Comscore Tracker

5 Lagu Indie Tema Hujan, Cocok Buat Temani Harimu!

Dengarkan saat bersantai ditemani rintik hujan

Musim hujan memang paling enak kalau ditemani dengan musik yang mendayu-dayu. Irama dan vokal lambut yang membuat kita lebih rileks saat menikmati hujan. Salah satu musik yang banyak didengarkan saat musim hujan adalah musik-musik dari band atau penyanyi indie.

Band atau penyanyi indie banyak disukai karena kepiawaian mereka dalam melihat hal biasa menjadi lagu yang dapat menenangkan jiwa. Sadar adanya hubungan yang erat antara musim hujan dan musik indie, banyak band atau penyanyi indie membuat lagu yang terinspirasi dari hujan. Simak beberapa lagu dari band dan penyanyi indie bertema hujan yang bisa teman harimu.

1. Puan Bermain Hujan – Payung Teduh 

https://www.youtube.com/embed/fqEXoKriBXc

Kalau kamu suka mendengarkan musik dengan sentuhan keroncong, “Puan Bermain Hujan” dari Payung Teduh cocok buat kamu. Lagu ini sangat kental dengan musik keroncong jika dibandingkan genre pop dan jaz yang biasa dibawakan payung teduh. Lirik lagu ini menggambarkan kebahagiaan seorang anak perempuan yang sedang bermain hujan.

Kebahagiaan ini dapat dirasakan oleh orang sekitarnya yang membuat pendengar juga merasa hangat. “Puan Bermain Hujan” cocok didengarkan pada pagi hari yang mendung sebelum kamu memulai aktivitas. Irama keroncong yang mengasyikkan bisa meningkatkan mood untuk menghadapi harimu.

2. Hujan di Mimpi - Banda Neira 

https://www.youtube.com/embed/xYNZsPfaWBo

Banda Neira terkenal dengan kemampuan mereka dalam membuat lagu yang dapat menghipnotis pendengarnya. Dalam “Hujan di Mimpi” Banda Neira membuktikan kalau lagu tentang hujan tidak harus dimainkan dengan nada sendu.

Menceritakan keraguan akan diamnya orang yang penting dalam hidup kita. Kadang diam memnag dapat menyelesaikan masalah, tapi diam juga membuat hubungan gak bisa berkembang. Petikan gitar dalam lagu ini terdengar penuh harapan yang bisa menyingkirkan rasa bosan dan suntuk di musim hujan.

3. Hujan Jangan Marah – Efek Rumah Kaca 

https://www.youtube.com/embed/f2i-ufGJ9QQ

“Hujan Jangan Marah” merupakan lagu dari Efek Rumah Kaca yang mengusung genre rock alternatif. Musik dengan aliran ini cenderung membahas tentang isu-isu sosial yang berhubungan dengan lingkungan. Dalam lagu ini Efek Rumah Kaca menceritakan tentang harapan orang-orang yang dilanda musim kemarau panjang agar hujan segera turun.

Gebakan drum di “Hujan Jangan Marah” cocok untuk didengarkan di sore hari setelah kita melekukan banyak aktiivitas. Lagu ini juga diakhiri irama syahdu yang menenangkan pikiran kita sebelum istirahat di malam hari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lagu Ballad SHINee yang Cocok Didengar Saat Hujan

4. Hujan Kemarau -Mustache and Beard 

https://www.youtube.com/embed/ezWCLhZhDkw

“Hujan Kemarau” merupakan lagu pertama Mustache and yang bergenre folk. Lagu satu ini dinyanyikan dengan iringan alat musik yang minimalis, yaitu gitar dan flute. Iringan yang minimalik justru semakin menambah efek syahdu yang diberikan lagi ini.

Lagu ini mengingatkan kita kalau masa-masa burk gak akan terjadi selamanya dan selalu ada haapan untuk masa depan. Hujan digambarkan dapat membasuh kenangan buruk dan membawa harapan dari masa depan. Lagu dan iringan yang sederhana ini cocok kamu mainkan saat ingin santai sambil ditemani suara rintik hujan.

5. Muara – Adera  

https://www.youtube.com/embed/Rm8UZWKFC2Y

Lagu satu ini emang gak membahas tentang hujan, tapi bisa dianggap sebagai proses final yang dilalui air hujan sebelum kembali jadi awan. Lagu Muara dari adera dibawakan dengan iringan gitar dan bass yang semakin menonjolkan vokal Adera.

Lagu ini menggambarkan rasa bahagia dan syukur seseorang yang berhasil menemukan belahan jiwanya setelah lama mencari. Lagu yang manis, cocok didengarkan sebelum tidur. Melodi yang sederhana bisa merilekskan pikiran dan membantumu tidur nyenyak.

Mendengarkan musik menjadi salah satu terapi yang baik kala penat menghampiri. Hujan dan musik pun menjadi perpaduan yang epik. Jangan lupa dengarkan daftar lagu di atas saat turun hujan. Supaya nuansa syahdu dan lirik menyentuh dapat diterima dengan baik oleh hati dan jiwamu.

Baca Juga: 5 Grup Band Jebolan Indie Ten yang Berjaya di Industri Musik Indonesia

Alifia Tsamara Photo Writer Alifia Tsamara

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya