Comscore Tracker

5 Cara Powerful Jadi Filmmaker Handal, Yuk Coba!

Jadi filmmaker bukan mimpi!

Disadari atau gak, kebanyakan orang masih belum mengerti dari mana harus memulai dan apa saja yang seharusnya dipersiapkan untuk menjadi seorang filmmaker. Kebanyakan sih bakal berhenti hanya pada angan-angan saja.

Nah, kali ini penulis bakal memberikan nih beberapa cara jitu untuk menjadi seorang filmmaker terutama yang handal. Penasaran kan? Simak langsung di bawah ini.

1. Perbanyak referensi filmmu untuk jadi acuan

5 Cara Powerful Jadi Filmmaker Handal, Yuk Coba!unsplash.com/@Pim Chu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar menjadi filmmaker handal adalah dengan memperbanyak referensi film tontonanmu. Mengapa hal ini menjadi sangat penting? Dengan banyak referensi film, maka kamu akan mendapat gambaran bagaimana cara membuat film terutama masalah pengadeganan. 

Namun satu hal yang penting, perbanyak referensi jangan sampai membuat kamu jadi seorang tukang tiru alias plagiat. Jadikan film sebagai referensi dan cari gayamu sendiri saat kamu sudah siap membuat sendiri karyamu.

2. Mulai dulu menulis script

5 Cara Powerful Jadi Filmmaker Handal, Yuk Coba!unsplash.com/@Denise Jans

Jika sudah mendapat banyak referensi film, langkah selanjutnya kamu bisa mulai belajar menulis script. Tulis dulu yang ada dalam pikiranmu. Tulis selagi bisa, di notes atau laptopmu.

Selain itu, kamu bisa menambah wawasanmu soal menulis script dengan cara membaca buku atau mengikuti kelas-kelas penulisan yang biasa diadakan oleh rumah produksi. 

Baca Juga: Tertarik Jadi Filmmaker? Ini 6 Hal Penting yang Wajib Kamu Ketahui

3. Cari rekan yang bisa diajak beraksi

5 Cara Powerful Jadi Filmmaker Handal, Yuk Coba!unsplash.com/@Mitch Nielsen

Dua hal di atas sudah kamu lakukan, maka langkah selanjutnya kamu bisa mencari atau bergabung dengan rekan-rekan yang punya passion yang sama denganmu. Bergabung dengan teman yang punya passion sama akan memudahkanmu memulai aksi sebagai filmmaker. 

4. Lakukan aksi, mulailah membuat filmmu!

5 Cara Powerful Jadi Filmmaker Handal, Yuk Coba!unsplash.com/@Jakob Owens

Jika sudah lakukan semua hal di atas, maka kini saatnya kamu beraksi. Tak memiliki peralatan canggih sekelas sutradara untuk membuat film? Gak perlu khawatir, kamu bisa pakai Samsung Galaxy Note10 | 10+ untuk mulai membuat filmmu.

Memiliki banyak keunggulan, Galaxy Note10 | 10+ menjadi langkah awal yang powerful untuk filmmaker yang baru mau mulai berkarya seperti kamu. Smartphone buatan Korea Selatan ini mengusung lensa wide, telephoto, dan ultrawide yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization. Khusus untuk Galaxy Note10+, terdapat Time of Flight 3D Camera yang mampu meningkatkan depth of field, sehingga hasil tangkapan gambar untuk short movie kamu lebih terlihat profesional.

Galaxy Note10 | 10+ juga dilengkapi dengan fitur Zoom-In Mic agar kamu mendapatkan hasil maksimal pada suara yang ingin kamu rekam. Kapasitas penyimpanan Galaxy Note10 | 10+ ini up to 512GB dan bisa di-support dengan SD Card hingga 1TB. Jadi, kamu tak perlu khawatir mengambil berapa banyak pun adegan maupun mengulanginya lagi hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Langsung kunjungi saja yuk, www.samsung.com/id untuk mendapatkan penawaran menarik Samsung Galaxy Note10 | Note 10+ sebagai langkah awal yang powerful untuk kamu para filmmaker.

5. Pamerkan karyamu

5 Cara Powerful Jadi Filmmaker Handal, Yuk Coba!unsplash.com/@Jakob Owens

Sudah sampai sini, karya filmmu jangan disimpan saja. Pamerkan ke mana pun sebisamu. Mulai di upload ke platform berbagai video atau juga bisa kamu ikutkan kompetisi film-film indie. Buang jauh-jauh keinginan untuk menang dahulu, gunakan kompetisi untuk memamerkan karyamu agar orang makin menyadari potensimu. Semangat ya!

Baca Juga: Tips Sukses Jadi Penulis Skenario Film, Bocoran dari Jenny Jusuf!

Alvita Wibowo Photo Verified Writer Alvita Wibowo

@alvitawibowo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya