Comscore Tracker

Dari Gollum hingga Godzilla, 5 Peran Andy Serkis yang Bikin Luput

Mengenal sosok dan peran sang raja motion capture

Mungkin, dibandingkan dengan aktor-aktor yang wajahnya sering tampak di layar bioskop, wajah pria satu ini kurang familiar buat kamu. Mentok-mentok, bisa jadi kamu cuma kenal dia sebagai pemeran si penjual gelap vibranium yang muncul di Avengers: Age of Ultron dan Black Panther.

Andy Serkis adalah seorang aktor yang sering tersembunyi dibalik tebalnya ilusi CGI, seorang motion capture performer yang karirnya melejit sejak tampil pertama kali sebagai Gollum di trilogi kisah epik karya Tolkien, Lord of The Rings.

Kemampuan Andy dalam memerankan karakter non-manusia sudah tak perlu lagi diragukan. Kemampuannya dalam mengekspresikan mimik muka mau pun tubuh, tak peduli makhluk apa pun yang tengah ia perankan, selalu mampu ia tampilkan dengan gemilang.

Tak hanya masalah ekspresi saja, kemampuan pria kelahiran 1964 ini dalam olah suara juga tak bisa diremehkan. Dari suara Gollum di Lord of The Rings, hingga auman King Kong, dapat ia lantangkan tanpa keraguan, dan betul-betul bisa terdengar seperti suara non-manusia.

Berikut di antaranya adalah lima peran Andy Serkis yang mungkin tidak kamu sadari.

1. Gollum - Lord of the Rings

Dari Gollum hingga Godzilla, 5 Peran Andy Serkis yang Bikin Luputinverse.com

Peran Andy Serkis sebagai Gollum di trilogi Lord of The Rings yang tayang dari 2002 hingga 2004, tanpa diragukan lagi, merupakan awal dari karier-nya sebaga aktor motion capture kawakan Hollywood.

Di ketiga film ini, Serkis menampilkan sosok cebol buruk rupa yang terobsesi untuk mendapatkan one ring to rule them all dengan begitu ciamik. Dengan leluasanya ia memeragakan mimik muka dan wajah Gollum, membuat seolah-olah makhluk itu ada di dunia nyata.

2. Godzilla - Godzilla

Dari Gollum hingga Godzilla, 5 Peran Andy Serkis yang Bikin Luputdreadcentral.com

Dari makhluk mungil yang tak sampai ukuran anak 10 tahun, peran Andy Serkis selanjutnya naik tingkat menjadi makhluk raksasa yang jauh lebih tinggi dari gedung 10 lantai.

Di film Godzilla besutan studio Legendary yang rilis pada tahun 2014 ini, Andy Serkis bersama T.J. Storm menjadi aktor mocap Godzilla. Di sini, bagian Serkis lebih sedikit, dan konon hanya memberikan mimik mata saja. Sedangkan T.J. Storm mengurus gerak tubuhnya.

Meski demikian, tak dapat dipungkiri, Serkis mampu menghadirkan mimik wajah serta sorot mata yang penuh di balik keseraman Godzilla.

3. King Kong - King Kong

Dari Gollum hingga Godzilla, 5 Peran Andy Serkis yang Bikin Luputthenational.ae

Selain Godzilla, makhluk raksasa lain yang pernah diperankan oleh Andy adalah King Kong, kera raksasa yang menjadi pusat cerita dari film King Kong besutan Peter Jackson yang rilis pada tahun 2005.

Film ini menunjukkan kepiawaian Andy dalam memerankan karakter kera raksasa. Kemampuannya dalam bergerak seperti kera ini kembali digunakan pada salah satu peran mocap-nya yang lain, yaitu:

Baca Juga: 6 Film Hollywood yang Bercerita Tentang Kisah Cinta Sejati, Awas Baper

4. Caesar - Planet of the Apes

Dari Gollum hingga Godzilla, 5 Peran Andy Serkis yang Bikin Luputhero.fandom.com

"I did not start tis war. I offered you peace. I showed you mercy. I fight only to protect Apes."

Walau pun Andy Serkis mampu menampilkan peran karakter-karakter non-manusia dengan emosi yang believable, perannya sebagai Caesar di trilogi Planet of the Apes yang dimulai pada tahun 2011 inilah yang merupakan puncak karirnya sebagai aktor mocap.

Melalui Caesar, Serkis menampilkan rangkaian emosi yang tampak begitu nyata dari caranya berbicara, bergerak, hingga air muka. Serkis memeragakan karakter kera yang bahkan terasa lebih manusia daripada manusia.

5. Supreme Leader Snoke - Star Wars

Dari Gollum hingga Godzilla, 5 Peran Andy Serkis yang Bikin Luputstarwars.com

Karakter lain yang diperankan oleh Serkis belakangan ini adalah karakter antagonis dalam trilogi terbaru Star Wars, Supreme Leader Snoke. Dibanding dengan peran-peran yang disebutkan sebelumnya, karakter Snoke lebih humanoid.

Walau pun demikian, kita masih bisa merasakan bagaimana Serkis mengekspresikan raut wajah alien yang menggetarkan bulu kuduk melalui wajah Snoke.

Nah, itu tadi lima karakter yang mungkin saja kamu luput diperankan oleh Andy Serkis. Apa ada peran lain Andy Serkis yang berkesan di ingatanmu?

Baca Juga: Telah Mendunia, 10 Artis Hollywood ini Pernah Berkolaborasi dengan BTS

Andika Photo Writer Andika

Kunci bahagia: makan yang banyak, tidur yang nyenyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya