Comscore Tracker

5 Karakter Antagonis di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma Plankton

Karakter jahat yang meresahkan Bikini Bottom, nih!

Seperti yang kita ketahui, Plankton adalah karakter antagonis utama di serial SpongeBob SquarePants. Hampir di setiap episodenya, Plankton melakukan berbagai aksi untuk mencuri resep rahasia Krabby Patty dari Tuan Krab. 

Nyatanya, di kartun SpongeBob ada beberapa karakter antagonis lainnya yang pernah muncul, lho! Siapa saja mereka?

Baca Juga: 5 Pelajaran Biologi yang Ada Pada Kartun SpongeBob SquarePants

1. Lord Poltergeist

5 Karakter Antagonis di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PlanktonLord Poltergeist (dok. Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Lord Poltergeist adalah karakter hantu bajak laut yang pertama kali muncul di episode 'Ghoul Fools'. SpongeBob dan Patrick pertama kali bertemu dengannya saat kapal milik Lord Poltergeist mogok di kota Bikini Bottom.

Hantu bajak laut tersebut meminta bantuan SpongeBob untuk mencarikan alat yang bisa membuat kapalnya kembali berjalan. Squidward, Patrick, dan Tuan Krab yang dimintai bantuan oleh SpongeBob ikut ke kapal milik Lord Poltergeist. Lord Poltergeist menjadi jahat karena Tuan Krab, Squidward, dan Patrick mencuri uang miliknya.

Karena itu, ia menyiksa Squidward, Tuan Krab, dan Patrick dengan berbagai cara yang tak disukai oleh ketiga karakter tersebut. Di akhir episode, terungkap bahwa uang dan kapal yang dimiliki Lord Poltergeist ternyata ia curi dari Flying Dutchmann.

2. Miss Gretle

5 Karakter Antagonis di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PlanktonMiss Gretel (dok. Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Di episode 'Banned in Bikini Bottom', Krusty Krab ditutup oleh Miss Gretle, istri dari salah satu polisi Bikini Bottom. Alasan Miss Gretle menutup Krusty Krab adalah karena ia membenci Krabby Patty yang menyenangkan dan lezat. 

Miss Gretle adalah ketua dari organisasi ikan pembenci suatu hal yang menyenangkan dan lezat bersama dengan saudara-saudaranya. Walaupun usahanya telah ditutup, Tuan Krab tak kehabisan akal. Ia membuka kembali Krusty Krab rahasia yang berada di rumah SpongeBob. 

Baca Juga: 5 Karakter di Kartun SpongeBob SquarePants yang Pernah Jadi Guru

3. Cuddle E. Hugs

5 Karakter Antagonis di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PlanktonCuddle E. Hugs (dok. Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Walau terlihat menggemaskan, Cuddle E. Hugs adalah karakter antagonis yang cukup kejam, lho! Hamster raksasa ini pertama kali muncul di episode 'Cuddle E. Hugs'.

Cuddle E. Hugs adalah teman imajinasi SpongeBob yang bisa muncul setelah Si Kuning memakan Krabby Patty basi. Awalnya, SpongeBob berteman baik dengan Cuddle E. Hugs. Hingga akhirnya kejahatan hamster itu terungkap saat ia meminta SpongeBob membagikan Krabby Patty basi ke warga Bikini Bottom agar ia bisa memakan mereka semua.

4. The PlanKrab

5 Karakter Antagonis di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PlanktonThe PlanKrab (dok. Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Di 'The Krusty Bucket', Plankton menggabungkan DNA miliknya dan Tuan Krab yang menghasilkan makhluk perpaduan keduanya bernama The PlanKrab. Plankton berharap, The PlanKrab bisa membantunya mencuri resep rahasia Krabby Patty.

Nyatanya, The PlanKrab malah mengkhianati Plankton dengan mengambil alih Chum Bucket. Ia juga mengusir Tuan Krab dari Krusty Krab dan menguasainya. Hal itu membuat Tuan Krab dan Plankton terpaksa harus bekerja sama untuk mengambil kembali restoran masing-masing.

5. Master Udon

5 Karakter Antagonis di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma PlanktonMaster Udon (dok.Nickelodeon/SpongeBob SquarePants)

Karakter antagonis terakhir yang ada di kartun SpongeBob adalah Master Udon. Di 'Karate Island', ia mengundang SpongeBob ke pulau karate miliknya untuk diberi gelar sebagai Raja karate.

Ternyata, tujuan utama Master Udon mengundang SpongeBob adalah untuk membuatnya membeli saham agar bisa membuatnya untung. Untungnya, ada Sandy yang menyelamatkan SpongeBob dari kelicikan Master Udon. 

Dibandingkan dengan Plankton, kelima karakter antagonis di atas ada yang dianggap memiliki sifat lebih jahat dan kejam. Lima karakter tersebut menjadi jahat karena alasan yang berbeda-beda. Menurutmu, karakter mana yang lebih jahat daripada Plankton?

Baca Juga: 6 Sifat Buruk Tuan Krab di SpongeBob SquarePants, Gak Cuma Pelit

Benzy -09 Photo Verified Writer Benzy -09

I love to read, write, and watch spongebob

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya