Comscore Tracker

5 Fakta Album Terbaru Rich Brian, Bertabur Kolaborasi Musisi Ternama

Musisi Indonesia yang berhasil tembus pasar internasional

Hari paling dinantikan dari Rich Brian akhirnya tiba juga. Yups, apalagi kalau bukan album "The Sailor". Sukses album "Amen" sebelumnya membuat karya-karya di "The Sailor" sangat dinantikan oleh para pencinta musik dunia. 

Album ini memiliki beberapa single yang sudah dirilis terlebih dahulu antara lain “Yellow” dan “Kids”, di mana keduanya sudah di-streaming  lebih dari 25 juta kali secara global. Brian semakin mengukuhkan namanya sebagai musisi Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional.

Hm, penasaran seperti apa proses kreatif hingga deretan lagu terbaru pelantun "Dat $tick" tersebut? Intip faktanya berikut ini. 

1. Proses panjang pembuatan album yang mencapai setahun

5 Fakta Album Terbaru Rich Brian, Bertabur Kolaborasi Musisi Ternamainstagram.com/brianimanuel

Di tengah kesibukan tur dunia, Brian masih menyempatkan diri mempersiapkan materi album, lho. Hal ini terbukti dari "The Sailor" yang proses rekamannya bahkan dilakukan di tiga lokasi yakni New York, Los Angeles, dan Jakarta.

Kerja keras yang panjang ini membuahkan hasil yang menakjubkan dengan materi lagu yang matang dan lirik yang bukan hanya menceritakan kisah hidup Brian, namun lagunya yang diharapkan dapat menginspirasi semua anak-anak berdarah Asia tanpa terkecuali Indonesia untuk tidak takut dalam mencapai cita-citanya.

2. Diproduseri musisi ternama peraih nominasi Grammy Award

5 Fakta Album Terbaru Rich Brian, Bertabur Kolaborasi Musisi Ternamainstagram.com/brianimanuel

Nama-nama besar seperti Bekon & The Donuts dan Frank Dukes menjadi produser "The Sailor". Dua produser musik pemegang nominasi Grammy ini ikut andil dalam 'memoles' 12 lagu yang disuguhkan Brian. Bahkan musisi 88rising itu mendapatkan pujian dari Bekon dan tim. 

"Brian merupakan contoh ideal akan jembatan-jembatan yang bisa kita bangun saat kita saling berbagi gagasan antar budaya dan negara untuk menciptakan sesuatu yang berpengaruh, yang mampu menginspirasi generasi baru untuk berkarya tanpa rasa takut,” cerita Bekon & The Donuts.

“Hanya dalam waktu tiga hari, kita telah menciptakan kurang lebih 80 ide bersama Brian, dia beneran seorang seniman," lanjutnya. 

Wah, sepertinya chemistry mereka benar-benar terjalin di setiap lagu "The Sailor" yang gak menutup kemungkinan lahirnya karya-karya keren lainnya di masa yang akan datang.

Baca Juga: Bikin Bangga, 10 Potret Rich Brian Bertemu Presiden Jokowi di Istana

3. Kolaborasi dengan musisi muda dan berbakat lainnya

5 Fakta Album Terbaru Rich Brian, Bertabur Kolaborasi Musisi Ternamainstagram.com/brianimanuel

Tak sendirian, Brian juga mengajak musisi muda lainnya untuk saling berkolaborasi yang semakin membuat "The Sailor" tampil penuh warna. Misalnya pada lagu yang menjadi highlight dalam musim panas dari album ini adalah “100 Degrees”, “Where Does The Time Go”. Di lagu ini menampilkan rekan satu label 88 Rising Joji dan “Rapapa” yang memiliki sebuah pepatah pada bagian verse dari Wu-Tang Clan yang merupakan founder dari RZA. 

4. Makna mendalam dari lahirnya "The Sailor"

5 Fakta Album Terbaru Rich Brian, Bertabur Kolaborasi Musisi Ternamainstagram.com/brianimanuel

Konsep yang matang dan unik selalu menjadi bagian dari karya-karya remaja 19 tahun ini. Ia menyuguhkan "The Sailor" sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri dan akan jadi saksi perjalanan musiknya yang mengalami jatuh bangun.

"The Sailor merupakan sebuah simbol dari menjadi penjelajah. Menjelajahi sebuah wilayah yang asing dan melalui kehidupan dan rasa penasaran. Ini juga tentang kisah saya dan juga cerita para imigran yang berani untuk keluar ke dunia yang baru untuk mencari sebuah kesempatan membuat hidupnya lebih baik," jelas Brian melalui rilis yang diterima redaksi, Jumat(26/7).

5. "The Sailor" berisi 12 lagu terbaik

5 Fakta Album Terbaru Rich Brian, Bertabur Kolaborasi Musisi Ternamainstagram.com/brianimanuel

Nah, sampai di sini membuat kamu makin gak sabar mendengarkan "The Sailor" sepanjang waktu kan? Berikut ini daftar 12 lagu yang telah dirilis.

1. The Sailor
2. Rapapapa (featuring RZA)
3. Yellow (featuring Bekon)
4. Kids
5. Drive Safe
6. Confetti
7. Vacant
8. No Worries 
9. 100 Degrees
10. Slow Down Turbo
11. Curious
12. Where Does The Time Go (featuring Joji)

Sukses selalu deh untuk Brian. Melihat sambutan antusias anak muda terhadap karya terbarunya, apakah remaja asal Jakarta ini akan kembali menggelar konser dunia? Kita tunggu saja ya kabar baiknya.

Baca Juga: Disebut Bukan Rapper Panutan, 5 Fakta Lagu Terbaru Rich Brian "Kids"

Topic:

  • Rosita A.
  • Erina Wardoyo

Just For You