Comscore Tracker

Billboard Anggap Peringkat Tangga Lagu BTS Dimanipulasi, ARMY Geram

Tagar #BillboardApologizeToBTS populer di Twitter

Jakarta, IDN Times - Tak ada grup KPop dalam sejarah industri musik Korea Selatan yang mampu menandingi dan mendominasi pasar musik internasional seperti BTS.

Grup KPop yang terdiri dari tujuh orang ini menjadi wajah dari potret Korean Wave hingga tampil di Amerika Serikat serta memecahkan beberapa rekor penjualan album dan streaming musiknya. Juga, BTS adalah grup KPop pertama yang meraih peringkat satu di US Billboard 200 dengan albumnya Love Yourself: Tear.

Hari ini (27/8) Billboard merilis cover story dan photoshoot eksklusif BTS yang dicantumkan di majalah terbitan bulan Agustus mereka. Setelah membaca wawancara antara Billboard dan BTS, para fans BTS yang biasa disebut ARMY mulai melakukan aksi boikot dan menuntut Billboard melayangkan permintaan maaf untuk BTS. Ada apa?

1. Artikel Billboard soal BTS tersebut menuai kemarahan para fans, mereka protes soal pertanyaan yang ada di dalam sesi wawancara tersebut

Dalam wawancara tersebut, BTS menjawab pertanyaan-pertanyaan umum, seperti pemikiran mereka tentang pandemi COVID-19, tetapi ada pertanyaan yang lebih kontroversial dan dianggap ofensif oleh beberapa ARMY. BTS ditanya langsung tentang manipulasi peringkat tangga lagu mereka, dan lebih khusus lagi, keterlibatan ARMY dalam pengaruh peringkat tangga lagu mereka.

Disebutkan di dalam artikel, Billboard mengatakan bahwa:

"Through above-board means, ARMY has long exploited loopholes in music chart rules (including those of Billboard) to propel BTS singles’ performance."

Dugaan 'manipulasi' yang disebutkan Billboard ini meliputi peningkatan penjualan, pembelian dan streaming berbagai versi dari lagu yang sama seperti lagu Butter  dan Dynamite yang memiliki beberapa versi, yang dilakukan selama beberapa hari untuk streaming lagu tertentu yang tentunya berdampak besar pada performa tangga lagu mereka. 'Manipulasi' ini, bagaimanapun, adalah sebuah strategi dan seperti yang dicatat oleh Billboard, masih sesuai aturan.

Baca Juga: [QUIZ] Tebak Nama Personel BTS Hanya dari Bibirnya Saja, Seberapa ARMY Kamu?

2. Kini ARMY mengecam Billboard karena memilih untuk menggunakan narasi 'manipulasi' daripada bertanya langsung kepada BTS tentang hal tersebut

RM dan presiden Big Hit Music, Shin Young Jae menanggapi Billboard:

It’s a fair question. But if there is a conversation inside Billboard about what being No. 1 should represent, then it’s up to them to change the rules and make streaming weigh more on the ranking. Slamming us or our fans for getting to No. 1 with physical sales and downloads, I don’t know if that’s right … It just feels like we’re easy targets because we’re a boy band, a K-pop act, and we have this high fan loyalty.

Itu adalah pertanyaan yang cukup adil. Tapi jika harus ada pembicaraan tertutup di Billboard tentang apa yang harus direpresentasikan oleh (artis) di peringkat pertama, maka biarkan itu menjadi keputusan mereka untuk mengganti aturannya. Menuduh kami memanipulasi fans kami hanya untuk menaikkan penjualan dan unduhan, aku tak tahu apakah itu dibenarkan... Rasanya seperti kami adalah target yang mudah hanya karena kami adalah boyband KPop, dan kami memiliki fans yang sangat setia.

3. Alhasil, ARMY langsung membanjiri Twitter dengan tagar #BillboardApologizetoBTS

Billboard Anggap Peringkat Tangga Lagu BTS Dimanipulasi, ARMY GeramPhotoshoot BTS untuk Billboard (Foto: Billboard)

Artikel tersebut langsung mengarah pada tuduhan 'manipulasi chart' yang dituduhkan ARMY, selama waktu rilis Butter dan Permission to Dance. Dan ini meliputi seluruh mekanisme dan strategi para ARMY untuk mencoba membuat BTS menduduki puncak tangga lagu Billboard dengan mengatur streaming dan membeli album dalam jumlah besar. Billboard juga menyebutkan beberapa penggemar selebriti lain menuduh ARMY melakukan hal yang sama.

Tuduhan itu tentu tidak diterima ARMY dan sepertinya juga tidak cocok dengan leader BTS, RM. ARMY dan BTS dikenal memiliki ikatan yang tak terpisahkan.

Kini banyak ARMY yang melarang sesama penggemar untuk membeli majalah tersebut, dengan alasan masalah yang disebutkan di atas. Sementara yang lain men-tweet #BillboardApologizeToBTS menuntut permintaan maaf atas nama BTS.

Hingga artikel ini diterbitkan, Billboard belum melontarkan pernyataan apapun terkait kontroversi yang ditimbulkan.

Baca Juga: [QUIZ] Berdasarkan Warna Kesukaan, Kami Tahu Siapa Member BTS yang Temani Kamu Makan BTS Meal

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya