Comscore Tracker

10 Pemeran Film Harry Potter Ini Ternyata Sudah Meninggal

Tapi karakter mereka akan tetap abadi kita kenang

Selama dua dekade terakhir, serial Harry Potter telah menjadi fenomena mendunia dan memuaskan para pembaca buku dan penonton filmnya. Terlepas dari komentar kontroversial penulis J.K.Rowling dalam beberapa tahun terakhir, serial ini masih memiliki tempat khusus di hati banyak orang. Sayangnya, beberapa aktor yang turut menghidupkan film telah meninggal dunia. Memang siapa saja pemeran Harry Potter yang sudah meninggal dunia?

1. Richard Harris, yang memerankan Albus Dumbledore, meninggal pada tahun 2002

10 Pemeran Film Harry Potter Ini Ternyata Sudah MeninggalRichard Harris sebagai Albus Dumbledore (dok. Warner Bros/Harry Potter and the Sorcerer's Stone)

Pemeran Dumbledore yang asli, Richard Harris, meninggal karena penyakit Hodgkin yang agresif pada usia 72 tahun. Entertainment Weekly mewawancarai Chris Columbus (sutradara dari dua film pertama Harry Potter), mengatakan bahwa Richard berharap untuk memerankan Dumbledore di film ketiga sebelum dia meninggal. Namun sayang keinginannya tak bisa terpenuhi dan peran Dumbledore digantikan oleh Michael Gambon.

2. Rob Knox, yang sebentar memerankan Marcus Belby, meninggal pada 2008

10 Pemeran Film Harry Potter Ini Ternyata Sudah MeninggalRob Knox (kiri) memerankan karakter Marcus Belby di film Harry Potter (dok. Warner Bros/Harry Potter and the Half-Blood Prince)

Rob Knox yang masih berusia 18 tahun meninggal secara tragis di usia muda. Rob, yang menyelesaikan syuting untuk Harry Potter and the Half-Blood Prince pada 2008, ditikam di luar sebuah klub di London. Rob dilaporkan berusaha melindungi saudara laki-lakinya yang berusia 16 tahun, Jamie, dari sekelompok pria di dalam bar. Sutradara David Yates mendedikasikan pemutaran perdana film untuknya, dan para pemain mengenakan pita putih di pergelangan tangan mereka untuk memberi penghormatan kepada mendiang Rob Knox.

3. Richard Griffiths, yang memerankan Vernon Dursley, meninggal pada 2013

10 Pemeran Film Harry Potter Ini Ternyata Sudah MeninggalPotret keluarga Dursley di film Harry Potter (dok. Warner Bros/Harry Potter and the Sorcerer's Stone)

Richard meninggal pada tahun 2013 setelah menderita komplikasi dari operasi jantung. Meskipun memainkan karakter yang sangat dibenci, dia sangat dicintai oleh para pemain film Harry Potter. Daniel Radcliffe sebenarnya pernah bekerja sama dengan Richard beberapa kali sepanjang kariernya dan mengatakan kepada Entertainment Weekly setelah kematiannya, "Saya bangga mengenalnya."

4. Roger Lloyd-Peck, yang memerankan Barty Crouch Sr, meninggal pada 2014 

https://www.youtube.com/embed/CEd9hCdRSPA

Aktor terkenal Inggris Roger Lloyd-Peck meninggal dunia pada usia 69 tahun karena kanker pankreas. BBC News melaporkan Sir David Jason, lawan mainnya dari Only Fools and Horses, memuji dia dengan mengatakan, "Roger adalah pria yang sangat cerdas dan aktor yang sangat baik yang mampu melakukan banyak peran. Saya akan mengingatnya dengan penuh kasih sayang dan untuk semua saat-saat indah yang kami pernah lalui bersama."

Baca Juga: 20 Tahun Berlalu, 9 Potret Terkini Pemeran Harry Potter

5. Alan Rickman, yang memerankan Severus Snape, meninggal pada 2016

https://www.youtube.com/embed/RhOQ4VW6xV8

Kematian tragis Alan Rickman pada usia 69 karena kanker membuat banyak penggemar Harry Potter benar-benar kehilangan sosok yang luar biasa. Semua rekan Alan bersama dengan J.K. Rowling, membuat cuitan di Twitter untuk memuji bakat luar biasa Alan dan persahabatan sejati mereka.

6. John Hurt, yang memerankan pembuat tongkat Mr. Ollivander, meninggal pada tahun 2017

10 Pemeran Film Harry Potter Ini Ternyata Sudah MeninggalJohn Hurt (kanan) berperan sebagai Ollivander di film Harry Potter and the Sorcerer's Stone (dok. Warner Bros/Harry Potter and the Sorcerer's Stone)

Aktor pemenang BAFTA John Hurt meninggal pada usia 77 tahun setelah dirawat karena kanker pankreas. Kepada BBC News sang istri mengatakan bahwa John telah membawa "kegembiraan dan keajaiban" ke dunia dan sepeninggalnya pasti akan terasa aneh.

7. Robert Hardy, yang memerankan Cornelius Fudge, meninggal pada 2017

https://www.youtube.com/embed/Naz9d6HfMLk

Karier akting Robert Hardy berlangsung selama 70 tahun, dan aktor tersebut meninggal pada usia 91 tahun. Dia memulai kariernya sebagai aktor klasik dan kemudian mendapat apresiasi untuk peran seperti Siegfried Farnon dalam serial televisi BBC All Creatures Great and Small, Cornelius Fudge dalam serial film Harry Potter dan Winston Churchill dalam beberapa produksi, dimulai dengan Southern Television seri Winston Churchill: The Wilderness Years

8. Erick Sykes, yang memerankan Frank Bryce, meninggal pada 2012

10 Pemeran Film Harry Potter Ini Ternyata Sudah MeninggalErick Sykes berperan sebagai Frank Bryce di film Harry Potter and The Goblet of Fire (dok. Warner Bros/Harry Potter and The Goblet of Fire)

Erick Sykes muncul di Harry Potter and The Goblet of Fire sebagai Frank Bryce, seorang muggle yang tinggal di Little Hangleton. Bryce adalah seorang tukang kebun yang dibunuh oleh Lord Voldemort. Selain memerankan Frank Bryce, Eric Sykes adalah seorang komedian dan penulis, yang kariernya bertahan lebih dari lima dekade. Dia meninggal pada Juli 2012 di rumahnya di Inggris.

9. Helen McCrory, yang memerankan Narcissa Malfoy, meninggal pada April 2021

10 Pemeran Film Harry Potter Ini Ternyata Sudah MeninggalHelen McCrory memerankan Narcissa Malfoy di film Harry Potter (dok. Warner Bros/Harry Potter and the Deadly Hallows)

McCroy memainkan peran Narcissa Malfoy, saudara perempuan Bellatrix Lestrange (Helena Bonham Carter) dan sepupu Sirius Black. Penampilan pertamanya adalah di Harry Potter and the Goblet of Fire. Rumahnya di The Deathly Hallows digunakan sebagai tempat tinggal Voldemort. Selama hidupnya, Helen McCroy muncul di beberapa film lain, termasuk Cherie Blair, The Special Relationship, dan Skyfall. Dia meninggal karena kanker pada bulan April di suia 52 tahun.

10. Hazel Douglas, yang memerankan Bathilda Bagshot, meninggal pada September 2016

10 Pemeran Film Harry Potter Ini Ternyata Sudah MeninggalHazel Douglas (kiri) memerankan karakter Bathilda Bagshot di film Harry Potter and the Deathly Hallows (dok. Warner Bros/Harry Potter and the Deathly Hallows)

Bathilda Bagshot adalah seorang penulis. Dia memiliki sejumlah buku dan yang paling populer adalah A History of Magic. A History of Magic digunakan di kelas yang memiliki nama yang sama. Ketika dia masih hidup, Hazel Douglas muncul di sejumlah film, termasuk Face, The Parole Officer, dan Assylum. Douglas meninggal pada 2016 pada usia 92 tahun.

Meski pemeran film Harry Potter beberapa sudah ada yang meninggal, namun kita masih bisa mengenang mereka melalui karya dan penampilan mereka di film Harry Potter. Apakah kamu juga punya pemain film favorit yang sudah meninggal?

Baca Juga: 7 Hal Penting yang Sering Dilewatkan di Harry Potter

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya