Comscore Tracker

Berusia 7 Tahun di 2021, Akankah 7 Grup KPop Ini Patahkan “Kutukan 7”?

Semoga sih lanjut ya #HypeIDN #WaktunyaKorea

"Kutukan 7” adalah saat di mana sebuah grup KPop bubar ketika mereka menginjak 7 tahun. Sudah banyak grup yang menjadi korban dari kutukan ini karena kontrak mereka dan agensi yang habis pada tahun ketujuh. Hal ini membuat para KPop fans tak tenang jika grup yang selama ini diidolakannya akan merayakan anniversary yang ke-7 tahun.

Dari banyaknya grup yang debut di tahun 2014, hanya beberapa grup ini yang masih aktif berkarya di dunia hiburan hingga sekarang. Kini, adalah waktu yang tepat bagi 7 grup di bawah ini untuk mendiskusikan apakah mereka akan memperpanjang kontrak atau tidak. Grup apa saja ya? Scroll down, yuk!

1. GOT 7

Berusia 7 Tahun di 2021, Akankah 7 Grup KPop Ini Patahkan “Kutukan 7”?instagram.com/got7.with.igot7

Awal tahun 2014, JYP Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan sebuah boygroup bernama GOT7 pada 16 Januari 2014. Sesuai namanya, grup ini debut dengan 7 member dan tak pernah berkurang atau pun bertambah hingga sekarang. GOT7 resmi debut dengan merilis album bertajuk “Got It?”.

GOT7 memiliki banyak penggemar internasional, kepopuleran mereka di luar Korea pun tak perlu diragukan. JYP bekerja sama dengan Sony Music Entertainment untuk  membantu kegiatan mereka di Jepang, salah satu member GOT7 juga dikontrak oleh agensi asal Amerika Serikat.

2. Mamamoo

Berusia 7 Tahun di 2021, Akankah 7 Grup KPop Ini Patahkan “Kutukan 7”?instagram.com/mamamoo_official

Girlgroup ini debut di bawah naungan RBW Entertainment pada 18 Juni 2014 dengan merilis album berjudul “Hello”. Mamamoo dikenal dengan konsep mereka yang mengusung tema retro dengan mayoritas musik jazz dan R&B.

Meski sibuk berkarier sebagai girlgroup, keempat membernya juga sudah pernah mendapat kesempatan untuk merilis lagu solo masing-masing. Sudah hampir 7 tahun berkarya, Mamamoo kini dikenal sebagai salah satu grup dengan kemampuan vokal yang paling kuat.

3. Red Velvet

Berusia 7 Tahun di 2021, Akankah 7 Grup KPop Ini Patahkan “Kutukan 7”?instagram.com/redvelvet.smtown

Red Velvet merupakan girlgroup bentukan SM Entertainment yang debut pada 1 Agustus 2014 dengan single berjudul “Happiness”. 7 bulan kemudian, Yeri bergabung ke dalam grup sehingga kini Red Velvet memiliki 5 anggota. Mereka merilis banyak lagu hits yang tentunya sering mendapat berbagai penghargaan seperti "Ice Cream Cake" dan "Psycho".

Selain musiknya yang easy listening, konsep unik yang diusung Red Velvet pun membuat mereka memiliki fandom yang sangat besar. Oleh karena itu, sayang banget deh kalau mereka gak perpanjang kontrak di SM!

Baca Juga: 6 Idol KPop Berkulit Gelap Ini Jadi Visual di Dalam Grupnya, lho

4. WINNER

Berusia 7 Tahun di 2021, Akankah 7 Grup KPop Ini Patahkan “Kutukan 7”?instagram.com/winnercity

Selain SM dan JYP, agensi besar lainnya yaitu YG juga mendebutkan sebuah grup pada tahun 2014. Kelima member WINNER merupakan pemenang dari program survival buatan YG Entertainment yang berjudul WIN: Who Is Next. Meski program tersebut digelar pada tahun 2013, namun WINNER baru memulai debutnya pada 17 Agustus 2014 dengan merilis album bertajuk “24 S/S”.

WINNER dianggap sebagai monster rookie pada tahun tersebut karena mereka mampu memproduksi lagu dan koreografi ditambah kepopuleran yang langsung meroket sejak awal debut. Sayangnya, pada tahun 2016, salah satu membernya keluar karena alasan kesehatan. Kini, WINNER sedang dalam masa hiatus karena 2 dari 4 membernya tengah menjalani wajib militer.

5. Laboum

Berusia 7 Tahun di 2021, Akankah 7 Grup KPop Ini Patahkan “Kutukan 7”?instagram.com/officiallaboum

Laboum merupakan girlgroup KPop yang debut atas kerjasama antara NH Media dan Nega Network pada 28 Agustus 2014 dengan merilis single berjudul “Pit A Pat”. Keenam member Laboum telah berlatih bersama selama 4 tahun, namun sayangnya pada 2017 salah satu membernya keluar. Hingga kini, para member Laboum aktif menjadi bintang tamu di berbagai variety show yang membuat kepopuleran mereka di Korea semakin meningkat.

6. HOTSHOT

Berusia 7 Tahun di 2021, Akankah 7 Grup KPop Ini Patahkan “Kutukan 7”?instagram.com/officialhotshot

Boygroup HOTSHOT merilis single debut mereka yang berjudul “Take a Shot” pada 29 Oktober 2014 dengan 6 member. Di tahun 2017, HOTSHOT semakin dikenal publik setelah dua membernya mengikuti program survival Produce 101 Season 2, dan dua member lain mengikuti program The Unit.

HOTSHOT terakhir kali melakukan comeback pada November 2018 dengan 5 anggota karena salah satu membernya berhasil debut lagi melalui program survival. Kini, keempat member HOTSHOT disibukkan dengan project solo masing-masing, sedangkan 2 member lainnya sedang menjalani wajib militer.

7. Lovelyz

Berusia 7 Tahun di 2021, Akankah 7 Grup KPop Ini Patahkan “Kutukan 7”?instagram.com/official_lvlz8_

Pada 17 November 2014, Woollim Entertainment mendebutkan girlgroup pertama mereka sejak agensi tersebut dibentuk. Diisi oleh 8 member, Lovelyz resmi memulai debutnya dengan merilis album bertajuk "Girls’ Invasion" pada 17 November 2014. Melalui album debutnya, mereka berhasil menduduki posisi pertama dalam chart Japan’s Tower Records Album. Kepopuleran Lovelyz meningkat pesat saat mereka mengikuti program survival Queendom pada tahun 2019.

Nah, itulah 7 grup KPop yang akan memasuki usia ke-7 tahun pada 2021. Kita doakan semoga mereka bisa melewati “kutukan 7” agar selalu bersama terus, ya!

Baca Juga: Para Social Butterfly, 13 Idol KPop Generasi Ketiga Ini Friendly Abis!

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya