Comscore Tracker

5 Film dan Drama tentang Inseminasi Buatan, Ada Kisah Nyata!

Terbaru ada Our Father dan Woori The Virgin, nih!

Menonton drama ataupun film dengan tema yang tidak biasa tentu menjadi daya tarik tersendiri. Seperti halnya film dan drama yang mengangkat cerita tentang kehamilan akibat dari inseminasi buatan. 

Inseminasi buatan adalah salah satu upaya untuk mendapatkan kehamilan. Inseminasi buatan merupakan proses perkawinan yang mempertemukan sperma dan sel telur agar dapat terjadi proses pembuahan. Biasanya inseminasi buatan dilakukan oleh pasangannya yang memiliki masalah pada kesehatan ataupun sedikitnya sperma yang dimiliki.

Akan tetapi, dalam prakteknya ternyata ada beberapa dokter yang salah melakukan inseminasi buatan kepada pasien hingga melakukan inseminasi buatan kepada pasien dengan spermanya sendiri, lho.

Maka dari itu, film maupun drama dengan topik ini sangat menarik untuk ditontom. Daripada penasaran, yuk, langsung saja simak deretan film dan drama yang mengangkat kisah dari inseminasi buatan di bawah ini!

1. Jane The Virgin (2014)

https://www.youtube.com/embed/JOKUcwrPFmg

Jane the Virgin adalah series televisi komedi romantis yang berasal dari Amerika Serikat. Series ini dibintangi Gina Rodriguez dan dikembangkan oleh Jennie Nyder Urman.

Menceritakan tentang kehidupan perempuan Latina berusia 23 tahun, Jane Villanueva (Gina Rodriguez) yang mengetahui dirinya hamil karena kelalaian dari seorang dokter kandungan yang tidak sengaja melakukan inseminasi buatan kepadanya. Jane adalah wanita muda Latin, religius, pekerja keras dan memegang teguh tradisi keluarga untuk menjaga keperawanannya hingga ia menikah.

Akan tetapi, saat ia melakukan pemeriksaan kesehatan rutin di rumah sakit, dokter tidak sengaja melakukan inseminasi buatan pada rahimnya. Ia pun akhirnya hamil padahal ia tidak pernah melakukan hubungan badan dengan siapa pun.

Kondisi tersebut semakin rumit saat Jane mengetahui bahwa ayah biologis dari anak yang ia kandung adalah pria yang sudah menikah dan pernah mengidap kanker. Pria tersebut juga merupakan pemilik hotel tempat Jane bekerja dan merupakan orang yang pernah Jane sukai saat remaja dulu. Saat ini Jane the Virgin sudah tersedia dan dapat ditonton di Netflix.

2. Our Father (2022)

https://www.youtube.com/embed/phQxK5u8IEs

Our Father merupakan film dokumenter Netflix yang tayang pada 11 Mei 2022 lalu. Film ini menyajikan kisah nyata dari seorang dokter kesuburan bernama Donald Cline yang melakukan inseminasi ilegal kepada para pasiennya.

Dokter Donald Cline merupakan salah satu dokter kesuburan terkenal di era tahun 1970 hingga 1980an. Ia membuka praktik di Indianapolis, Amerika Serikat. Tanpa persetujuan dari pasiennya, dokter Donald Cline memasukan spermanya sendiri secara sengaja kepada para pasiennya.

Dalam film dokumenter 'Out Father' ini diceritakan bahwa Donald Cline terbukti secara diam-diam menanamkan benih spermanya kepada para pasien melalui proses inseminasi buatan. Perbuatannya yang keji dan sadis diperlihatkan dalam film dokumenter Netflix kali ini. 

3. Baby God (2020)

https://www.youtube.com/embed/h7_0cdhi2WY

Selain Our Father, ada lagi film dokumenter dengan judul Baby God yang juga mengungkap sisi mengerikan seorang dokter bernama Quincy Fortier. Quincy Fortier adalah seorang spesialis kesuburan di Las Vegas yang terkenal pada tahun 1960an. Film yang diangkat dari kisah nyata ini disutradarai oleh Hannah Olson.

Baby God menceritakan tentang Fortier yang telah menipu banyak wanita yang sedang berjuang untuk hamil. Tanpa persetujuan pasiennya, ia menggunakan sperma miliknya sendiri untuk disuntikan ke rahim pasien-pasiennya.

Bahkan banyak dari keturunan Fortier yang mewarisi kepribadiannya, seperti Brad Gulko yang menjadi seorang ahli genetika dan Wendi Babst seorang pensiunan detektif. Akan tetapi beberapa anak-anak yang lahir dari pasien itu berusaha mengungkapkan perbuatan Fortier.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Film Favorit Bertema Hukum, Belajar Lewat Film!

4. Virgin Mom (2022)

https://www.youtube.com/embed/0XPKSj9RuI8

Virgin Mom merupakan series Indonesia pertama yang mengangkat cerita tentang kehamilan akibat dari inseminasi buatan. Series ini menceritakan tentang mahasiswi bernama Naya (Amanda Rawless) yang merupakan altet bulu tangkis yang sukses dan berprestasi serta memiliki masa depan cerah. Secara tiba-tiba, kehidupan Naya berubah ketika mendapati dirinya hamil.

Naya yang selama hidupnya tidak pernah berhubungan seks dan masih perawan tiba-tiba mendapati dirinya hamil yang membuat ia dan keluarganya bingung dengan situasi tersebut.

Di tengah kebingungannya, Naya juga harus menerima kenyataan bahwa masa depannya sebagai atlet tidak bisa dipertahankan. Disisi lain, Naya juga harus menerima stigma negatif dari lingkungan sekitarnya akibat dari kehamilannya tersebut.

5. Woori The Virgin (2022)

https://www.youtube.com/embed/NFWInj7gK20

Woori The Virgin merupakan drama Korea hasil remake dari series populer Amerika Serikat berjudul Jane the Virgin yang tayang pada 2014 hingga 2019 dan sudah memiliki lima season. Drama Korea ini dibintangi oleh Lim Soo Hyang, Sung Hoon, Shin Dong Wook, dan Hong Ji Yoon.

Seperti halnya Jane The Virgin, Woori The Virgin juga menceritakan tentang kesalahan inseminasi buatan. Oh Woo Ri (Lim Soo Hyang) adalah asisten penulis naskah drama Korea populer. Saat masih remaja, ia telah bersumpah akan mempertahankan keperawanannya hingga ia menikah. Walaupun begitu, Woori juga memiliki pacar detektif bernama Lee Gang Jae (Shin Dong Wook) dan ia masih menjaga keperawanannya.

Suatu hari, Woo Ri pergi ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan rutin. Namun, dokter salah melakukan inseminasi buatan yang mengakibatkan Woo Ri hamil. Kehidupan Woo Ri berubah saat ia memutuskan untuk mempertahankan kehamilannya karena permintaan dari Raphael dan istrinya. Penasaran kelanjutan ceritanya? Kamu bisa menontonnya di VIU karena drama ini masih onging lho.

Deretan film dan drama yang menceritakan tentang kehamilan akibat dari inseminasi buatan bisa kamu pilih salah satu untuk ditonton akhir pekan. Semuanya tentu memberikan pengetahuan dan pelajaran masing-masing bagi dirimu.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Film yang Dibintangi Pemain Film KKN di Desa Penari

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya