sulit itu membuatnya terbiasa bekerja keras. Hal itu terlihat dari salah satunya videonya, di mana ia membuat sendiri gazebo berisi ayunan kecil di kebun rumahnya.

9. Sering menggunakan pakaian tradisional Hanfu

https://www.youtube.com/embed/UvmC-leoj9U

Meski hidup di dunia modern, Li Zi Qi seringkali menggunakan pakaian tradisional China dalam videonya. Dia pun memiliki koleksi pakaian yang cantik dan bahkan, di satu video dia membuat gaunnya sendiri.

10. Li Zi Qi adalah selebriti terkenal China yang misterius

https://www.youtube.com/embed/J9CfVcXoYh4

Saat ini, Li Zi Qi sudah memiliki lebih dari 6.59 juta subscriber di YouTube, 16 juta follower di Weibo, dan lebih dari 2 juta follower di Facebook. Hal itu menjadikannya sebagai selebriti online paling terkenal di China. Namun meskipun terkenal, Li Zi Qi amat jarang menerima permintaan interview.

Baru-baru ini, Li akhirnya menerima wawancara khusus dengan sebuah media online di berbasis YouTube.

Nah, itu dia beberapa fakta dan video tentang Li Zi Qi. Setelah menonton videonya, apakah kamu akan menjadi follower setianya seperti saya?

Baca Juga: 5 Seleb Korea yang Mulai Menjadi YouTuber di Bulan September 2019

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You