Comscore Tracker

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnya

Ada yang masih jadi leader sekaligus maknae sampai sekarang

Di setiap grup, pasti terdapat seorang leader yang bertugas untuk memimpin dan mengayomi member lain agar selalu kompak. Setiap agensi memiliki kriterianya masing-masing untuk memilih leader dari grup yang akan mereka debutkan.

Namun umumnya, member tertua-lah yang dipilih untuk memimpin grup karena mereka dianggap lebih dewasa dan punya banyak pengalaman. Sangat jarang ditemukan seorang maknae atau sebutan untuk member termuda yang bisa didaulat menjadi leader.

Dari banyaknya girl group maupun boy group yang debut di industri musik KPop, hanya 9 grup ini yang menjadikan member termudanya sebagai leader.

1. Yoon WINNER

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyatwitter.com/official_yoon_

Posisi Kang Seungyoon sebagai leader diberikan langsung oleh sang pendiri YG Entertainment, Yang Hyunsuk ketika WINNER mengikuti program survival buatan YG berjudul WIN: Who Is Next.

Awalnya, pria yang akrab disapa Yoon ini, memang bukanlah maknae. Ia hanya 4 bulan lebih tua dibandingkan Nam Taehyun, member yang menduduki posisi maknae ketika WINNER debut di tahun 2014. Pada tahun 2016, Taehyun memutuskan untuk keluar dari grup sehingga Yoon mulai menduduki posisi maknae sekaligus leader hingga kini.

2. CL 2NE1

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyainstagram.com/chaelincl

YG Entertainment merupakan salah satu agensi yang tidak mementingkan umur dalam memilih pemimpin di grup yang mereka naungi. Selain Yoon WINNER, CL dari 2NE1 juga sempat menduduki posisi sebagai maknae sekaligus leader.

2NE1 debut dengan 4 member pada tahun 2009, saat itu Minzy-lah yang menjadi maknae dalam grup. Sayangnya, Minzy keluar dari grup pada April 2016 yang membuat CL menjadi maknae sekaligus leader selama 6 bulan, hingga akhirnya 2NE1 resmi bubar pada November 2016.

3. Woolim PLAYBACK

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyainstagram.com/ggbaewl_

PLAYBACK merupakan girlgroup yang debut di bawah naungan Coridel Entertainment pada tahun 2015. Ketika debut, Woolim yang lahir pada tahun 1996, merupakan seorang maknae yang juga memimpin 3 member lain yang lebih tua darinya.

Di tahun 2017, Eunjin yang lahir pada tahun 1997 masuk dalam grup hingga membuat Woolim tak lagi menduduki posisi sebagai member termuda di PLAYBACK.

4. Seohyun TTS

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyainstagram.com/seojuhyun_s

Taeyeon selama ini dikenal sebagai leader dari Girls’ Generation sejak mereka debut di tahun 2007. Namun, lain halnya dengan sub-unit SNSD bernama TTS (Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun) yang menjadikan Seohyun sebagai leader.

Di sebuah acara radio, Taeyeon mengungkapkan bahwa mereka memutuskan untuk memberikan posisi leader kepada Seohyun yang juga merupakan seorang maknae. Alasannya adalah karena selama ini Seohyun sudah meniru apa yang Taeyeon lakukan, untuk memimpin grup sehingga inilah saatnya ia menunjukkan kemampuannya tersebut.

Taeyeon dan Tiffany juga mengaku sangat puas dengan kemampuan Seohyun dalam memimpin TTS.

Baca Juga: 10 Leader Grup KPop Ini adalah Anak Bungsu, Panutan Banget!

5. Jookyung MyB

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyakprofiles.com

Sama seperti Woolim, Jookyung juga menduduki posisi sebagai maknae sekaligus leader ketika debut. MyB debut tanggal 25 Agustus 2015, namun sayangnya pada Desember 2016 grup ini dinyatakan bubar.

Jookyung yang lahir pada September 1997 menjabat sebagai leader sekaligus maknae hanya 3 bulan sejak debut. November 2015, Hayoon yang lahir di tahun 1998 menjadi member baru dalam grup tersebut sehingga membuatnya otomatis menjadi maknae.

6. U Vermuda

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyainstagram.com/c_bum1007

Vermuda merupakan sebuah boy group yang debut di bawah naungan Pacemaker Entertainment pada 13 Juni 2017. Ketika debut, U atau yang memiliki nama asli Woo Changbum menjadi member termuda sekaligus leader dalam grup.

Tahun 2018, Junon yang lahir 5 tahun setelah U ditambahkan ke dalam grup hingga membuat U tak lagi menjadi seorang maknae.

7. Yugyeom JUS2

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyainstagram.com/yu_gyeom

JUS2 merupakan duo sub-unit dari boy group bentukan JYP Entertainment, GOT7. Mereka debut pada 5 Maret 2019 dengan beranggotakan JB dan Yugyeom. JB selama ini dikenal sebagai leader, sedangkan Yugyeom adalah maknae dari GOT7.

Dalam sebuah wawancara, Yugyeom menjelaskan bahwa JB-lah yang menyuruhnya untuk menjadi leader, ia pun akhirnya menyetujui tawaran tersebut.

8. Sungjae BTOB

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyatwitter.com/OFFICIALBTOB

Sejak debut di tahun 2012, Yook Sungjae menduduki posisi sebagai seorang maknae di BTOB. Agustus 2018, sang leader grup memulai masa wajib militer sehingga BTOB harus memilih ketua grup yang baru.

Mereka memilih leader dengan cara yang unik yaitu dengan bermain spinning wheel. Saat itu, Lee Minhyuk terpilih menjadi leader dan Sungjae tetap menjadi maknae.

BTOB sepakat ketika Minhyuk menjalankan wamil, mereka akan kembali bermain spinning wheel dan jika Sungjae kembali terpilih menjadi maknae dalam permainan tersebut, mereka akan otomatis menjadikan Sungjae sebagai leader baru.

Pada anniversary BTOB yang ketujuh di tahun 2019 lalu, mereka menepati janji dengan kembali memilih leader dan maknae menggunakan spinning wheel. Nama Sungjae kembali muncul sebagai maknae sehingga ia pun resmi menjabat sebagai leader BTOB sejak Maret 2019 hingga April 2020.

9. Arang Pink Fantasy

Kecil-kecil Cabe Rawit, 9 Maknae Ini Merangkap Jadi Leader di Grupnyainstagram.com/arang_official_md]

Baca Juga: 8 Leader Grup KPop yang Punya Badan Sangat Kekar, Makin Karismatik!

Ketika Pink Fantasy debut pada tahun 2018, Arang yang lahir pada tahun 2001 ini bukanlah seorang leader maupun maknae di grup tersebut. Aini yang merupakan member tertua terpilih menjadi leader, sedangkan posisi maknae ditempati oleh Heesun yang lahir di tahun 2005.

Heesun memutuskan untuk meninggalkan Pink Fantasy pada Oktober 2019 hingga membuat Arang menduduki posisi sebagai maknae. Sedangkan Aini keluar dari grup pada April 2020 dan Mydoll Entertainment juga mengonfirmasi bahwa Arang akan menggantikan posisi Aini sebagai leader di Pink Fantasy.

Nah, itulah maknae dari 9 grup KPop yang menjabat sebagai leader di grupnya masing-masing. Hebat ya, meski menjadi yang paling muda, mereka berani mengemban tanggung jawab sebagai seorang leader.

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya