Comscore Tracker

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammy

Wah, belum beruntung banget nih atau saingannya emang sulit?

Bagaimana rasanya mengikuti sebuah kompetisi lebih dari satu dekade dan tak pernah keluar sebagai pemenang? Meski bukan layaknya perlombaan olahraga, namun hal seperti itu ternyata juga terjadi di ajang mewah sekelas Grammy Awards.

Mengumumkan puluhan nama dari berbagai genre dan negara setiap tahunnya, ternyata ada sederet musisi keren yang telah meraih puluhan lebih nominasi dan belum pernah menang sekali pun.

Bagaimana hal itu dapat terjadi? Ya, "everything is possible for Grammy," kalimat inilah yang sangat populer setiap kali perhelatan itu digelar di Staples Center, Los Angeles. Berikut ini deretan musisi berbakat yang mengalami hal tak biasa itu.

1. Snoop Dogg, 17 nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyinstagram.com/snoopdogg

Sepanjang sejarah Grammy Awards, nampaknya yang paling dinantikan untuk meraih kemenangan adalah Snoop Dogg. Mengantongi rentetan nominasi Album of the Year, Best Rap Song lebih dari lima kali, hingga Best Reggae Album dengan genre baru baginya, tapi toh sangat sulit untuk menggenggam piala bergengsi tersebut. Deg-degan dari 1994 sampai 2016 lalu, lho.

2. Brian McKnight, 16 Nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyinstagram.com/brianmcknight23

Menyusul Snoop Dogg, ada Brian McKnight. Berkarier sejak 1998, pria 49 tahun ini telah melahirkan 13 album yang merajai tangga lagu dengan penjualan yang tinggi. Tapi lagu-lagu R&B McKnight belum beruntung keluar sebagai pemenang, meski berulang kali nominasi Best R&B Song. Penantian yang cukup panjang.

3. Joe Satriani, 15 Nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyinstagram.com/joesatriani

Legenda musik berikutnya yang ada di daftar ini ada Joe Satriani dengan 15 nominasi. Satriani adalah gitaris yang selama 25 tahun terakhir membuat para pengamat musik berdecak kagum karena aksinya.Tak hanya itu, Pria Westburty ini juga konsisten banget mengeluarkan karya setiap tahunnya. 

Jika prestasi panjang Satriani dapat dijelaskan dengan lancar, satu hal yang tak pernah terjawab dari kariernya hingga kini, mengapa ia belum bisa membawa pulang Grammy?

4. Björk, 14 nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyinstagram.com/bjork

Björk mengukir namanya sebagai musisi wanita pertama dengan nominasi Grammy terbanyak dan tak satu pun membuahkan hasil manis. Beberapa kali ia dinominasikan untuk Best Alternative Music Album, namun jangan terlalu berharap, sebab pelantun "Army of Me" itu telah tersingkir sebanyak empat kali dari nominasi yang sama.

Begitu pun dengan nominasi lainnya yang belum sempat menggembirakan. Padahal Björk pernah meraih 21 penghargaan Icelandic Music, BRIT Awards, MTV Awards hingga artis terbaik dari Cannes Film Festival pada 2002 lalu.

5. Katy Perry, 13 nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyinstagram.com/katyperry

You make me feel like I'm living a, teenage, dream. The way you turn me on

Ngefans atau gak, hampir setiap orang pasti hafal lirik di atas. Yups, lagu "Teenage Dream" selalu menjadi hits, sehingga cukup  sulit memang membayangkan nama besar seperti Katy Perry selama ini belum pernah menyampaikan pidato kemenangannya di Grammy Awards.

6. Nas, 11 nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyinstagram.com/nas

Nas berada di bawah Katy Perry dengan 11 nominasi tanpa kemenangan. Padahal pemilik nama lengkap Nasir bin Olu Dara Jones itu paling dijagokan untuk setiap nominasi lagu rap, baik album terbaik, atau pun lagu terbaik. Sejauh ini, Nas harus berpuas diri hanya tampil di Staples Center sebagai nominator.

7. Diana Ross, 12 nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyvanityfair.com

Diana Ross berkarier dari 1959, suara cadasnya telah terdengar di berbagai penjuru dunia. Ia berhasil meraih 12 nominasi di Grammy Awards yang sayangnya belum pernah menghasilkan kabar baik. Walau demikian, pemilik lagu hits "Stop in The Name of Love!" itu dianugrahi Lifetime Achievment Awards pada 2012.

8. Busta Rhymes, 11 nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyinstagram.com/bustarhymes

Pada akhir 1990-an, Busta Rhymes selama empat tahun berturut-turut meraih nominasi Best Rap Solo Performance, namun semuanya pulang dengan 'tangan kosong'. Ia tersisihkan oleh Will Smith dua kali, sekali oleh Chris Brown dan Lil Wayne. Bagaimana dengan nominasi yang lain? Semuanya bernasib sama.

9. Nicky Minaj, 10 nominasi

10 Kali Lebih Raih Nominasi, 9 Musisi Ini Tak Pernah Menang Grammyinstagram.com/nickiminaj

Terakhir ada sosok fenomenal dan sangat dicintai, Nicky Minaj. Setiap album atau single kolaborasi yang dirilisnya meraih penjualan jutaan keping dan unduhan dengan nilai yang tinggi dari platform musik online. Tapi, semuanya tak cukup membuatnya mendapatkan minimal 1 piala dari 10 nominasi yang telah diraih. 

Nah, itu tadi ulasan beberapa musisi yang mungkin masih kurang beruntung untuk membawa pulang Grammy Awards. Walau tak dapat pengakuan di ajang bergengsi itu, namun mereka tentunya tetap jadi pemenang di hati para penggemarnya.

Topic:

  • Rosita A.
  • Edwin Fajerial

Just For You