Comscore Tracker

5 Solois Wanita Asal Tanah Sunda yang Eksis di Era 90an, Geulis Pisan!

Karya-karyanya pun eksis hingga saat ini

Sunda dikenal sebagai suku di Indonesia yang banyak melahirkan wanita-wanita menawan. Paras yang rupawan dan kulitnya yang putih membuat mereka lekat diingat oleh banyak orang. Beberapa di antaranya bahkan sukses menjadi artis legenda Indonesia.

Siapa yang menyangka beberapa penyanyi wanita era 90an ada yang berasal dari Tanah Sunda. Wajah cantiknya sangat khas dengan aura mojang Sunda. Siapa sajakah mereka? Simak infonya di bawah ini.

1. Nike Ardilla

https://www.youtube.com/embed/3OCzlQlQtsI

Di urutan pertama ada Nike Ardilla. Lahir di Bandung, 27 Desember 1975 silam. Artis ini dikenal sebagai penyanyi, model, bintang film, hingga pemain sinetron. Namun naas, tragedi 19 Maret 1995 membuatnya mengalami kecelakaan dan meninggal saat masih berada di puncak karier.

Meski telah tiada, karya-karyanya masih lekat di ingatan masyarakat Indonesia. Bahkan, beberapa artis masa kini ada yang merekam ulang lagu-lagunya. Fans yang setia tergabung dalam Nike Ardilla Fans Club (NAFC) selalu mengadakan acara rutin untuk mengenang sang legenda.

2. Nicky Astria

https://www.youtube.com/embed/Lpg8Wg34KfU

Selanjutnya ada sang lady rocker Indonesia, Nicky Astria yang lahir di Bandung, 18 Oktober 1967. Nicky adalah penyanyi wanita dengan suara tinggi yang khas berjenis power suprano. Lengkingan suara yang tinggi membuatnya mudah dikenal oleh banyak orang.

Nicky juga pernah eksis bermain sinetron berjudul Emak Gue Jagoan yang tayang tahun 2006 lalu. Lagu-lagunya juga masih sering terdengar hingga saat ini seperti "Misteri Cinta", "Jarum Neraka", dan "Jangan Ada Angkara" yang menjadi soundtrack sinetronnya tersebut.

3. Poppy Mercury

https://www.youtube.com/embed/xjBMxwOivXw

Masih satu angkatan dengan Nike Ardilla. Artis Poppy Mercury lahir di Bandung, 15 November 1973. Poppy terkenal lewat lagunya yang bertajuk "Surat Undangan" dan "Antara Jakarta dan Penang".

Bernasib sama seperti sang teman, Nike Ardilla, Poppy meninggal pada 28 Agustus 1995 yang kabarnya karena menderita komplikasi sakit maag. Namun, terdengar samar juga berita bahwa ia meninggal karena kecelakaan.

Baca Juga: 13 Artis Korea Menikah Tahun 2020, Tak Pilih dari Kalangan Artis

4. Inka Christie

https://www.youtube.com/embed/r5wUkwpRQck

Inka Christie, salah satu penyanyi slow rock Indonesia yang lahir di Bandung, 20 Januari 1975. Ia dikenal sebagai sahabat karib Nike Ardilla di masa hidupnya. Lewat albumnya yang bertajuk "Gambaran Cinta" yang terbit tahun 1992, nama Inka Christie mulai melejit di dunia permusikan tanah air.

Saat ini, Inka pun masih aktif menghadiri berbagai acara musik off air maupun on air. Mantan lady rocker ini memutuskan untuk berhijab sejak 2015 silam setelah mengalami mimpi kepalanya dikerumuni semut hitam. Inka baru saja menikah pada 2019 kemarin di usianya yang ke 44 tahun.

5. Ruth Sahanaya

https://www.youtube.com/embed/zS-uPqC4I7I

Artis yang kerap disapa Mama Uthe ini lahir di Bandung, 1 September 1966 (usia 54 tahun). Terkenal sebagai salah satu diva pop Indonesia di era 2000an bersama dengan Krisdayanti dan Titi DJ. Meskipun Uthe lebih familiar dikenal saat masa tahun 2000, namun ia sudah berkarya menjadi penyanyi sejak tahun 1987.

Lagunya yang paling akrab terdengar di telinga masyarakat yaitu "Andai Kau Datang Kembali" yang dinyanyikannya bersama Koes Plus. Dan lagunya yang sedang booming saat ini yaitu yang berjudul "Keliru" banyak ia bawakan di berbagai pentas musik tanah air. Mana nih yang nge-fans sama Mama Uthe?

Mereka semua cantik-cantik bukan? Terbukti bahwa para mojang Sunda ini pantas dijuluki legend of Indonesia dengan karya-karyanya yang masih populer hingga sekarang.

Baca Juga: Bahagia, 10 Potret Artis 90an Bareng Pasangan yang Bikin Melting

Ana Hanifatul Photo Verified Writer Ana Hanifatul

Apa apa aja yang penting menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya