Comscore Tracker

Ada Pemenang Oscar, 10 Film Pendek Keren yang Bisa Ditonton di YouTube

Film keren ini bakal bikin #DiRumahAja gak gabut lagi deh

Di tengah larangan untuk bepergian jauh kali ini, gerakan #DiRumahAja yang digalakkan pemerintah dan masyarakat menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan bersama.

Buah kamu yang sehari-harinya super aktif dan kadang berasa gabut dan bosan berada lama-lama di rumah, berikut ini kami rekomendasikan beberapa film pendek menarik yang bisa mengisi waktu luang kamu. 

Film-film ini telah ditonton berjuta kali di YouTube, bahkan beberapa di antaranya berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi seperti Sundance Film Festival hingga Oscar. Penasaran? Cus, simak ulasan berikut ini. 

1. Listen To Me

https://www.youtube.com/embed/ctbI3RftTNk

Film pendek ini berkisah tentang seorang perempuan tunawicara yang mengalami bullying di sekolah. Ia berniat untuk mengakhiri hidupnya. Saat akan melompat dari atas gedung, ia bertemu dengan seorang pira yang membuatnya berpikir dua kali untuk mati. Akhir cerita yang menyentuh dan membuat terharu.

2. The Present

https://www.youtube.com/embed/WjqiU5FgsYc

The Present merupakan film pendek animasi yang mendapatkan banyak penghargaan sejak dirilis 2014 silam. Cerita berdurasi empat menit yang menghadirkan pesan tentang kehidupan yang sangat mendalam. 

3. The Neighbors Window

https://www.youtube.com/embed/k1vCrsZ80M4

The Neighbors Window membawa Marshall Curry berhasil memenangkan Oscar 2020 silam. Film pendek ini berkisah tentang dua keluarga yang tinggal di gedung bersebelahan. Secara kebetulan, keduanya saling memerhatikan kebiasaan satu sama lain. Hingga suatu peristiwa menyadarkan mereka tentang hal yang berarti dalam hidup ini adalah bersyukur tentang apa yang dimiliki. 

4. I Know You from Somewhere

https://www.youtube.com/embed/3DgzHWmMV3E

Cerita yang disuguhkan oleh I Know You from Somewhere sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari yakni menjadi perbincangan viral di sosial media. Katherine memergoki kekasihnya selingkuh. Ia kemudian bermaksud untuk melabrak sang selingkuhan, namun justru ia terjebak dalam 'lingkaran penilaian' sebab dituduh berkata rasis. Pengucilan diperolehnya bahkan dari orang-orang yang tak mengenalnya. Film ini menghadirkan pesan bijak dalam menggunakan sosial media. 

5. Joseph's Reel

https://www.youtube.com/embed/cy_Q07hjc4A

Joseph berhasil melakukan perjalanan ke masa lalu sebelum ajal tiba. Ia ingin menjadi orang yang berbeda dan tak mengikuti 'naskah' yang telah ditetapkan. Film ini akan menyuguhkan nuansa retro yang menyenangkan serta kisah yang penuh inspirasi. 

Baca Juga: Anti Bosan Saat Social Distancing, 5 Rekomendasi Film Netflix Seru!

6. Elegi Melodi

https://www.youtube.com/embed/SCsqbasLQ98

Sebelum meninggal dunia karena kanker, Melani ingin mewujudkan cita-cita masa remajanya menjadi seorang penyanyi dan merilis sebuah video klip. Sang anak, Rio, membantu wujudkan hal tersebut. Siapa sangka, proses pembuatan video yang penuh komedi ini semakin mendekatkan ibu dan anak ini. Siap-siap berlinang air mata di akhir cerita ya. 

7. Best Friend

https://www.youtube.com/embed/j01Hg4QJ6NE

Bagaimana jika di dunia ini teman bisa kita beli? Hal itulah yang ditawarkan oleh film berdurasi 5 menit 46 detik ini. Singkat dan penuh makna, Best Friend menyuguhkan ketakutan absurd manusia di tengah perkembangan teknologi. 

8. Sometimes, I Think About Dying

https://www.youtube.com/embed/JTLBnjWbpBo

Film ini berkisah tentang seorang perempuan yang menderita depresi dan anxiety. Ia selalu berpikir ingin mengakhiri hidupnya. Hingga suatu saat ia menemukan tempat ternyaman dan membuatnya dapat merasakan kehangatan hidup. 

9. Alternative Math

https://www.youtube.com/embed/Zh3Yz3PiXZw

Suka genre komedi sarkas? kamu harus menonton Alternative Math. Film ini berpusat pada seorang guru yang mengajari muridnya bahwa 2+2=4. Namun, sang murid bersikeras bahwa 4 bukan jawaban dari penjumlahan itu. 

10. Hero

https://www.youtube.com/embed/6lBs4dwlBh4

Bromance yang terbangun di Hero benar-benar disuguhkan dengan emosional. Lompatan peristiwa dengan cepat serta dialog yang polos tapi menyentuh hati. 

Nah, siap menghabiskan waktu kamu dengan menikmati 10 film pendek di atas? Atau kamu sudah nonton semua rekomendasi kami? Film mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film India Super Romantis yang Bikin Betah #DiRumahAja

Topic:

  • Rosita A.
  • Erina Wardoyo
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya