Comscore Tracker

10 Film & Serial yang Menggantung tanpa Penjelasan

Sepertinya tidak akan pernah terselesaikan #IDNTimesHype

Cliffhanger (akhir kisah menggantung) adalah salah satu senjata terpenting dari seorang penulis novel fiksi ataupun skenario film, biasanya trik ini akan menjadi senjata mereka untuk membuat para pembaca atau penonton antusias dalam karya tersebut.

Jika dilakukan dengan benar, mereka bisa membuat penonton terengah-engah, dan membuat penasaran dengan apa yang terjadi selanjutnya. Sayangnya, ada juga banyak cliffhanger yang tidak pernah terselesaikan, membuat penggemar menggantung dengan kisah tersebut. Film-film apa saja ya itu? 

1. Spider-Man: The Animated Series

10 Film & Serial yang Menggantung tanpa Penjelasanreelgood.com

Saat ini, Marvel Studios menjadi salah satu pembuat film terkuat dan filmnya sering kali ditunggu-tunggu, tapi di tahun 90-an, Marvel Comics menghadapi masa-masa yang jauh lebih sulit, dan bahkan memiliki potensi mengalami kebangkrutan. Ada salah satu film animasi Marvel yang mendapatkan antusias meriah, yakni Spider-Man: The Animated Series. Setelah empat tahun menikahi Mary-Jane, Peter Parker akhirnya mengetahui bahwa Mary-Jane yang dinikahinya adalah sosok tiruan, dan MJ aslinya dilemparkan ke portal antar-dimensi oleh Green Goblin.

Spidey bergegas menyelamatkan MJ, tetapi kisahnya berhenti sampai di situ. Serial ini akhirnya menjadi korban kegagalan Marvel terkait masalah bisnis yang kacau balau. Karena ingin mendapatkan keuntungan, seri itu dilisensikan kepada Fox untuk membantu Marvel menjual lini mainannya. Ari Avad dari Marvel berselisih dengan Margaret Loesh dari Fox Kids, yang meminta serial itu dibatalkan.

Kisah Spidey untuk menemukan MJ di kolonial Inggris dibatalkan, dan menurut Hollywood Reporter, penulis serial John Semper Jr. meminta maaf karena membuat penonton trauma dengan akhir kisah yang menggantung tersebut. Adapun Marvel, studio itu berhasil bangkit dari malapetaka dan berubah menjadi studio terbesar berkat kerja samanya dengan Disney.

2. The Planet of the Apes (2001) 

https://www.youtube.com/embed/g9ZJ0F8Ik9E

The Planet of the Apes tahun 2001 karya Tim Burton, mengisahkan tentang aktor Mark Wahlberg yang melakukan perjalanan melalui portal waktu untuk menyelamatkan sebuah pod luar angkasa yang dikemudikan oleh simpanse, namun ia terjebak di planet yang dihuni oleh kera-kera cerdas.

Wahlberg mendarat di kota yang mirip seperti Washington, DC. Dia juga melihat monumen memorial Lincoln yang wajahnya mirip seperti kera. Pendaratannya pun diketahui oleh polisi kera. Wahlberg kebingungan dan tidak tahu apa yang terjadi.

Burton mengatakan bahwa film ini tak terselesaikan atau menggantung karena biaya pembuatan film yang tidak dipenuhi oleh studio Fox. Burton ingin membuat sekuel film ini, namun Fox tidak menyetujuinya. Padahal, film ini menghasilkan lebih dari 360 juta dolar AS di box office. Dilansir dari laman Vulture, alih-alih membuat sekuelnya, The Planet of the Apes justru di-reboot ulang oleh franchise tersebut satu dekade kemudian.

3. My Name is Earl 

10 Film & Serial yang Menggantung tanpa Penjelasanfanart.tv

Serial My Name is Earl cukup sukses. Tetapi jika kamu menonton akhir filmnya, pasti kamu tahu bahwa Jason Lee tidak pernah menyelesaikan akhir film tersebut,  dan membuatnya menggantung. Setelah empat musim, penonton disajikan tulisan "To Be Continued" literal, yang menjanjikan untuk mengungkap asal usul Earl.

Masalahnya pun seputar dengan biaya pembuatan film yang besar untuk musim kelima, NBC pun memilih untuk tidak melanjutkannya. Menurut LA Times, pencipta serial, Greg Garcia, kecewa dengan hal tersebut. TBS berusaha untuk mengambil seri tersebut, tetapi lagi-lagi terbentur dengan masalah keuangan.

4. Terminator: The Sarah Connor Chronicles

https://www.youtube.com/embed/i0fXTDI1egY

Serial perjalanan waktu Terminator: The Sarah Connor Chronicles, berakhir pada sebuah cliffhanger yang menghapus seluruh alur cerita Terminator. Di akhir film, John Connor dikirim ke masa depan, yang berarti dia tidak menyelesaikan misinya (menghentikan Hari Penghakiman) di masa sekarang. Walhasil, tidak ada orang di masa depan yang mengetahui tentang dia, dan begitulah seri berakhir: penyelamat umat manusia yang direduksi menjadi anonimitas. 

Alih-alih memberi Sarah kesempatan untuk memperbaiki paradoks waktu ini, Fox langsung membatalkan filmnya. Menurut Syfy, Fox menganggap bahwa film itu terlalu mahal. Situs web Cliqueclack meminta penjelasan kepada pencipta serial, yakni John Friedman terkait akhir kisah film tersebut, namun dia menolaknya mentah-mentah.

5. 28 Weeks Later

https://www.youtube.com/embed/0w5OTV2KVrk

28 Days Later memiliki serial berjudul 28 Weeks Later, yang berakhir menggantung. Di akhir minggu, para penyintas yang melarikan diri dari London menggunakan helikopter, dikejar oleh zombie, dan kamera memperlihatkan Menara Eiffel. Wabah telah menyebar ke Paris dan mungkin akan segera menyebar ke seluruh Prancis dan seluruh Eropa. Sayangnya, hingga saat ini, tidak ada yang menindaklanjuti plot masif ini. 

Alex Garland, yang menulis 28 Days Later membenci sekuel 28 Weeks Later ini, ia tidak tertarik untuk kembali ke dunia zombi-nya. Selain itu, seperti yang dia jelaskan dalam wawancara 2010 dengan Worst Previews, hak untuk 28 Days Later (dan mungkin, franchise-nya) dibekukan. Dalam wawancara tahun 2015 dengan IndieWire, Garland menjelaskan bahwa Fox bersama sutradara Danny Boyle, dan produser Andrew McDonald, yang memiliki gagasan untuk membuat sekuel ini. Namun, tidak ada kabar kapan atau apakah sekuel ini akan menghiasi bioskop.

Baca Juga: Bikin Kecanduan! Ini 10 Serial Netflix Original Terpopuler Selama 2020

6. Hannibal 

10 Film & Serial yang Menggantung tanpa Penjelasanbusinessinsider.com

Hannibal Lecter dibuat serialnya oleh NBC, namun serial itu dicabut pada 2015 setelah tiga musim tayang. Deadline melaporkan bahwa penyebabnya adalah rating yang rendah. Sayangnya, pemutusan ini terjadi sebelum alur cerita dari seri ini selesai, meninggalkan para penonton dengan gambar terakhir Will Graham, detektif yang berkelahi dengan Lecter, lalu diakhir perkelahian mereka saling merangkul dan keduanya terjatuh dari tebing.

Kamera pun seolah menggambarkan bahwa mereka berdua selamat, karena tidak ada jejak tubuh yang terhempas. Ini menimbulkan pertanyaan penonton, apakah mereka bertahan atau tewas? Bryan Fuller ingin menjual serial itu ke jaringan lain, namun sepertinya belum ada yang cocok. 

7. Amazing Spider-Man 2

https://www.youtube.com/embed/02S6ucfp1sU

Franchise Amazing Spider-Man 2  yang dibintangi Andrew Garfield terhenti di tengah jalan, dan Tom Holland mengambil alih Wall Crawler ini di Homecoming. Hal terakhir yang kita lihat di Amazing Spider-Man 2 adalah karakter Rhino, dia meneror Kota New York, Spidey melompat ke medan pertempuran untuk melawannya, dan layar pun menjadi hitam.

Menurut Hollywood Reporter, rencananya ASM3 dan ASM4 akan dilanjutkan ceritanya. Menurut Deadline, rencananya Sony akan membuat film Spidey, film Sinister Six, dan film Venom. Sayangnya, ASM2 tidak sebagus yang ia harapkan, dan Sony mencari kesepakatan dengan Marvel untuk membawa Spidey ke arah yang baru.

8. Deadwood 

10 Film & Serial yang Menggantung tanpa Penjelasancollider.com

Deadwood, serial HBO Western adalah serial yang sangat vulgar dan penuh kekerasan, namun justru berakhir dengan kisah non-kekerasan dan ambigu. Pertarungan yang telah lama ditunggu antara baron George Hearst dan kota Deadwood berakhir tidak sesuai ekspektasi, Hearst mundur dan pergi, tetapi ia memaksa Al Swearengen untuk membunuh seorang wanita. Terakhir, Swearengen terlihat sedang membersihkan darahnya dari lantai, mencoba menutupi kejahatannya. Apakah dia akan mengungkapkan kejahatannya? Tidak ada yang tahu, karena HBO tidak akan melanjutkan kisahnya. 

Rating Deadwood cukup baik, namun biaya produksinya cukup mahal. Seperti yang dilaporkan TVSeriesFinale, HBO kahawatir karena pencipta Deadwood, David Milch, mengerjakan serial HBO yang lain, dan HBO tidak yakin bahwa mereka bisa berkomitmen untuk memproduksi kisah Deadwood.

9. Survivor 

https://www.youtube.com/embed/54PUhMEZDp0

Survivor dari BBC menampilkan premis tentang populasi Bumi yang hampir musnah oleh flu super yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Serial ini berlangsung selama dua musim, di episode terakhir, karakter Tom, mantan narapidana bersembunyi di pesawat perusahaan yang mencoba melarikan diri - Tom berniat untuk membalas dendam terhadap oknum perusahaan tersebut. Namun, kisahnya tak pernah dilanjutkan. 

BBC menghentikan serial tersebut dengan alasan ingin menampilkan drama lain. Dikutip dari Gizmodo, apalagi, musim kedua sempat tertunda akibat wabah flu burung yang menyebar di seluruh dunia.

10. The River

https://www.youtube.com/embed/UhB8kKVWgTw

Serial ini mengikuti seorang penjelajah terkenal bernama Emmet Cole yang menghilang di Amazon, keluarganya pun berlayar menyusuri Sungai Amazon untuk menemukannya dalam serial ABC di 2012 The River, yang tidak lain diproduseri oleh Steven Spielberg dan Orel Peli. Serial ini menampilkan kutukan mistis dan roh jahat. Penayangan perdananya memiliki rating yang cukup bagus, tetapi seiring waktu penonton tidak tertarik lagi dengan serial ini. 

Mereka menyelamatkan Emmet dan melarikan diri dari Amazon, namun pelarian mereka cukup sulit, mereka tidak berdaya saat roh Amazon, Boiuna, menjebak mereka di sungai itu sendiri tanpa jalan keluar. Itulah sebabnya serial ini akhirnya tenggelam setelah hanya delapan episode tayang.

Dari 10 film atau serial di atas, mana yang sudah kamu tonton? Geregetan gak sih kalau lagi asyik sama jalan ceritanya, tapi akhirnya harus menggantung, tanpa penjelasan juga lagi. 

Baca Juga: 13 Kejadian Unik di Balik Layar Pembuatan Serial Game of Thrones

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Killing my time with arts, literature, phraseology, visualization, and manipulate. https://ameliasolekha.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya