Comscore Tracker

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'est

Usaha gak akan mengkhianati hasil

Gak berasa, sudah setahun sejak pagelaran meriah Produce 101 Season 2 yang diselenggarakan oleh Mnet. Ajang survival ini berhasil melahirkan boyband fenomenal, Wanna One, yang kini digilai dengan penjualan album jutaan keping dan lagu yang menguasai berbagai chart musik di Korea Selatan dan internasional. Popularitas Wanna One tentu jadi hal yang wajar, mengingat 11 idola berbakat berkumpul jadi satu setelah melalui perjuangan panjang selama kompetisi.

Hal yang gak terduga justru datang dari New Estabilished Style and Tempo alias Nu'est. Keikutsertaan JR, Baekho, Minhyun dan Ren di PD101 sempat mencuri perhatian publik. Hal ini dikarenakan mereka bukanlah wajah baru di industri hiburan Korea Selatan.

Meski hanya Hwang Minyun yang berhasil debut di bawah arahan YMC Entertaiment, namun grup yang dibentuk sejak 2012 silam ini jadi melambung pesat lepas PD 101. Lagu mereka berhasil merajai tangga lagu. Pernah gagal dengan predikat underrated boyband, berikut ini fakta perjalanan karier Nu'est yang gak biasa.

1. Berada di bawah naungan Pledis Entertainment

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estpinterest.com

Pledis Entertainment mulai dikenal publik sejak berhasil mendebutkan girlband After School di tahun keduanya berdiri sebagai agensi Idola KPop. Sukses Uee dan kawan-kawan, membawa Han Sung Soo semakin optimis untuk bersaing di industri hiburan Negeri Gingseng. 

Berselang tiga tahun, Pledis memperkenalkan Nu'est sebagai grup generasi kedua asuhan mereka yang digadang-gadang dapat menguasai pasar anak muda dengan jenis musik yang lebih easy listening

2. Peran After School untuk pre-debut Nu'est

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estpinterest.com

Sebagai artis satu agensi, sudah sewajarnya untuk saling mendukung karier masing-masing. Hal itu juga tak luput dari After School yang memberikan berbagai dukungan kepada rekan seagensinya. Sebut saja JR yang sempat terlibat dengan proyek solo Uee dan Orange Caramel.

Minhyun bahkan sempat menjadi model video klip lagu hits After School yang berjudul "Play Ur Love". Nu'est juga terlibat membantu berbagai promo seniornya tersebut di acara musik lokal. Kekompakan keduanya saling bahu membahu membuat penggemar mulai mengenali bakat anggota Nu'est.

3. Debut di awal tahun 2012 yang mencuri perhatian

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estpinterest.com

Tema bullying jadi ciri yang gak terpisahkan dari Nu'est di awal kemunculan mereka. Lagu "Face" saat debut membawa udara segar di tengah persaingan musik KPop yang sedang naik daun. Gak abal-abal, debut Nu'est bahkan menggandeng komposer internasional seperti Daniel Bergman yang juga memproduser beberapa penyanyi terkenal Eropa.

Berselang dua bulan dari pengenalan singlenya, lahirnya mini album pertama Nu'est yang bertajuk "Action". Terdiri dari empat lagu diantaranya "Not Over You", "Action", "Sandy" dan "Happy Birthday". Mini album ini menyajikan musik urban electro yang menjadi ciri Nu'est dengan durasi kurang lebih 15 menit.

Lagu dan video klip yang menarik membuat nama Nu'est bersaing ketat dengan pesaing boyband baru di tahun 2012 seperti EXO dan BAP. 

4. Kesibukan promo internasional yang melupakan pasar lokal 

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estpinterest.com

Strategi marketing yang diterapkan terhadap Nu'est memang terbilang cukup unik. Jika sebagian besar musisi Korea Selatan berjuang meraih perhatian publik dalam negeri, maka Han Sung Soo membuat Nu'est jadi idola internasional sejak awal debutnya.

Pasar Jepang, Amerika dan Eropa jadi fokus promosi Nu'est. Bahkan grup ini sempat memiliki sub-unit dengan anggota tambahan dari China bernama Jason. Rentang waktu 2013 - 2015, terhitung ada tujuh konser tur luar negeri yang digelar Nu'est dengan meriah. 

Tentu konsep ini mengandung plus dan minus untuk perkembangan karier mantan trainee PD 101 season 2 dan tim ini. Positifnya bahwa Nu'est berhasil membuktikan kerja keras mereka yang membuat musiknya menggema di negeri orang yang bahkan gak sepenuhnya paham lirik lagu mereka.

Sedangkan sisi negatifnya, euforia akan kehadiran lima pria berbakat ini jadi meredup dan gak begitu terkenal di rumahnya sendiri, Korea Selatan.

5. Variety show menarik dan bikin gemas

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estpinterest.com

Siapa bilang Nu'est kurang promosi? Mereka bahkan sempat membuat variety show tentang grup mereka dengan judul Making of a Star: Nu'est, Landing Operation" yang mulai mengudara Maret 2012 guna menarik perhatian para fans yang dijuluki L.O.Λ.E.

Baca juga: 15 Konsep Foto Album BTS dari Waktu ke Waktu, Totalitas Banget!

6. Bukan tanpa prestasi, Nu'est meraih 3 penghargaan saat awal debut 2012 silam

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estpinterest.com

Soal kualitas, seperti yang telah kita bahas di poin ketiga, Nu'est bukanlah grup abal-abal yang dibentuk tanpa konsep dan bakat yang matang. Pledis berhasil membuat kombinasi keren dari lima cowok dengan karakter suara yang bikin bulu kuduk berdiri. Namun nyatanya, persaingan industri KPop gak semudah yang dibayangkan.

Digolongkan underrated boyband, bukan berarti Nu'est miskin prestasi. Untuk takaran pendatang baru, pesona album "Action" berhasil membawa beberapa penghargaan seperti Best Male Rookie dari Korean Updates Awards, Super Rookie Idol Airirang's Simply KPop Awards dan KPop Lovers Awards 2012 untuk kategori Top New Artist.

7. Produktif di tengah persaingan yang gak mudah

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estallkpop.com

Sepanjang tahun 2012 hingga 2016, Nu'est berhasil mengeluarkan 2 album dan 4 mini album. Dua albumnya adalah "Re: Birth" tahun 2014 dan "Bridge the World" 2015. Sedangkan mini album yang mereka miliki di antaranya "Action", "Sleep Talking", "Q is" dan "Canvas".

Lepas dari PD 101 dengan popularitas meningkat, pertengahan 2017 silam mereka sukses memperkenalkan mini album "W, Here" yang terdiri dari enam lagu dengan single hits "Where You At" yang membuat nama Nu'est dengan sub-unit Nu'est W semakin matang dan diperhitungan.

8. Pengaruh PD101 untu kebangkitan Nu'est memenangkan hati pencinta musik

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estpinterest.com

Keterlibatan JR, Baekho, Minhyun dan Ren di PD101 jadi "tombol restart" yang sangat cemerlang untuk kebangkitan Nu'est yang saat itu sedang melalui tahun-tahun sulit dengan rumor ancaman akan dibubarkan. Kecintaan mereka akan profesi khususnya di dunia musik membuka mata setiap orang. Bahwa Korea Selatan masih punya banyak bakat bersinar yang perlu mendapatkan panggung yang lebih besar.

Perjuangan keempat personalnya ini di ajang survival berhasil membawa lagu-lagu lama mereka menguasai tangga lagu. Lagu lama mereka seperti "Face" dan "Hello" berhasil nangkring di Gaon Chart, Melon dan Inkigayo. Menunggu cukup lama, suara emas mereka akhirnya jadi tuan rumah di negeri sendiri meski sempat dipandang sebelah mata.

9. Comeback tanpa Hwang Minhyun

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'estnaver.com

Euforia Nu'est setelah acara PD101 gak dilewatkan begitu saja oleh Pledis untuk membawa kembali Nu'est ke puncak popularitas. September 2017, agensi akhirnya memperkenalkan sub-unit mereka Nu'est W tanpa Minhyun yang harus vakum sementara karena keterlibatannya dengan proyek Wanna One.

Sambutan positif diperoleh ditambah dengan perhatian publik terhadap Jonghyun alias JR yang menyabet gelar leader nation dari netizen setelah PD101 berakhir. Nu'est jadi boyband dengan peraihan pendengar dan penjualan di jejaring musik secara online mencapai ratusan ribu di dua hari perilisan single. Oh ya, "W" dalam nama sub-unit ini berarti "waiting" yang bermakna menunggu kembalinya Minhyun 2019 mendatang.

10. Sukses konser Asia dan kembali genggam penghargaan

Dulu Dipandang Sebelah Mata, Ini 10 Fakta Perjalanan Karier Nu'esttwitter.com

Sambutan hangat Nu'est W juga datang dari pasar internasional pencinta musik KPop. Sukses mini album comeback-nya, Nu'est W mendapatkan jadwal tur Asia yang cukup padat. Double U konser digelar mewah dan meriah di Korea Selatan, Thailand, Taiwan, Malaysia dan Hong Kong. Sebenarnya mereka juga memiliki jadwal untuk ke Indonesia, namun karena suatu dan lain hal, konser tersebut ditunda hingga tahun depan. Yang berarti Minhyun akan ikut hadir menyapa fans di Jakarta.

Gak butuh waktu lama, hanya berselang beberapa bulan saja Nu'est W telah masuk 14 nominasi penghargaan musik. Berhasil mengantongi piala dari Artist of the Years Best Entertainer Awards, Gaon Chart Music Awards sebagai Hot Performance of the Year, Golden Disk Awards Disk Bonsang, Seoul Music Award Bonsang Award dan beberapa penghargaan dari majalah dan acara musik televisi.

Memulai kembali setelah gagal, hasil gak akan mengkhianati usaha. Siapa sangka, di tengah rasa frustasi dan ingin menyerah, justru Nu'est menemukan cara untuk bersinar kembali. Perjuangan mereka benar-benar jempolan dan patut diapresiasi deh. By the way, kamu termasuk L.O.Λ.E. gak nih?

Baca juga: [Eksklusif] Wawancara Loudi 14U, Cowok Indonesia Member Boyband KPop

Line IDN Times

Topic:

Just For You