Ariel Noah dan Deretan Penyanyi yang Rilis Lagunya dalam Bahasa Jepang

Dengar versi Jepangnya, makna lagunya jadi lebih mendalam

Mengaransemen lagu dalam bahasa asing memang jadi suatu bentuk kreativitas tersendiri yang sering dilakukan musisi. Hal ini juga banyak dilakukan musisi Tanah Air. Salah satu bahasa yang banyak dipilih adalah Bahasa Jepang. 

Memiliki pasar yang luas dan tentunya karena keterikatan sejarah, membuat Kanji sangat familiar di masyarakat kita. Selain itu, keterbukaan industri musik Negeri Sakura dalam menerima musik internasional juga jadi penunjang yang sangat positif. 

Berikut ini deretan musisi Indonesia yang tampil keren dengan lagu berbahasa Jepang mereka, siapa saja?

1. Ruang Rindu, Hiroaki Kato feat Noe Letto

https://www.youtube.com/embed/YxRJ-pAbbuc

Di awal 2018 lalu, Noe Letto dan Hiroaki Kato sempat merilis karya kolaborasi mereka dengan membuat versi Jepang "Ruang Rindu". Lagu ini menggabungkan suara merdu Hiroaki dan Noe yang dijamin deh meneduhkan banget sama seperti makna lagunya. Syuting video klipnya sendiri dilaksanakan di kampung halaman Letto, yakni Yogyakarta.

2. Dekat di Hati (Kokoro Wa Sugu Soba Ni), RAN

https://www.youtube.com/embed/g2H-JwnJzjM

Rilis 2013 silam, lagu "Dekat di Hati" benar-benar menjadi hits yang tak terlupakan hingga kini. Popularitas karya RAN tersebut bahkan 'mewabah' hingga ke luar negeri, salah satunya Negeri Sakura. Hal inilah yang membuat Rayi cs akhirnya membuat versi Bahasa Jepangnya. RAN bahkan sempat mengadakan konser di beberapa kota di Jepang, kece ya!

Baca Juga: 5 Pelajaran dari Lagu Tulus Tentang Pahit Manisnya Jatuh Cinta

3. Sepatu (Kutsu), Tulus

https://www.youtube.com/embed/aDXhEfsp8k0

Penyanyi dalam negeri berikutnya yang berhasil diterima dengan baik di industri musik Jepang adalah Tulus. Single "Kutsu" alias "Sepatu" dirilis pada 2018 lalu dan masuk dalam deretan chart musik favorit di Jepang lho. 

4. Indahnya Dunia (Kono You No Utsukushisa), Andien

https://www.youtube.com/embed/Srul8oa0oBA

Andien Aisyah juga gak ketinggalan, guys. "Kono You No Utsukushisa" menjadi lagu berbahasa Jepang pertamanya. Versi Indonesia dari lagu ini adalah "Indahnya Dunia". Lagu yang penuh dengan pesan mendalam tentang bagaimana menatap hari-hari penuh optimisme.

5. Mungkin Nanti (Moshimo Mata Itsuka), Ariel Noah

https://www.youtube.com/embed/LT0f5dw1jdE

Terakhir dan sedang trending di jejaring berbagi video, YouTube, "Moshimo Mata Itsuka" dari Ariel Noah. Tanpa dibuat dalam versi bahasa asing "Mungkin Nanti" memang single yang sangat dicintai dari musisi 37 tahun tersebut. Lagu baru ini sekaligus pengobat rindu penggemar yang masih dengan setia menantikan karya terbaru dari Noah.

Nah, itu tadi deretan musisi-musisi terbaik Indonesia yang berhasil membuktikan kemampuan mereka dalam membawakan lagu dalam bahasa Jepang. Siap menyasar pasar internasional nih, kamu paling suka yang mana?

Baca Juga: Beranjak Remaja, 9 Potret Alleia Putri Ariel yang Bersuara Merdu

Topic:

  • Rosita A.
  • Erina Wardoyo

Just For You