Comscore Tracker

Langka! 5 Grup KPop Ini Berhasil Dapat Julukan 'Rookie Grand Slam'

Sudah berprestasi di awal debutnya

Setiap grup KPop yang baru debut biasanya disebut “rookie” hingga grup tersebut berusia satu tahun. "Rookie Grand Slam" merupakan julukan untuk grup yang berhasil memenangkan penghargaan “Rookie of The Year” di 5 acara penghargaan musik terbesar di Korea yaitu MelOn Music Awards (MMA), Mnet Asian Music Awards (MAMA), Golden Disk Awards (GDA), GAON Chart Music Awards, and Seoul Music Awards (SMA).

Pemenang dari kategori tersebut ditentukan oleh kualitas grup, pencapaian yang diraih termasuk posisi chart hingga penjualan album, serta kekuatan fandom. Dari sepanjang sejarah musik KPop, hanya 5 grup di bawah ini yang berhasil menyandang predikat “Rookie Grand Slam”. Siapa saja ya? Scroll down, yuk!

1. SHINee (2008)

Langka! 5 Grup KPop Ini Berhasil Dapat Julukan 'Rookie Grand Slam'soompi.com

SHINee debut di bawah naungan SM Entertainment pada 25 Mei 2008 dengan merilis mini album berjudul Replay. Title track yang juga berjudul Replay debut pada posisi nomor 8 di tangga lagu Korea.

SHINee pun berhasil menjual lebih dari 17 ribu kopi album. Di tahun 2008, jumlah tersebut merupakan angka yang cukup besar bagi idol yang baru memulai debutnya. Grup yang awalnya digawangi oleh 5 member ini sukses mendapat banyak penghargaan di satu tahun awal debutnya.

2. iKON

Langka! 5 Grup KPop Ini Berhasil Dapat Julukan 'Rookie Grand Slam'instagram.com/withikonic

7 tahun setelah SHINee debut, akhirnya ada lagi grup yang berhasil mendapat julukan “Rookie Grand Slam”. Mereka adalah iKON, boygroup yang awalnya debut dengan 7 member pada tahun 2015. Sebelum resmi debut, iKON diperkenalkan melalui program survival buatan YG Entertainment yang berjudul WIN: Who is Next sebagai "Tim B" dan juga Mix & Match.

Di album debutnya, iKON sudah berhasil menduduki posisi teratas di Gaon Album Chart dan lagu-lagunya pun mencapai peringkat tinggi dalam tangga musik Korea Selatan. Album pertama mereka yang berjudul Welcome Back berhasil terjual sebanyak lebih dari 260.000 kopi.

iKON juga berhasil menggelar konser perdana pada 3 Oktober 2015 dengan dihadiri sekitar 13.000 penonton.

Baca Juga: Masih Rookie, 7 Grup KPop Ini Ternyata Memproduksi Musik Sendiri! 

3. Wanna One

Langka! 5 Grup KPop Ini Berhasil Dapat Julukan 'Rookie Grand Slam'twitter.com/WannaOne_twt

Wanna One merupakan boygroup yang terbentuk melalui program survival berjudul Produce 101 Season 2. Mereka resmi debut pada 7 Agustus 2017 di bawah naungan YMC Entertainment dengan mini album berjudul 1X1=1(TO BE ONE). Total penjualan album pertama mereka mencapai lebih dari 740.000 kopi, sedangkan title track-nya berhasil menempati posisi pertama di seluruh tangga musik Korea hanya dalam waktu 1 jam sejak dirilis.

Bersamaan dengan hari debutnya, mereka juga menggelar showcase "Wanna One Premiere Show-Con" yang dihadiri sekitar 20.000 penonton. Grup yang berisi 11 member ini telah membintangi 16 produk selama tahun 2017 sehingga mereka berhasil menduduki posisi nomor 1 di Brand Reputation Boygroup selama 4 bulan berturut-turut sejak debut.

Dengan semua pencapaian yang telah diraih, sayangnya kontrak Wanna One telah berakhir pada 31 Desember 2018 lalu.

4. TXT

Langka! 5 Grup KPop Ini Berhasil Dapat Julukan 'Rookie Grand Slam'twitter.com/TXT_bighit

TXT merupakan grup pertama yang debut di bawah naungan BigHit Entertainment setelah BTS debut 6 tahun sebelumnya. TXT resmi memulai karir mereka pada 4 Maret 2019 dengan album bertajuk The Dream Chapter: Star.

Title track-nya yang berjudul Crown, berhasil memecahkan rekor sebagai MV debut boygroup terbanyak, yaitu mencapai 14,5 juta views dalam 24 jam. Album debut mereka juga menduduki peringkat tinggi di Gaon Album Chart dan Billboard World Albums Chart. TXT pun duduk di peringkat pertama dalam Billboard Emerging Artist hingga membuat mereka berhasil menjadi grup KPop pria tercepat dan tertinggi yang muncul di charts Billboard.

5. ITZY

Langka! 5 Grup KPop Ini Berhasil Dapat Julukan 'Rookie Grand Slam'twitter.com/ITZYofficial

Jika TXT adalah “raja rookie” di tahun 2019, ITZY adalah “ratunya”. ITZY berhasil menjadi satu-satunya girlgroup yang mendapat julukan “Rookie Grand Slam”. Mereka debut di JYP Entertainment pada 11 Februari 2019 dengan merilis album bertajuk  It'z Different.

Title track-nya yang berjudul Dalla-Dalla masuk di nomor 2 pada World Digital Song Sales chart. Dengan lagu tersebut, ITZY juga memegang rekor sebagai KPop grup yang memiliki penonton MV debut terbanyak, yaitu mencapat 17,1 juta dalam 24 jam.

Pada 21 Februari atau 8 hari setelah debut, ITZY mendapatkan kemenangan pertamanya di acara musik sekaligus memegang rekor sebagai girlgroup yang mendapat first win tercepat.

Nah, itulah 5 grup KPop yang berhasil memenangkan kategori "Rookie of The Year"  di 5 acara penghargaan musik terbesar di Korea. Apakah ada idolamu?

Baca Juga: 5 Idol KPop yang Debut Sebagai Solois sebelum Bergabung Grup

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya