Comscore Tracker

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy 

Membuka luka lama? #IDNTimesHype

Serial Grey's Anatomy merupakan medical drama yang berpusat pada kehidupan kerja dan pribadi sebagai ahli bedah di Seattle Grace Hospital. Serial ini mulai meluncurkan musim pertamanya pada tahun 2005 dan akan memasuki musim yang ke-18 dalam waktu 1 bulan tepatnya pada September 2021.

Alur cerita selama 17 season yang telah tayang, membawa para penggemar dalam perasaan yang pasang surut. Begitu banyak momen indah dalam persahabatan, lelucon, keberhasilan, dan pencapaian. Namun, banyak pula momen menyedihkan, bahkan tragis yang tidak hanya terjadi terhadap pasien yang dirawat, tetapi menimpa para dokter yang bekerja di rumah sakit.

Inilah 8 karakter dokter yang berakhir tragis dalam serial Grey's Anatomy yang akan selalu membekas bagi penggemar serial ini.

1. George O'Malley

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy greysanatomy.fandom.com/Arizona Torres

George O'Malley atau yang lebih sering dipanggil O'Malley diperankan oleh T.R. Knight. Pada akhir season 5, George telah memutuskan untuk bergabung dalam tentara sebagai ahli bedah trauma.

Sehubungan dengan keputusan ini, Richard Webber memberi izin kepada George pada hari terakhir ia bekerja di Seattle Grace untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya. Bersamaan di hari itu, RS kedatangan pasien John Doe (tanpa identitas) yang terluka amat parah sehingga sulit untuk dikenali akibat melompat ke depan bus untuk menyelamatkan nyawa seorang perempuan.

Karena suatu hal, akhirnya rumah sakit digemparkan dengan fakta bahwa John Doe adalah George. Para dokter berusaha menyelamatkan nyawanya, tapi George pada akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

2. Reed Adamson

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy fandom.com/Kates 39

Reed Adamson adalah seorang residen bedah yang ditransfer dari Mercy West Hospital setelah terjadinya merger.

Pada episode akhir musim ke-6, Seattle Grace Mercy West Hospital terancam saat suami dari seorang pasien yang tewas di rumah sakit membawa pistol untuk membalas dendam kepada dokter yang merawat istrinya. Saat Reed sedang mengambil persediaan untuk merawat pasien, penembak tersebut menghampirinya dan meminta untuk mengantarkannya ke ruangan Derek Shepherd.

Namun, Reed menolak dengan mengatakan bahwa ia tidak tahu dan ia bukanlah pemandu jalan. Karena berkata demikian, ia kemudian ditembak tepat di kepala dan seketika meninggal dunia. Reed menjadi korban pertama dari peristiwa penembakan tersebut.

3. Charles Percy

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy greysanatomy.fandom.com/Tooniee

Charles Percy adalah seorang residen bedah yang ditransfer dari Mercy West Hospital setelah terjadinya merger. Peristiwa penembakan yang terjadi pada Seattle Grace Mercy West Hospital di episode akhir musim ke-6 tak hanya menewaskan Reed Adamson, tetapi juga Charles Percy.

Dalam pencarian yang dilakukan, penembak tersebut menyerang dokter lain bahkan membuat geger pasien yang lain. Saat itu Percy dan Bailey sedang berada di ruang pasien Mary Portman dan mengetahui bahwa penembak akan segera mendekat. Sehingga Percy bersembunyi di kamar mandi, Bailey bersembunyi di bawah tempat tidur, dan Mary berpura-pura mati di tempat tidur.

Sayangnya, saat penembak masuk ia mendengan suara dari kamar mandi dan mendapati Percy kemudian menanyakan profesinya yang dijawab "ahli bedah" oleh Percy. Saat itulah ia ditembak. Setelah itu, Bailey dan Mary berusaha mengobati Percy. Namun, banyak halangan untuk pengobatan lebih lanjut yang mengakibatkan Charles Percy meninggal dunia. 

4. Lexie Grey

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy greysanatomy.fandom.com/Nerdfightergirl

Lexie Grey adalah seorang residen ahli bedah di Seattle Grace Mercy West Hospital. Ia adalah saudari tiri dari Meredith Grey yang telah lebih dulu berada di rumah sakit itu.

Pada episode akhir musim ke-8, Lexie bersama dengan Derek, Mark, Arizona, Meredith dan Cristina ditugaskan untuk melakukan operasi pemisahan pada bayi kembar siam di rumah sakit lain yang mengharuskan mereka menggunakan pesawat.

Namun, mereka mengalami kecelakaan pesawat dan Lexie terluka parah, setengah badannya tertindih bagian pesawat. Karena kondisi yang mengenaskan, tak lama setelah ia berbincang dengan Mark, Meredith dan Cristina, ia pun meninggal dunia tanpa sempat diberikan pertolongan.

Baca Juga: 9 Pesona Alex Landi, Pemeran Dokter Nico di Serial Grey's Anatomy  

5. Mark Sloan 

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy Grey's Anatomy: 25 Things Wrong With Mark Sloan We All Choose To Ignore (screenrant.com/Saim Cheeda)

Mark Sloan adalah kepala bedah operasi plastik di Seattle Grace Mercy West Hospital. Pada episode akhir musim ke-8, Mark bersama dengan Derek, Lexie, Arizona, Meredith dan Cristina ditugaskan untuk melakukan operasi pemisahan pada bayi kembar siam di rumah sakit lain yang mengharuskan mereka menggunakan pesawat.

Namun, mereka mengalami kecelakaan pesawat dan Mark pada awalnya hanya mengalami cedera ringan. Namun, setelah Lexie meninggal, keadaannya semakin memburuk dan ternyata mengalami masalah jantung yang mengharuskan Cristina dan Meredith melakukan prosedur di hutan.

Mark bertahan lama hingga mereka mendapatkan pertolongan dan perawatan di rumah sakit. Setelah itu, ia dipindahkan ke Seattle Grace Mercy West Hospital  dan mengalami koma selama 1 bulan. Kemudian ia sadar sebentar dan kembali koma.

Saat itulah, Derek dan Callie merasa Mark sudah tiada dan memutuskan untuk melepas alat penunjang hidupnya. Karena kecelakaan pesawat yang dialami menyebabkan Lexie Grey dan Mark Sloan meninggal dunia, juga karena beberapa kejadian setelahnya, Seattle Grace Mercy West Hospital  berubah nama menjadi Grey Sloan Memorial Hospital.

6. Heather Brooks

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy greysanatomy.fandom.com/Tooniee

Heather Brooks adalah seorang intern atau dokter magang di Grey Sloan Memorial Hospital bersama dengan Edwards, Shane, Murphy, dan Jo.

Pada episode akhir musim ke-9, RS mengalami krisis akibat badai besar yang menyebabkan kekacauan di rumah sakit. Salah satu kekacauan itu adalah matinya listrik yang mengganggu pengobatan. Richard Webber membantu memperbaiki listrik di basement namun mengalami kecelakaan yang menyebabkan ia jatuh dan tak dapat bergerak. Sementara situasi rumit, para dokter mencari Richard Webber dan meminta Shane untuk mencari Richard di basement. Namun, karena ia ingin ikut mengoperasi bersama Derek, maka ia meminta Brooks untuk mencari Webber ke basement agar ia dapat menggantikan Brooks untuk operasi bersama Derek.

Sesampainya Brooks di basement, ia berusaha menyelamatkan Richard namun ia terpeleset air yang sudah dijalari aliran listrik sehingga ia terjatuh dan kepalanya terbentur keras. Ia sempat di operasi, namun gagal untuk diselamatkan. 

7. Derek Shepherd

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy greysanatomy.fandom.com/Tooniee

Derek Shepherd adalah ahli bedah saraf terkenal yang bekerja di Grey Sloan Memorial Hospital. Ia adalah suami dari Meredith Grey dan memiliki 3 anak yakni Zola, Bailey, dan Ellis.

Pada episode akhir musim ke-11, ia dalam perjalanan ke Washington D.C. untuk membatalkan kontrak kerja agar dapat tetap bersama Meredith di Grey Sloan Memorial Hospital.

Namun, dalam perjalanannya ia melihat kecelakaan dijalan dan berusaha untuk membantu. Setelah korban pergi ke rumah sakit menggunakan ambulance, ia kemudian kembali ke mobil untuk melanjutkan perjalanan. Ketika ia mencari handphone yang terjatuh, ia tertabrak mobil dan mengalami cedera yang serius. Setelah dilarikan kerumah sakit, ia mendapatkan penanganan yang buruk yang menyebabkan ia meninggal dunia.

8. Andrew DeLuca

8 Karakter Dokter yang Berakhir Tragis di Serial Grey's Anatomy greysanatomy.fandom.com/Tooniee

Andrew DeLuca adalah salah satu dokter bedah umum yang bekerja di Grey Sloan Memorial Hospital. DeLuca mengalami ketidakstabilan mental yang membuatnya bermasalah dan menjadi tidak dipercaya bahkan ia dianggap bereaksi terlalu berlebihan dengan mencurigai seorang wali pasien sebagai human trafficker.

Belakangan diketahui ternyata kecurigaan itu benar namun wali pasien tersebut telah pergi. Pada episode 7 musim ke-17, ia kembali melihat human trafficker yang dulu bermasalah dengannya. Ia memutuskan untuk mengejarnya, namun ia diserang sehingga terluka parah.

Ia berhasil melewati operasi namun kemudian mengalami kompresi jantung dan gagal diselamatkan. DeLuca datang ke mimpi Meredith ketika Meredith koma dan berpamitan untuk pergi bersama ibunya yang telah lebih dahulu meninggal dunia. 

Semua karakter pasti sangat berkesan, namun manakah karakter yang amat sangat membuat kalian sebagai penggemar terpukul? Mari berharap di season ke-18 di semester mendatang, tidak ada karakter yang berakhir tragis lagi, ya.

Baca Juga: 6 Pasangan Paling Kompak dan Romantis di Serial Grey's Anatomy

Amelia Chintia Photo Writer Amelia Chintia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya