Comscore Tracker

5 Film yang Menceritakan Bahaya Solo Traveling, Wajib Ditonton! 

Sebelum melalukan solo traveling, coba tonton dulu film ini

Solo traveling merupakan tren yang sedang booming dikalangan anak zaman now terlebih bagi para jomblo nih! Solo traveling adalah kegiatan traveling atau berwisata seorang diri yang dilakukan sekedar untuk mengikuti tren, ataupun healing dari keramaian kota.

Solo traveling boleh saja dilakukan asalkan memperhatikan destinasi wisata yang akan dikunjungi dengan cermat dan direncanakan dengan matang agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Tak sedikit kegiatan solo traveling justru menimbulkan banyak masalah kepada diri sendiri karena kurangnya perencanaan matang.

Nah untuk itu, dibawah ini ada beberapa film yang menceritakan tentang bahaya solo traveling yang bisa kamu tonton untuk berjaga-jaga saat akan melakukan solo traveling. Penasaran? Yuk langsung simak di bawah ini!

1. The Shallows (2016)

https://www.youtube.com/embed/EgdxIlSuB70

Film The Shallows menceritakan tentang seorang peselancar wanita yang pergi untuk solo traveling. Perjalanan itu akhirnya berubah menjadi sebuah bencana untuk dirinya sendiri. Cerita dimulai saat Nancy, yang merupakan mahasiswa kedokteran asal Texas, memiliki hobi berselancar. Ia berencana untuk melakukan solo traveling di pantai yang memiliki ombak yang dirasa cocok untuk ia berselancar. Nancy memilih untuk datang ke pantai yang masih jarang diketahui oleh orang-orang di Meksiko.

Pemandangan yang indah dengan ombak yang tenang dan besar ditambah tak ada banyak orang di sana, membuat pantai itu menjadi idaman para peselancar. Akan tetapi, liburan yang seharusnya menjadi waktu healing justru berubah jadi sebuah mimpi buruk bagi Nancy. Saat ia berselancar tiba-tiba papan selancar milikinya patah dan ia terjebak di sebuah batung karang besar di tengah laut dengan hiu putih yang kelaparan. Jika kamu penasaran dengan kelanjutan ceritanya kamu bisa menonton film ini agar lebih berhati-hati saat datang ke pantai yang masih sepi pengunjung.

2. Into The Wild (2007)

https://www.youtube.com/embed/XZG1FzyB8DI

Film ini menceritakan seorang anak muda yang pintar dan baru saja lulus dari bangku kuliah yang bernama Christopher McCandless. Ia memutuskan untuk memilih jalan berbeda dari kebanyakan orang di usianya. Setelah lulus kuliah, ia memutuskan untuk mencoba menjadi manusia seutuhnya dengan cara bepergian atau solo traveling. Sudah banyak tempat yang ia kunjungi dalam solo traveling-nya mulai dari hutan, pantai, padang bebatuan, dan beberapa tempat lainnya yang jarang dikunjungi orang-orang.

Di film ini McCandless memiliki peran layaknya seorang pengembara dan alam liar sebagai tujuannya. Selama tinggal di alam, ia hidup dengan berburu landak, bebek, memakan umbi-umbian, dan memakan makanan yang disediakan alam. Namun, setelah empat bulan, perjalanan McCandless justru berakhir tragis. Ia ditemukan sudah dalam keadaan tewas oleh para pemburu rusa. Bahkan tubuhnya ditemukan dengan keadaan telah membusuk. 

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film dan Drama Mayu Matsuoka, Queen di Film Chihayafuru

3. I Spit On Your Grave (2010)

https://www.youtube.com/embed/vNqLKj1nxIE

Film ini mengisahkan seorang wanita bernama Jennifer yang merupakan seorang penulis novel. Suatu hari ia memutuskan untuk pergi ke sebuah daerah terpencil untuk menyelesaikan novel terbarunya. Ia pergi ke suatu tempat terpencil dengan tujuan agar bisa lebih fokus dan tenang untuk mengerjakan karya novel terbarunya dengan baik. Jennifer juga menyewa sebuah pondok yang ia gunakan untuk tempat tinggal selama tinggal didaerah tersebut.

Tak lama dengan suasana damai dan tenang yang ia rasakan di pondok tersebut, seketika muncul sekelompok preman lokal memperkosa dan menyiksa dirinya. Film ini menceritakan tentang pembalasan dendam Jennifer kepada orang-orang yang telah memperkosa dirinya. Film ini juga bisa menjadi tontonan menarik agar kita tak salah memilih tempat solo traveling.

4. Tracks (2014)

https://www.youtube.com/embed/CPDc1cKfJW4

Tracks merupakan film yang menceritakan tentang perjalanan seorang wanita muda bernama Robyn Davidson. Ia memutuskan untuk mengembara sendirian dengan anjingnya melewati gurun pasir yang tandus di Australia.

Sebenarnya perjalanan yang dilakukan oleh Robyn sudah dipersiapkan secara matang dengan menggunakan empat ekor unta yang juga ikut menemani perjalanannya untuk membawa berbagai macam perbekalan. Walaupun begitu, ia mesti menghadapi berbagai rintangan yang ia temui saat perjalanannya. Jika kamu menonton film ini, kamu akan dibuat berpikir ulang untuk melakukan solo traveling.

5. 127 Hours (2010)

https://www.youtube.com/embed/OlhLOWTnVoQ

127 Hours merupakan film yang based on true event. Sebuah film biopik dari Aron Ralston, yang merupakan seorang petualang yang  terjepit di celah-celah tebing di pedalaman Utah saat melakukan solo traveling nya selama 127 jam lamanya. Jika kamu menonton pada awal cerita, kamu pasti tak menyangka jika di pertengahan film akan terjadi tragedi tragis yang justru menimpa Aron. Perjalanan yang ia lakukan tampak asik dan menyenangkan, hingga pada akhirnya sebuah tragedi justru menimpa Aron.

Diperlihatkan dalam film bahwa ada bongkahan batu yang bergerak secara tidak terduga yang akhirnya menjepit tangan kanan Aron dan membuatnya terjebak didalamnya. Aron terus berusaha sekuat tenaga untuk bertahan dan menunggu bantuan datang. Film ini menceritakan bahwa saat melakukan solo traveling harus benar dipersiapkan secara matang secara peralatan dan lokasi yang ingin dituju.


Solo traveling tak selalu berujung menyenangkan dan juga tak sebegitu menakutkan. Itu semua tergantung seberapa matang kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Untuk itu saat kamu memutuskan untuk solo traveling ada baiknya untuk mencari informasi terkait destinasi yang kamu tuju terlebih dahulu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Thriller Psikologis Asia yang Mengasah Logika

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya