Comscore Tracker

BTS dan Deretan Penyanyi yang Masuk Daftar 100 Tokoh Berpengaruh Dunia

Ada Taylor Swift dan Ariana Grande juga lho

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Time menjadi salah satu majalah dan platform yang secara konsisten melakukan survei serta penilaian dan merilis daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia setiap tahunnya. Parameter yang digunakan mulai dari seberapa populer tokoh tersebut dan seperti apa dampak positif yang ditimbulkan di industri maupun masyarakat. 

Ragam latar belakang profesi mengisi daftar tersebut, salah satunya dari industri musik. Musik sebagai bahasa universal selalu berhasil memberikan dampak yang luas terhadap kehidupan setiap orang. Lalu siapa saja musisi yang dianggap memiliki pengaruh paling besar satu tahun belakangan hingga hari ini?

1. Taylor Swift

BTS dan Deretan Penyanyi yang Masuk Daftar 100 Tokoh Berpengaruh Duniatime.com

Di daftar pertama kita adalah Taylor Swift. Penyanyi asal Pennsylvania ini memulai karier dari genre musik country kemudian menyasar pasar Pop dan R&B. Perjalanan musik Tay Tay terbilang cukup panjang dan unik. Perihal lagu, ia tak pernah main-main. Wanita 29 tahun ini akan terlibat penuh dari setiap karya yang ia hadirkan ke penggemar.

Bahkan Shawn Mendes dalam interviewnya menyampaikan rasa kagum terhadap pelantun "Shake It Off" itu, "Taylor membuat pekerjaan menciptakan musik untuk jutaan orang terlihat mudah. Itu semua berasal dari dirinya. Kepercayaannya pada cinta, dan kemampuannya untuk sejujur dan sealami mungkin. Dia ahli dalam menempatkan terhubung dengan sangat baik dengan emosi setiap orang."

2. Lady Gaga

BTS dan Deretan Penyanyi yang Masuk Daftar 100 Tokoh Berpengaruh Duniatime.com

"Saya suka Lady Gaga, dia kuat kuat, meyakinkan, bersemangat dan sensitif," cerita Celine Dion kepada Time. 

Kontribusi wanita 33 tahun ini di industri musik tentu tak diragukan lagi. Tujuh album telah dirilisnya dan terakhir ia berhasil mencatatkan diri sebagai artis pertama yang memeroleh Grammy Awards dan Piala Oscar dalam tahun yang bersamaan dari karya fenomenalnya "A Star Is Born". Tak heran dan tentunya ia sangat pantas untuk berada di daftar ini.

3. Ariana Grande

BTS dan Deretan Penyanyi yang Masuk Daftar 100 Tokoh Berpengaruh Duniatime.com

The one and only, Ariana Grande, tentu tak boleh terlewatkan. Diva dunia ini memberikan pengaruh yang luar biasa dari setiap karya yang dirilisnya. Grande menyampaikan lagu yang berisi perasaan yang hampir dirasakan dan ingin didengar setiap orang. Maka tak heran, jika ia awet merajai tangga lagu sepanjang tahun 2017 hingga 2018. Berbagai rekor baru tercipta dari musik yang dirilisnya. 

Baca Juga: Jadi 100 Orang Berpengaruh, Inilah Perjalanan Karir Taylor Swift

4. Ozuna

BTS dan Deretan Penyanyi yang Masuk Daftar 100 Tokoh Berpengaruh Duniatime.com

Hadirnya Ozuna di daftar ini mendapatkan banyak pujian. Tak hanya perihal musiknya yang mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi, namun perjalanan karier pria asal Puerto Rico ini juga banyak menggugah publik. 

"Dia menunjukkan kepada anak-anak lainnya segala hal dapat terjadi. Dia pekerja keras, teman yang baik dan tak pernah meragukan dirinya sendiri, itu yang selalu aku ingat tentangnya (Ozuna)," terang Daddy Yankee, yang menemani awal mula karier pemilik single "Baila Baila Baila".

Yups, Ozuna awalnya bekerja sebagai tukang semir sepatu, namun dengan kegigihan, anak yang dulunya hidup di jalan itu kini menjadi salah satu musisi dengan penghasilan tertinggi di dunia. 

5. Khalid

BTS dan Deretan Penyanyi yang Masuk Daftar 100 Tokoh Berpengaruh Duniatime.com

"Khalid benar-benar unik. Dia penulis lagu yang cemerlang dan mampu memberikan konsep tentang kehidupan manusia dengan cara yang luar biasa. Dia memiliki suara yang kuat dan entah menjadi halus dan sederhana dalam waktu bersamaan," cerita rekan sesama musisi, Alicia Keys, kepada Time.

Di usia yang masih sangat muda yakni 21 tahun, Khalid telah memeroleh perhatian yang besar dari pencinta musik internasional. Album pertamanya, "American Teen" yang dirilis pada 2017 silam meraih penjualan jutaan keping dan membuatnya sukses menggelar tur Amerika pertama. Pria asal Georgia ini bahkan sempat menyapa penggemarnya di Indonesia pertengahan 2018 lalu.

Perjalan musik Khalid semakin matang saat memasuki album kedua "Suncity" yang rilis 2018. Album ini tak hanya berisi kisah cinta, namun ia mencoba berbagi spirit untuk seluruh penggemarnya. 

Even if it takes all night or a hundred years. Need a place to hide, but I can't find one near. Wanna feel alive, outside I can fight my fear. - Lirik "Lovely'

6. BTS

BTS dan Deretan Penyanyi yang Masuk Daftar 100 Tokoh Berpengaruh Duniatime.com

Daftar yang cukup menggemparkan tahun ini namun tak begitu mengejutkan adalah munculnya nama boyband BTS. Mengapa tak mengejutkan? Seperti yang diketahui, prestasi RM cs beberapa tahun terakhir memang sangat melejit, sehingga jauh-jauh hari sebelumnya sudah banyak yang menebak jika artis Big Hit Entertainment ini akan mengisi daftar Time. 

BTS mengejutkan industri musik dunia dengan rekor penjualan yang gemilang dan dedikasi yang luar biasa. Bahkan mereka terlibat dalam berbagai kampanye sosial dan kemanusiaan yang memiliki dampak sangat luas di berbagai negara. Bahkan Time juga menyebutkan bahwa lagu-lagu BTS yang penuh makna, energik, memberikan pesan positif dan kepercayaan diri memberikan pengaruh besar terhadap anak muda saat ini. 

Itu tadi deretan musisi yang tak hanya menyanyikan lagu yang indah dan merdu namun memengaruhi orang banyak menggapai hal-hal yang bermanfaat. Dari enam di atas, idola kamu yang mana nih?

Baca Juga: Berambut Biru, Inilah 10 Pesona V BTS, Mirip Atta Halilintar?

Topic:

  • Rosita A.
  • Erina Wardoyo

Just For You