Comscore Tracker

5 Episode SpongeBob SquarePants yang Paling Mengerikan

Menampilkan adegan seram dan menjijikkan 

Kartun SpongeBob SquarePants terkenal di seluruh dunia karena menyajikan tontonan yang lucu. Beragam karakter dengan watak unik ada di dalam kartun buatan mendiang Stephen Hillenburg itu.

Tapi, ada beberapa episode yang berbanding terbalik dengan citra kartun SpongeBob yang lucu dan menggemaskan. Beberapa episode berikut justru menampilkan adegan menjijikkan dan mengerikan yang tak layak untuk ditonton anak-anak di bawah umur.

Kalau kamu penasaran dengan episode termengerikan kartun SpongeBob, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Whirly Brains

https://www.youtube.com/embed/UjH6waMaBd4

'Whirly Brains' adalah salah satu episode di season 10 SpongeBob SquarePants yang rilis pada tahun 2016. Naskah episode ini ditulis oleh Doug Lawrence, yang kerap menulis naskah episode mengerikan SpongeBob lainnya. Doug Lawrence juga merupakan pengisi suara dari karakter Plankton. 

Episode ini bermula ketika SpongeBob dan Patrick yang kebosanan, kemudian mereka melihat iklan soal mainan baru bernama Whirly Brain. Mereka harus mengeluarkan otak mereka dan meletakkannya di sebuah alat yang nantinya akan terbang dan bisa dikendalikan lewat remote. Setelah membeli alat tersebut, Patrick dan SpongeBob mengadu kecepatan otak mereka dengan anak kecil yang juga bermain. Hingga otak mereka disimpan oleh seorang kakek yang menemukannya.

Bagian mengerikan dari episode ini adalah ketika SpongeBob, Patrick, beserta warga yang memiliki mainan Whirly Brain mengeluarkan otak mereka. Mereka juga berkeliaran tanpa bola mata karena mata mereka juga ikut berada di dalam Whirly Brain.

2. Cuddle E. Hugs

https://www.youtube.com/embed/szSrh8528M0

Tayang pada 2017 lalu, episode 'Cuddle E. Hugs' yang mengusung tema teman khayalan ditulis oleh Ben Gruber. Hal mengerikan di episode ini berawal ketika SpongeBob menemukan sebuah Krabby Patty busuk di Krusty Krab dan memakannya. 

SpongeBob yang hendak pulang ke rumah, bertemu seekor hamster raksasa berbulu lembut yang bernama Cuddle E. Hugs. Keduanya berkenalan dan kemudian menjadi teman baik. SpongeBob membawa teman barunya itu mengelilingi kota untuk diperkenalkan kepada warga Bikini Bottom. Anehnya, semua orang tak bisa melihat wujud dari Cuddle E. Hugs.

Cuddle E. Hugs pun memberi tahu SpongeBob mengenai Krabby Patty busuk yang bisa membuat semua orang melihat sosoknya. SpongeBob pun membagikan Krabby Patty busuk itu kepada warga Bikini Bottom. Mereka semua berhalusinasi dan bertingkah aneh setelahnya. Setelah itu, Cuddle E. Hugs mulai memakan warga Bikini Bottom satu persatu.

Baca Juga: 9 Fakta Stanley Squarepants, Sepupu Kesayangan Spongebob, nih!

3. Ghost Host

5 Episode SpongeBob SquarePants yang Paling MengerikanSpongeBob ditakuti oleh Flying Dutchman. (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Kamu pasti gak asing dengan sosok Flying Dutchman, kan? Ia adalah hantu terkenal yang kerap muncul untuk menakuti warga Bikini Bottom. Di episode 'Ghost Host', Flying Dutchman yang menjadi tokoh utama bersama SpongeBob mencoba menakuti warga Bikini Bottom dengan beragam cara.

Sayangnya, semua warga Bikini Bottom tak ada yang takut padanya. SpongeBob pun memberi saran untuk menakuti Squidward yang tak percaya pada hantu. Cara yang dilakukan Flying Dutchman untuk menakuti Squidward dan warga Bikini Bottom sangat mengerikan. Flying Dutchman berubah menjadi beragam monster menyeramkan. Sebaiknya anak di bawah umur gak menonton epiosode ini, karena tingkat kengeriannya cukup tinggi. 

4. Face Freeze!

5 Episode SpongeBob SquarePants yang Paling MengerikanWajah SpongeBob dan Patrick membeku. (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Hal mengerikan yang ada di episode 'Face Freeze!' ini adalah raut wajah SpongeBob dan Patrick yang membeku karena terlalu sering membuat wajah lucu. Tuan Krab padahal sudah mengingatkan keduanya untuk gak terlalu sering membuat wajah lucu, tapi mereka tak mendengarkan nasihat dari Tuan Krab.

Alhasil, wajah SpongeBob dan Patrick mendadak membeku, dengan menampilkan raut wajah mengerikan. Mereka sudah meminta bantuan Sandy yang memberikan pijatan untuk melemaskan otot wajah, tapi hal itu masih gak membantu. Di akhir episode, Tuan Krab dan Squidward juga mendadak mengalami wajah membeku dengan raut wajah yang tak kalah menyeramkan. 

5. Kwarantined Krab 

https://www.youtube.com/embed/1EAhGR6Ho3s

Dalam episode ini, inspektur kesehatan mendadak datang ke Krusty Krab dan mencurigai jika seseorang sedang membawa virus menular bernama flu kerang. Krusty Krab pun dikarantina dimana SpongeBob, Tuan Krab, Mrs. Puff, Pearl, Patrick, dan Squidward ada di dalamnya. Siapapun yang keluar dari Krusty Krab akan disembur api oleh petugas. 

Mereka pun saling mencurigai dan menuduh mengenai siapa yang sebenarnya mengidap penyakit flu kerang. Siapa yang dianggap memiliki virus ini akan dimasukkan ke lemari pendingin. Tuan Krab mencurigai semua orang dan memasukkan mereka ke lemari pendingin. Hingga mereka semua sadar jika Tuan Krab lah yang mungkin membawa virus karena tidak ada satupun dari mereka yang sakit. 

Karena berusaha menangkap Tuan Krab inilah, mereka semua berakhir dalam keadaan yang mengerikan dengan bintik-bintik merah di tubuh masing-masing. Karena dianggap memparodikan pandemi Covid-19, episode ini dilarang untuk tayang. Padahal, proses produksi episode ini dimulai sebelum pandemi berlangsung. 

Beberapa episode di kartun SpongeBob SquarePants pernah menampilkan adegan menjijikkan dan mengerikan. Menurut kamu, episode mana yang paling mengerikan dan tak layak ditonton oleh anak kecil?

Baca Juga: 10 Karakter SpongeBob SquarePants Terinspirasi dari Hewan Invertebrata

Benzy -09 Photo Verified Writer Benzy -09

I love to read, write, and watch spongebob

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya