Comscore Tracker

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna One

Perjuangannya bikin terharu deh!

Meski kini jarang beraktivitas di Korea maupun di luar negeri, namun Wanna One masih tetap menjadi idola masyarakat. Terbukti dengan mereka yang masih menduduki peringkat kedua dalam brand reputation group KPop pada bulan September 2018.

Peringkat Wanna One memang selalu berada di posisi 3 besar sejak awal debut pada Agustus 2017 lalu. Kepopuleran Wanna One pun tak luput juga dari kesebelas membernya yang juga menarik perhatian banyak orang, salah satunya adalah Ha Sungwoon. 

Sungwoon lahir pada tanggal 22 Maret 1994, ia terkenal sebagai orang yang ramah, selalu ceria dan mudah berteman dengan siapapun. Ia juga dikenal memiliki suara yang unik, baik saat menyanyi maupun saat tertawa yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Idol yang dijuluki cloud atau "awan" ini diketahui sebagai salah satu member Wanna One yang sebelumnya pernah menjalani pahitnya berkarier di dunia hiburan Korea Selatan. Kini, ia memang tengah mencapai puncak karier bersama Wanna One, namun kisah perjuangan Sungwoon tak begitu saja dilupakan, baik oleh dirinya maupun oleh penggemar yang selalu mendukungnya.

1. Sungwoon hampir menjadi trainee di JYP Entertaiment

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Oneforever-young-hotshot.tumblr.com

Sungwoon tumbuh di sebuah keluarga sederhana, ia tinggal bersama kakeknya yang merupakan seorang petani di daerah Ilsan, Korea Selatan. Sungwoon mengaku bahwa sejak kecil ia sangat suka bernyanyi, oleh karena itulah ia mempunyai mimpi menjadi seorang artis.

Pada tahun 2010 lalu, Sungwoon mengikuti audisi di JYP Entertaiment, ia lolos di beberapa tahap hingga berhasil masuk ke putaran final. Namun sayangnya, ia gagal di babak final tersebut. 

2. Sungwoon merupakan member terakhir yang bergabung di Hotshot

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Onepinterest

Meski gagal menjadi trainee di JYP Entertainment, Sungwoon tak menyerah begitu saja. Ia tetap berusaha menggapai cita-citanya dengan mengikuti audisi di agensi lain. Sungwoon diterima di agensi Star Crew Entertainment melalui audisi menari.

Setelah menjalani masa pelatihan, akhirnya ia berhasil diperkenalkan sebagai member terakhir Hotshot yang saat itu akan debut pada 3 Oktober 2014. Walau diterima melalui audisi menari, namun di grup tersebut Sungwoon berposisi sebagai main vocal lho. 

3. Bisa dibilang, Hotshot termasuk grup yang tidak terlalu dikenal oleh publik

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Oneforever-young-hotshot.tumblr.com

Setiap trainee, pasti pernah membayangkan jika ia sudah debut nanti, hidupnya akan bahagia dan memiliki banyak penggemar. Namun, ternyata dunia hiburan tak semudah itu untuk ditaklukkan, tak semua trainee yang berhasil debut akhirnya dikenal oleh masyarakat.

Hotshot bukan termasuk idol yang banyak dikenal, Sungwoon bahkan mengaku bahwa terakhir kali mereka mendapat tawaran tampil di depan publik adalah pada awal tahun 2016. Hingga akhirnya, hal yang menyedihkan pun tiba, agensi mengumumkan bahwa Hotshot akan hiatus untuk sementara waktu.

4. Dengan kemampuannya bersosialisasi, ia berteman dengan para idol ternama

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Oneaminoapps.com

Menurut member Wanna One, Sungwoon merupakan orang yang apa adanya, tak pernah berpura-pura dan selalu mengatakan yang sebenarnya, ia pun sangat ramah kepada semua orang. Tak heran jika Sungwoon mempunyai banyak teman, ia bahkan mendapat julukan "social butterfly" yaitu sebutan untuk orang-orang yang bisa berteman dengan siapa pun.

Sungwoon tergabung dalam sebuah geng pertemanan bersama Kai EXO, Timoteo Hotshot, Taemin SHINee dan Jimin BTS. Geng ini sangat terkenal di kalangan KPopers karena kekompakan para anggotanya yang tetap bertahan sejak sebelum mereka sukses hingga saat ini mereka telah mencapai puncak kepopuleran.

Berteman dengan orang-orang yang sudah sukses adalah salah satu cara agar kita termotivasi untuk bisa mencapai kesuksesan seperti mereka. 

5. Sungwoon mengikuti acara survival karena ia merasa "gagal"

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Oneinstagram.com/produce101_official

Jika ada satu jalan yang tertutup, maka jalan lain akan terbuka. Kira-kira begitulah yang ada dipikiran Sungwoon ketika ia memutuskan untuk mengikuti acara survival karena grupnya yang tak kunjung dikenal orang. Ha Sungwoon bersama Noh Taehyun yang juga merupakan member Hotshot mengikuti program survival bernama Produce 101 Season 2.

Pasti sangat berat bagi Sungwoon untuk mengikuti program tersebut karena artinya ia harus kembali menjadi trainee dan berlatih keras melawan 100 peserta lainnya dengan berusaha menunjukkan bakat terbaiknya untuk bisa debut dalam grup baru.

Baca Juga: Dibilang Mirip, Ini 7 Fakta Ha Sungwoon Wanna One dan Jimin BTS

6. Sungwoon sempat dicaci karena menyebutkan nama sahabatnya

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Onetwitter.com/cloudsome_sw

Dalam acara tersebut, semua peserta diminta untuk mengisi biodata di kolom yang tersedia. Sungwoon menulis "bermain game bersama Ravi, Taemin, Kai dan Jimin" di kolom hobinya. Hal ini membuat banyak netizen menganggap bahwa Sungwoon sedang "numpang tenar" kepada para sahabatnya tersebut.

Karena hal ini pun Sungwoon mendapat berbagai kritikan pedas yang membuatnya menghapus nama sahabat-sahabatnya. Padahal, sebelum acara tersebut, nama Sungwoon pribadi memang sudah dikenal berteman dekat dengan mereka. Bahkan sejak awal acara, para sahabat Sungwoon seperti Kai, Jimin dan Ravi tak keberatan untuk menunjukkan dukungan mereka di sosial media agar semakin banyak orang yang mendukung Sungwoon.

7. Dalam Produce 101, Sungwoon tak pernah mendapat hal yang ia inginkan

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Onetwitter.com/cloudsome_sw

Sungwoon termasuk peserta di kelas A yang anggotanya saling memperebutkan posisi center. Tapi sayangnya, ia gagal menjadi center pertama dalam acara tersebut. Tantangan selanjutnya adalah ketika ia berada dalam babak evaluasi posisi. Awalnya, ia ingin mengambil posisi vokal dengan lagu Blackpink yang berjudul "Playing in Fire". Namun, kuota dalam lagu tersebut sudah penuh, hingga Sungwoon pun terpaksa memilih lagu lain.

Selanjutnya, ia dipilih penonton sebagai salah satu orang yang dinilai cocok untuk menyanyikan lagu "Never". Tapi karena dalam lagu tersebut memiliki terlalu banyak member, Sungwoon pun dipindahkan berdasarkan voting dari peserta lain.

Terakhir, Sungwoon juga dipindahkan dari lagu yang ingin ia nyanyikan di babak final. Namun beruntungnya, dalam lagu yang awalnya tidak diinginkan tersebut, ia berhasil menjadi center sekaligus vokalis utama yang membuat perhatian banyak orang tertuju padanya.

8. Sungwoon membuktikan bahwa ia tak hanya numpang tenar kepada sahabatnya

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Onetwitter.com/jinbutton

Sejak awal acara Sungwoon termasuk ke dalam trainee yang lolos di kelas A, penentuan kelas ini didasarkan pada bakat yang ia tunjukkan saat audisi. Saat itu, dari 101 peserta hanya ada 7 orang yang berhasil masuk ke kelas unggulan ini, dan salah satunya adalah Sungwoon yang sekaligus menjadi leader di kelas tersebut.

Sayangnya, ia bukan trainee yang terlalu terkenal di kalangan penonton, keberadaannya tertutup oleh banyak peserta lain yang lebih populer darinya. Namun akhirnya, ia mulai dikenal publik setelah di sebuah episode menampilkan video dirinya sedang menyanyikan lagu berjudul "In Front of Your House" milik Kim Bum Soo.

Meski video tersebut hanya berdurasi selama 8 detik, namun karena video inilah ia mulai dilirik banyak orang yang akhirnya menyadari bahwa suara Sungwoon memang sangat merdu. Karena hal ini pula, ranking Sungwoon naik dengan sangat drastis. Ia membuktikan bahwa dirinya tak hanya "numpang tenar" kepada para sahabatnya karena ternyata ia juga mempunyai talenta yang luar biasa.

9. Sama seperti ketika di Hotshot, Sungwoon juga merupakan member terakhir yang bergabung di Wanna One

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Onetwitter.com/cloudsome_sw

Dari 101 peserta yang mengikuti program Produce 101, hanya diambil 11 besar peserta dengan voting terbanyak di final yang akan debut. Ada 20 peserta yang masuk dalam babak final, tentunya semua menginginkan nama mereka akan terpanggil meski hanya menduduki peringkat ke-11.

Peringkat kesebelas adalah yang terakhir diumumkan. Saat itu, tersisa 10 peserta yang belum disebutkan namanya. Beruntungnya, nama Ha Sungwoon lah yang berhasil menjadi orang ke-11 sekaligus member terakhir yang berhasil debut bersama Wanna One pada tanggal 7 Agustus 2017 lalu.

Sama seperti ketika di Hotshot, Sungwoon juga dipercaya untuk mengisi posisi main vocal di Wanna One bersama Kim Jaehwan karena mereka dapat mencapai nada tinggi dengan mudah.

10. Akhirnya, ia berhasil meraih puncak kesuksesan bersama Wanna One

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Onetwitter.com/19940322_cloud

Setelah menjalani perjalanan karier yang berliku-liku dan penuh perjuangan, akhirnya Sungwoon bisa merasakan manisnya popularitas di dunia hiburan. Ia bisa merasakan dikenal banyak orang, mempunyai ribuan penggemar yang menyayanginya dan ia juga akhirnya merasakan lelahnya mempunyai jadwal manggung yang sangat padat.

Salah satu puncak kebahagiaan Sungwoon adalah saat Wanna One berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi di sebuah ajang penghargaan musik. Mereka bisa mengalahkan para seniornya yang juga masuk dalam kategori tersebut. Meski telah debut sejak tahun 2014, namun Sungwoon baru berkesempatan untuk datang ke acara tersebut pada tahun 2017 bersama Wanna One.

Selama ini, penggemar Sungwoon sangat jarang melihat ia menangis. Namun, di acara tersebut, Sungwoon akhirnya mengeluarkan air matanya karena terlalu bahagia bisa mendapat penghargaan yang sangat diimpikan semua idol.

11. Di mata member Wanna One, Sungwoon merupakan sosok yang sangat berharga

Penuh Lika-Liku, Ini 11 Kisah Perjalanan Karier Ha Sungwoon Wanna Onepictame.com

Sungwoon merupakan member tertua kedua, namun ia merupakan yang terpendek diantara yang lain. Ia juga merupakan sosok yang kuat dan tak kenal putus asa. Sungwoon berhasil melewati banyak rintangan hingga bisa berada di titik yang kini ia dapatkan.

Ia tak segan untuk membantu adik-adiknya dalam hal apapun, termasuk dalam hal sepele seperti mengangkatkan koper. Meski termasuk dalam hyung-line dan sudah pernah debut sebelumnya, Sungwoon dapat menyesuaikan diri dengan baik, ia bahkan menjuluki dirinya sebagai "hyung-baby".

Para member Wanna One berkata bahwa Sungwoon adalah seorang kakak yang sangat berharga. Oleh karena itu, mereka kadang menyebut Sungwoon dengan julukan "Our small and precious, Sungwoonie hyung". 

Tetap semangat, Ha Sungwoon. Semoga kesuksesan selalu menyertaimu!

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya