Comscore Tracker

Kenal Lebih Dekat, yuk Sama Loudi 14U, Idol KPop Pertama Dari Indonesia

Ternyata benar Loudi memang menghabiskan masa kecil di Yogyakarta!

Beberapa waktu lalu, Loudi, salah satu member grup KPop 14U (dibaca: One For You) mengonfirmasi bahwa ia merupakan orang Indonesia. Kali ini, seorang Youtubers asal Korea yang sudah lama tinggal di Indonesia, Sunny Dahye kembali mendapat kesempatan untuk mewawancari Loudi. Setelah dalam video sebelumnya, Sunny mewawancarai Loudi bersama member 14U yang lain menggunakan bahasa Korea, kali ini mereka berbincang dengan menggunakan bahasa Indonesia .

Loudi merupakan Warga Negara Indonesia.

Kenal Lebih Dekat, yuk Sama Loudi 14U, Idol KPop Pertama Dari Indonesiayoutube

Dalam wawancara tersebut, Loudi mengungkapkan kalau sebenarnya dia berasal dari keluarga yang berketurunan China dan Korea. Neneknya-lah yang berasal dari Korea. Tapi, orangtuanya sudah resmi menjadi warga negara Indonesia dan Loudi pun lahir di Indonesia sehingga otomatis Loudi adalah seorang WNI secara hukum.

Ia berasal dari Yogyakarta.

Kenal Lebih Dekat, yuk Sama Loudi 14U, Idol KPop Pertama Dari Indonesiainstagram/14u.official

Sudah 3 tahun tidak pulang ke Indonesia, bukan berarti Loudi melupakan negara asalnya, ia sangat rindu dengan masakan Padang, terutama rendang. Loudi lahir tanggal 13 April 1996 di Yogyakarta dan tumbuh besar di kota Tersebut. Ia mengaku kalau rumahnya berada di dekat Galeria Mall Yogyakarta. Sunny yang juga pernah berkuliah di Jogja pun langsung senang dan akhirnya mereka membicarakan tentang rumah makan Padang terenak di Jogja menurut mereka berdua.

Perjalanan karir Loudi di Korea.

Kenal Lebih Dekat, yuk Sama Loudi 14U, Idol KPop Pertama Dari Indonesiakpoprofile

Loudi menceritakan perjalanan karirnya sampai ia bisa menjadi idol k-pop pertama dari Indonesia. Awalnya, lelaki yang memiliki nama asli Edward Wen ini datang ke Korea untuk kuliah, ia mengambil kelas Bahasa Korea terlebih dahulu. Lalu ia pun bekerja di industri fashion. Dari situlah Loudi, yang mempunyai nama Korea Jihoon ini mendapat banyak kenalan dan akhirnya mendapat kesempatan untuk ikut casting dan terpilih menjadi member 14U. 14U debut tanggal 22 Juli 2017 dengan lagu "Very, Very, Very", saat ini mereka sedang dalam masa promosi di berbagai acara musik, dan akan memulai promosi di Jepang selama 3 bulan.

Keseruan Loudi menjadi idol KPop.

Kenal Lebih Dekat, yuk Sama Loudi 14U, Idol KPop Pertama Dari Indonesiaaminoapps

Menjadi member yang berasal dari luar Korea bukanlah hal yang mudah, ia butuh beradaptasi dengan budaya maupun bahasa yang berbeda. Loudi menceritakan keseruannya ketika menjadi idol di Korea, salah satunya adalah saat ia tampil di acara musik dan mulai lelah menyapa senior-seniornya, ia sampai salah berbicara hingga ditertawakan oleh member lain.

Penyanyi Indonesia favorit Loudi.

Kenal Lebih Dekat, yuk Sama Loudi 14U, Idol KPop Pertama Dari Indonesiatwitter

Loudi mengungkapkan siapa penyanyi Indonesia favoritnya, yaitu Raisa dan Agnes Monica. Ia menyukai Raisa selain karena wajahnya yang cantik, juga  karena jika ia mendengarkan lagu Raisa yang berjudul "Usai di Sini", Loudi merasa seperti dalam adegan drama korea yang berlatar di tengah hujan. Sementara alasan Loudi menyukai Agnes Monica karena Agnez Mo bisa sukses go internasional dan punya warna musik sendiri.

Tips untuk menjadi idol KPop.

Kenal Lebih Dekat, yuk Sama Loudi 14U, Idol KPop Pertama Dari Indonesiainstagram/14u.official

Loudi memberikan saran kepada orang Indonesia yang bermimpi menjadi idol k-pop sepertinya. Ia berkata:

"Kamu harus tahu apa yang kamu mau, dan kerja keras untuk menggapainya. Yang terpenting adalah jangan sampai menyerah dan jadilah dirimu sendiri. Kalau kamu lihat k-pop idol itu seru, syuting dan tampil di variety show, tapi sebenarnya di balik itu jadi idol itu banyak susahnya, seperti waktu latihan dan sebagainya."

Penonton mengomentari gaya bicara Loudi.

Kenal Lebih Dekat, yuk Sama Loudi 14U, Idol KPop Pertama Dari Indonesiainstagram/14u.official

Ini merupakan kali pertama Loudi diwawancarai sebagai idol k-pop dengan menggunakan bahasa Indonesia. Sudah 3 tahun tidak menggunakan bahasa Indonesia, banyak netizen yang mengomentari cara Loudi berbicara.

“Kok bahasa Indonesianya lebih lancar eonni (Sunny) yah daripada Loudi.” Protes akun Chandrika, mengingat Sunny adalah orang Korea dan Loudi orang Indonesia.

Hal yang sama pun disampaikan oleh Raisya Renata. “Pertanyaan kita udah kejawab semua, tapi btw Loudi kayak kurang lancar gitu bahasa Indonesianya. Apa takut salah? Kan biasanya ada privasi yang agensi juga ngelarang buat dikasih tau ke orang-orang.”

Selain komentar tentang bahasa Indonesia Loudi yang kurang lancar, banyak juga netizen yang mengomentari logat Loudi, misalnya akun youtube bernama  Dian Woro Ch Utomo “Video ini bukti bahwa logat Jawa susah ilang walaupun udah nyebrang lautan.”

“Medhok yah, Mas Loudi.” Tulis akun naen –dael.

Chizva juga ikut meninggalkan komentar “Loudi cara bicaranya campur aduk soalnya dia orang Jawa yang logatnya medhok tapi ini ngobrolnya pake bahasa Indonesia aksen Jakarta dan tercampur aksen Korea plus nyelip-nyelip bahasa Inggris, jadi gitu deh.”

Penasaran dengan logat Loudi? Yuk, ditonton video lengkapnya!

Amalia Larasanty Photo Community Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You