Comscore Tracker

5 Pesan Tersirat soal Toxic Relationship di MV 'Love Me Harder' WOODZ

Kira-kira apa lagi ya pesan tersirat di MV Love Me Harder? 

Setelah lama dinantikan oleh para penggemar, tanggal 29 Juni 2020 kemarin Cho Seungyoun yang kini berkarier sebagai soloist bernama panggung WOODZ akhirnya resmi merilis MV ‘Love Me Harder’ yang merupakan title track dalam album perdananya yang berjudul ‘EQUAL’.

Punya MV yang sinematik dan pesan yang dalam, gak sedikit penonton yang akhirnya dibuat takjub dengan plot twist yang ada di dalam MV-nya, lho! Dan karenanya, banyak banget yang mencoba membahas tentang teori hingga pesan-pesan tersirat yang ada di dalam MV ‘Love Me Harder’ ini.

Nah buat kamu yang penasaran, yuk simak apa saja pesan tersirat yang ada di dalam MV ‘Love Me Harder’ di bawah ini!

1. ‘Love Me Harder’ sebenarnya menceritakan tentang sebuah romantisasi berlebihan dalam suatu hubungan 

5 Pesan Tersirat soal Toxic Relationship di MV 'Love Me Harder' WOODZyoutube.com/CJENMMUSIC

Meski kerap dianggap punya lirik yang manis dan quote-able, tapi kira-kira kamu sadar gak sih kalau sebenernya lirik lagu ‘Love Me Harder’ ini memiliki interpretasi ganda?

Nah, kalau kita coba cermati lagi sebenarnya ada beberapa bukti bahwa lagu ‘Love Me Harder’ ini merupakan bentuk sebuah romantisasi berlebihan dalam suatu hubungan, lho! Beberapa bukti itu tertulis secara implisit dalam penggalan beberapa lirik dalam lagu ‘Love Me Harder’ ini.

Bukti pertama ditandai dengan bagaimana Seungyoun secara implisit memaknai hubungannya sebagai suatu hal yang hebat dan mengesankan. Hal ini terletak pada lirik yang berbunyi :

Just look at us, galaxy

Sementara bukti yang kedua ditandai dengan bagaimana uniknya Seungyoun menyimbolkan hubungannya dengan pasangannya yang terletak pada lirik yang berbunyi :

Our sign is blue, other people love is red

Seperti yang kita tau, warna merah sering disimbolkan sebagai suatu hal yang romantis sehingga kebanyakan orang menggunakan warna merah untuk menggambarkan sebuah perasaan cinta. Meski begitu, Seungyoun sendiri memilih warna biru yang memiliki arti cinta yang dalam dan stabil untuk menyimbolkan perasaan cinta antara dirinya dan pasangannnya.

Dengan kedua penyimbolan ini, Seungyoun pun pada akhirnya justru jadi terlalu meromantisasi hubungannya dan pasangannya. Hal ini membuatnya lantas menganggap bahwa perbedaan antara hubungannya dan hubungan orang-orang lain adalah suatu hal yang bagus dan wajar.

Padahal pada kenyataannya perbedaan ini justru dikarenakan hubungannya adalah sebuah hubungan yang gak sehat.

2. ‘Love Me Harder’ sebenarnya menceritakan tentang toxic relationship yang juga destruktif

5 Pesan Tersirat soal Toxic Relationship di MV 'Love Me Harder' WOODZyoutube.com/CJENMMUSIC

Buat kamu yang sudah nonton MV ‘Love Me Harder’, kamu pasti udah paham banget kalau lagu ini sebenarnya menceritakan tentang sebuah hubungan yang gak sehat. Hal ini sudah digambarkan melalui scene dimana Seungyoun dan pasangannya sempat bertengkar hebat di dalam mobil.

Selain itu, hal ini juga ditunjukkan secara eksplisit lewat scene terakhir di dalam MV ini dimana pasangan Seungyoun justru berkhianat dengan membunuh Seungyoun. Gak cuma itu aja, bahkan pasangan Seungyoun ini juga membersihkan semua bukti pembunuhan dan merekayasanya seakan-akan ini adalah sebuah kasus bunuh diri.

Meski begitu, tau gak sih kalau sebenernya petunjuk tentang hubungan yang gak sehat ini gak cuma dijelaskan dari kedua scene itu aja?

Lewat video dokumenter pembuatan album ‘EQUAL’ yang Seungyoun unggah pada kanal YouTube-nya, ternyata lagu ‘Accident’ juga berhubungan erat dengan ‘Love Me Harder’ ini. Dan karenanya, bentuk ketidaksehatan hubungan Seungyoun dan pasangannya juga ikut dijelaskan dalam lirik lagu ‘Accident’ yang berbunyi :

In the night you see me falling, I’m dying for you again. Oh, this is what you wanted, I don’t want you to break me down

Bagian ini menceritakan tentang perjuangan Seungyoun selama menjalani hubungannya yang tak sehat ini. Pasangannya selalu ingin melihat Seungyoun memperjuangkannya dan merelakan banyak hal atas nama cinta sehingga hal itu pada akhirnya hanya menyakiti Seungyoun secara mental dan fisik.

Selain itu, tidak sehatnya hubungan ini juga ditandai dengan lirik lagu ‘Accident’ yang berbunyi :

Tell me honestly baby, I just wanna know who you are

Dimana hal ini berarti hubungannya yang terasa tak sehat ini bahkan membuat Seungyoun merasa kebingungan dengan perubahan watak pasangannya dimana ia bisa terlihat baik tetapi kadang juga jahat kepada Seungyoun. Sehingga pada akhirnya hal ini membuat Seungyoun kerap kali merasa tak bisa mengenali pasangannya sendiri.

3. ‘Love Me Harder’ menceritakan tentang seseorang yang kerap dibutakan oleh cinta dan terjebak dalam self blaming

5 Pesan Tersirat soal Toxic Relationship di MV 'Love Me Harder' WOODZyoutube.com/CJENMMUSIC

Salah satu hal yang paling mencolok dari MV ‘Love Me Harder’ ini adalah bagaimana Seungyoun tampil sebagai dua orang yang berbeda. Gak sedikit yang memaknai hal ini sebagai suatu perwujudan alter ego atau sisi lain dari diri Seungyoun, tapi gak sedikit juga yang memaknai hal ini sebagai grim reaper atau sosok malaikat pencabut nyawa.

Pada awalnya, Seungyoun sempat kebingungan saat melihat ada banyak polisi yang tengah menginvestigasi lokasi kejadian dimana ia dibunuh. Meski begitu, ia tak bisa mengingat sama sekali apa yang sebelumnya terjadi dan justru menyalahkan sang alter ego ataupun grim reaper ini sebagai dalang dari semuanya—yang mana ia meyakini bahwa dialah yang membunuh dirinya sendiri.

Ia tak berniat sama sekali untuk menyalahkan pasangannya dan memilih untuk menyalahkan dirinya sendiri. Hal ini dikarenakan cinta yang Seungyoun miliki kepada pasangannya sangatlah besar dan tulus sehingga hal ini justru membutakannya dari kenyataan yang ada.

Dan sama seperti poin sebelumnya, hal ini juga sempat dijelaskan pada lirik lagu ‘Accident’ tepatnya pada bagian yang berbunyi :

I know it’s an accident, it’s not your fault

Dimana bagian ini berarti Seungyoun mencoba mempercayai bahwa kematiannya itu bukanlah kesalahan yang diperbuat oleh pasangannya. Dan walaupun pada akhirnya hal ini benar dilakukan oleh pasangannya, Seungyoun tetap ingin mempercayai bahwa hal itu terjadi karena kecelakaan saja dan bukan suatu hal yang dilakukan secara sengaja.

Baca Juga: Baru Rilis, Ini Lirik Lagu Love Me Harder dari Woodz alias Seungyoun

4. ‘Love Me Harder’ menceritakan tentang sebuah hubungan yang berawal baik namun pada akhirnya justru menyakiti 

5 Pesan Tersirat soal Toxic Relationship di MV 'Love Me Harder' WOODZyoutube.com/CJENMMUSIC

Seperti hubungan pada umumnya, hubungan yang dimiliki Seungyoun dan pasangannya ini awalnya dimulai dengan sangat baik. Hal ini dijelaskan lewat lirik lagu ‘Love Me Harder’ yang berbunyi :

Our relationship is started with red coloured eyes foreign

Yang mana red coloured eyes di sini dapat dimaknai sebagai sebuah keseriusan atau gairah yang menggebu-gebu. Sementara kata foreign di sini bisa dimaknai sebagai suatu hal yang asing atau baru, sehingga secara keseluruhan bagian ini berarti hubungan Seungyoun dan pasangannya awalnya dimulai dengan sebuah keseriusan maupun gairah yang terasa baru.

Meski begitu, Seungyoun juga beberapa kali menyenandungkan sebuah kalimat yang punya interpretasi ganda yaitu :

She got deep blue

Dimana warna biru biasanya dapat dimaknai sebagai suatu hal yang membuat nyaman, namun juga bisa jadi berbahaya jika diselami dengan semakin dalam. Sehingga hal ini bisa jadi salah satu bibit atau petunjuk mengenai bagaimana nantinya pasangan Seungyoun justru bisa berbahaya untuk lelaki itu.

Selanjutnya dari MV-nya sendiri, terdapat scene dimana Seungyoun disadarkan oleh alter ego atau grim reaper-nya bahwa pasangannya lah yang berkhianat dan membunuhnya. Dan karenanya hal ini pun ikut digambarkan pada akhir lagu ‘Accident’ yang akhirnya berbunyi :

It’s not an accident, it’s your fault

Selain itu perasaan ini juga ikut digambarkan pada lirik lagu ‘Love Me Harder’ yang berbunyi :

Just like it is, love is hard, everything about me turns blue

Pemaknaan biru di sini diartikan sebagai suatu bentuk kesedihan yang mendalam. Dan secara keseluruhan kedua lirik lagu di atas ini memiliki arti bahwa Seungyoun mulai sadar kalau cintanya tak seindah yang ia bayangkan dan akhirnya justru menyakiti dirinya sendiri.

5. ‘Love Me Harder’ menceritakan tentang kehancuran akibat keserakahan dan ekspektasi yang terlalu berlebihan 

5 Pesan Tersirat soal Toxic Relationship di MV 'Love Me Harder' WOODZyoutube.com/CJENMMUSIC

Seperti yang sering dikatakan orang-orang, ekspektasi yang terlalu berlebihan justru bisa menjadi bumerang dan awal dari kehancuran seseorang. Dan hal inilah yang pada akhirnya juga terjadi kepada Seungyoun yang sedari awal memang memiliki ekspektasi yang sangat tinggi kepada pasangan dan hubungannya.

Hal ini terlihat pada lirik lagu ‘Love Me Harder’ yang berbunyi :

Our sign is blue, from now let’s get more blue

Seperti yang sebelumnya sudah dibahas, warna biru dalam memaknai cinta dapat diartikan sebagai sebuah perasaan yang dalam dan stabil. Sehingga kalimat ‘let’s get more blue’ di sini dapat dimaknai sebagai keserakahan dan ekspektasi berlebihan dari Seungyoun yang mana ia mengharapkan hubungannya ini untuk dapat jadi jauh lebih dalam dan stabil.

Selanjutnya keserakahan Seungyoun juga terlihat dalam lirik lagu yang berbunyi :

I just want you to love me harder, more blue than now

Yang mana dapat diartikan bahwa Seungyoun menuntut pasangannya untuk bisa mencintainya secara jauh lebih keras, dalam dan stabil dari biasanya. Dia tidak pernah merasa puas akan apa yang ia miliki dan apa yang telah diberikan oleh pasangannya, sehingga ia selalu meminta lebih dari itu.

Tapi sayangnya tanpa ia sadari keserakahannya itu justru menjadi bumerang untuknya. Pada akhirnya keserakahan dan berbagai ekspektasi berlebihannya itulah yang membuatnya jatuh dan merasakan sakit yang semakin dalam.

 

Nah, buat kamu yang belum nonton atau pengen perhatiin lagi detail dalam MV 'Love Me Harder' dari WOODZ, yuk tonton MV-nya di bawah ini!

https://www.youtube.com/embed/HaqhQs5lBWE

Nah, itulah 5 pesan tersirat yang ada di dalam MV 'Love Me Harder' dari WOODZ. Kira-kira pesan tersirat apa lagi nih yang kamu temuin dari MV ini? Yuk tuliskan di kolom komentar!

Baca Juga: Baru Comeback, Ini 10 Potret Keren WOODZ dengan Rambut Merah

Amira Kartika Photo Verified Writer Amira Kartika

I found writing as one of the best method to help me calming the chaos in my mind.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya