Comscore Tracker

Digandrungi Jutaan Orang, 10 Lirik Lagu BTS yang Nampol Banget

Belajar arti sukses dan gak pernah menyerah dari Jungkook cs

Bangtan Boys atau yang populer disingkat BTS merupakan grup KPop yang berhasil menciptakan euforia tersendiri sejak kemunculannya sembilan tahun silam. V, Jin, RM, J-Hope, Jungkook, Suga, dan Jimin menjadi idola yang dielu-elukan jutaan penggemar (Army) musik KPop di seluruh dunia. 

Pernahkah terpikir olehmu apa yang membuat tujuh anak muda Korea Selatan ini dapat begitu digandrungi? Jika berbicara perihal boyband, tentu ada banyak pilihan lain melihat meluasnya Korean Wave seperti dewasa ini. Lalu apa yang menjadi BTS berbeda?

Jika kamu mencoba mengenal mereka lebih dalam, ternyata grup arahan Bighit Entertaiment ini tak hanya menjual musik hip hop dengan tarian energik. Karya mereka juga berisi pesan optimisme yang dibutuhkan oleh anak muda saat ini. Mereka merepresentasikan suara hati dari generasi mereka dengan cara yang unik dan tentunya kreatif seperti di 10 lagu berikut ini.

1. No More Dream

https://www.youtube.com/embed/rBG5L7UsUxA

What is you that you dreamed of? Who do you see in your mirror, I gotta say. Go your own way. Even if you live a day. Do something. Put weakness away

"No More Dream" dirilis pada 2013 lalu dan jadi salah satu single debut terbaik BTS. Lagu dengan musik khas hip hop KPop ini mengandung makna yang mendalam tentang harapan yang diinginkan setiap orang dan tidak sekadar mengikuti standar sukses yang ada di masyarakat.

2. Dope

https://www.youtube.com/embed/BVwAVbKYYeM

I worked all night, everyday. While you were out clubbing. Don’t surprised, listen every day. I got a feel, I got a feel

Hey, para kaum pekerja bagai kuda, BTS punya "Dope" khusus untuk kamu. Lagu ini mengisahkan curhatan hati dan perjuangan para member BTS. Bahwa jika kamu benar-benar menginginkan sesuatu, maka kamu harus memperjuangkannya mati-matian. 

3. N.O

https://www.youtube.com/embed/mmgxPLLLyVo

Adult tell me that hardships are only momentary. To endure a little more, to do it later. Everybody say NO! It can’t be any later. Don’t be trapped in someone else’s dream

Berani untuk mengangkat isu sosial di masyarakat adalah ciri khas dari karya-karya BTS. Salah satunya di lagu "N.O", yang secara terang-terangan mengkritik sistem pendidikan yang banyak menimbulkan tekanan. RM cs  tak mengajak kamu membenci sekolah, namun ia mengajakmu untuk bertanya ke dirimu  sendiri apa impianmu dan seperti apa jalan yang harusnya kamu tempuh untuk sampai ke sesuatu yang telah kamu cita-citakan.           

4. Not Today

https://www.youtube.com/embed/9DwzBICPhdM

If you can’t fly, then run. Today we will survive. If you can’t run, then walk. Today we will survive. If you can’t walk, then crawl

Gak apa-apa untuk tidak tahu banyak hal, gak masalah jika kamu gagal. Coba lain cara, raih kesempatan, tapi jangan sampai menyerah. Semangat inilah yang ingin dibagikan ketujuh musisi cemerlang ini kepada penggemarnya.

5. Wings

https://www.youtube.com/embed/M05xzy7T_kE

I believe in myself. My back hurts on order to let my wings sprout

Lirik lagu "Wings" satu dari sekian lagu dengan puitis BTS. Lagu ini menggambarkan bahwa memang harus ada pengorbanan untuk segala pencapaian. Hidup kadang tidak nyaman, namun itu adalah proses yang harus dilalui untuk memeroleh sayap agar bisa terbang.

Baca Juga: 10 Potret Kebersamaan Member BTS dan Halsey, Akrab Banget!

6. So What

https://www.youtube.com/embed/hytBK5sNFZc

In the middle of the road, in the moment you want to give up. Shout out even louder. So what?

Sering mendapatkan cibiran netizen akan jalan yang kamu pilih? Pendidikan yang kamu jalani atau karier yang sedang kamu perjuangkan? Katakan kepada mereka, so what?

7. Fire

https://www.youtube.com/embed/ALj5MKjy2BU

Live however you want, it’s your life anyway. Stop trying, it’s okay to lose

Dihidup yang serba banyak standar seperti sekarang, kamu memang perlu menerapkan kemampuan untuk cuek dengan segala energi negatif. Ini adalah hidupmu dan kamu berhak menentukan apa pun yang kamu inginkan.

8. Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/1F6SGRBcNv8

Follow your dream like breaker. Even if it breaks down. Don’t ever run backwards, never. Because the dawn right before the son rises is the darkest

"Tomorrow" berasal dari "Skool Luv Affair" yang rilis 2014 silam. Lagu yang diproduseri oleh Suga ini menggambarkan tentang perasaan hidup yang monoton serta kegagalan yang sering dialami banyak orang. Namun pesannya sederhana, coba lagi besok!

9. Sea

https://www.youtube.com/embed/z4gSWMEz4Nc

Where there is hope, there is always hardship. Where there is hope, there is always despair

"Sea" bagian dari "Love Yourself: Her" yang rilis dua tahun lalu. Mengamini tema albumnya, "Sea" akan mengantarkan pendengar menjadi lebih percaya diri dan tidak mudah menyerah serta menjadi orang yang realistis dalam bermimpi. Sebab setiap ada harapan, maka pasti akan ada kesulitan dan keputusasaan. 

10. Paradise

https://www.youtube.com/embed/3g60P1VD2Lc

Who says a dream must be something grand? just become anybody. We deserve a life. Whatever, big or small, you are you after all

Tidak sedikit di antara kita yang masih hidup dalam stereotipe yang diciptakan oleh lingkungan. Bahwa yang dimaksud sukses adalah bekerja di perusahaan bergengsi atau menyandang lulusan sekolah ternama.

Nah, di "Paradise" ini, BTS menyampaikan bahwa bukan perkara besar jika kamu gak memiliki impian besar. Kamu tetap pantas menjalani hidupmu. 

Kira-kira mana dari 10 lagu di atas yang mewakili perasaanmu? Berhenti galau, coba berbagi sprit dengan BTS deh.

Baca Juga: Bak Adik dan Kakak, 9 Foto Buktikan V BTS dan Yeonjun TXT Mirip Banget

Topic:

  • Rosita A.
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya