Comscore Tracker

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019

#RameDiTwitter 2019 tahunnya sobat ambyar dan fans MU juga

Berdiri pada 2006 silam, lebih dari satu dekade Twitter bertahan sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di dunia. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang pergantian tahun, pihak Twitter Indonesia akan merilis daftar #RameDiTwitter sebagai rangkuman topik pembahasan paling hot sepanjang tahun. 

Beberapa waktu lalu @TwitterID pun membagikan topik paling populer dari netizen Indonesia. Hm, penasaran apa saja? Simak ulasan kami berikut ini. 

1. #Agnezmo menjadi tagar paling populer, lho

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019twitter.com/TwitterID

Kekuatan tagar #agnezmo merajai Twitter sepanjang tahun. Menariknya, pembahasannya beragam, dari kesuksesan go internasional, gaya busana, lagu terbaru hingga kontroversi wawancaranya beberapa waktu lalu. Berikutnya ada #FotoProfilBaru yang bahkan berada di atas tagar #Pemilu2019, #Jokowi dan #RecehkanTwitter.

Sobat sambat dan ghibah juga gak ketinggalan eksis dengan tagar #Gosip90an dan #DariHalteKeHalte. #MataNajwa ternyata juga menjadi pembahasan yang menarik banyak cuitan dari penghuni Twitter.

Terakhir yang terbaru adanya pahlawan super rasa lokal #Gundala dan tentunya para pemuja Godfather of Brokenheart #SobatAmbyar, kekuatan jempol sad girls dan sad boys juara deh.  

2. 2019 tahunnya pemilu dan tentunya sobat qoutes galau Andi Hiyat

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019twitter.com/TwitterID

Panasnya masa kampanye hingga pemilihan umum menjadi pembahasan hangat sepanjang 2019. Hal ini terbukti dari akun indonesia yang paling populer di posisi teratas ada Joko Widodo dan Prabowo Subianto dan diikuti posisi lima yakni Sandiaga Uno. 

Eits, tapi gak melulu serius kok, akun dengan kata-kata yang ngena di hati seperti Andi Hiyat dan Bayu Joo juga berada di 10 besar. Ada pula musisi dan penulis novel yang sedang digandrungi anak muda, Fiersa Besari dan Boy Chandra. Tak ketinggalan kata-kta menenangkan jiwa ala Raden Rauf atau obrolan santai Firgiawan Ramaulana dan Fajar R. Danaswara. 

3. Ah, fans MU dengan segala kegalauan dan keluh kesah ada di posisi pertama tagar olahraga

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019twitter.com/TwitterID

Penggemar sepak bola masih menjadi raja di kategori olahraga yang dibahas di Twitter. Tagar dari klub Eropa hingga lokal nangkring di posisi atas. Tim dari Benua Biru yang paling populer adalah #MUFC, kesabaran fans Manchester United memang sangat teruji di 2019. Pokoknya kalau masih setia sama Manchester United sampai akhir 2019, jelas fans sejati ya. Fans dan MU tahun ini seolah menjalin hubungan hate-love relationship gitulah. Kemudian disusul #HalaMadrid, sebagai bukti sebagian besar masyarakat Indonesia adalah fans Real Madrid.

Meski banyak drama dan kontroversi yang menguras emosi, klub lokal selalu menjadi idola. Paling rame di Twitter ada #PersijaDay, #PSSleman dan #PersibDay. Nyelip di posisi enam ada pencinta #MotoGP. 

Baca Juga: BTS dan 4 Grup Musik Paling Digemari di Indonesia Versi Spotify 2019

4. Bulu tangkis memimpin nih di kategori akun olahraga

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019twitter.com/TwitterID

Meski dari tagar olahraga yang paling sering dibicarakan adalah tema sepak bola, plot twist-nya justru di akun olahraga yang paling rame berasal dari cabang bulu tangkis. Badminton Talk menjadi akun dengan interaksi paling tinggi serta ada BADMINTON INDONESIA di peringkat lima.

Posisi berikutnya ada akun sepak bola lokal yaitu Komisi Wasit, PSS, Persija Jakarta, PERSIB dan PSSI. Untuk klub luar, akun yang digemari Manchester United, Liverpoll FC dan Chelsea FC Indonesia. 

5. Akun hiburan dirajai oleh akun review film

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019twitter.com/TwitterID

Akun review film mendapatkan perhatian lebih sepanjang 11 bulan terakhir. Ada dua yang paling populer seperti Cenayang Film dan WatchmenID. Posisi ketiga tentunya artis penuh prestasi, Agnez Mo. Pesona mantan dan personel JKT48 masih primadona sobat twitter, misalnya Adhisty Zara, Riska Amelia Putri dan Shania Indira Natio. 

Rich Brian juga termasuk akun hiburan yang paling banyak dibahas nih, kemudian ada musisi Kunto Aji yang dengan kicauan singkatnya yang khas. Serta musisi dan politisi Addie MS. Kicauan Ernest Prakasa pun menjadi satu dari 10 akun paling populer. 

6. Tagar hiburan mulai dari kontroversi, film, series hingga sobat ambyar

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019twitter.com/TwitterID

Kekuatan #agnezmo memang tak terbendung sepanjang tahun. 2019 juga menjadi perpisahan bagi film seperti Avengers dan Game of Thrones, hal ini membuat tagar Marvel Universe sangat populer misalnya #AvengersEndgame, #CaptainMarvel, #Avengers dan #SpidermanFarFromHome. Dan tentunya masyarakat Westeros yang juga melampiaskan rasa penasaran atau pujian kepada perjuangan John Snow bersaudara lewat tagar #GameofThrones. 

Film dalam negeri sendiri yang menjadi tagar paling banyak dibicarakan adalah #Twivortiare dan #PerempuanTanahJahanam. Menariknya, di tengah euforia pembahasan film di kategori hiburan, #SobatAmbyar satu-satunya yang mewakili dari pembahasan musik. 

7. Fans KPop dengan jari-jari berkekuatan supernya juga merajai Twitter di 2019

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019twitter.com/TwitterID

Twitter dan fans KPop sudah seperti nyawa dan raga, cuma takdir yang bisa misahin deh. Posisi pertama tentunya kekuatan kicauan jempol ARMY lewat #BTS dan #TeamBTS, kemudian disusul #EXO dan #TeamEXO di posisi kedua dan kelima. Ada juga #NTC yang mungkin typo dari tim Twitter Indonesia, maksudnya adalah #NCT ya. 

Berikutnya ada boy group yang hampir setiap tahun menggelar konser di Indonesia, yups, siapa lagi kalau bukan #Seventeen. Grup berikutnya yang gak kalah menarik perhatian adalah #StrayKids, #Blackpink, #Ikon dan #RedVelvet.

8. Emoji yang paling populer nih, ada favorit kamu?

Jokowi hingga BTS, 8 Topik Populer di Twitter Indonesia Selama 2019twitter.com/TwitterID

Terakhir dan yang paling penting adalah emoji yang menjadi ekspresi perasaan setiap interaksi di Twitter. Urutan pertama tentunya emoji tertawa sembari mengeluarkan air mata, walau saat ngetiknya gak nangis juga, tapi emoji ini paling populer deh, bukti warga Twitter sepanjang tahun sangat bahagia. Posisi dua ada ekspresi menangis, ngetwit memang cara terbaik melampiaskan emosi. 

Jatuh hati dan tersipu malu hingga bingung dan emoji tos pun gak kalah banyak digunakan. Satu yang cukup menarik ada di posisi lima nih, emoji love berwarna ungu, ah kita tahulah ya itu kekuatan dari ARMY BTS. 

Nah, itu tadi rangkuman dari berbagai tema yang menarik perhatian pengguna Twitter di 2019. Kamu salah satu yang ikut andil memopulerkan akun, tagar dan emoji di atas?

Baca Juga: 10 Video Indonesia Paling Trending di YouTube Sepanjang Tahun 2019!

Topic:

  • Rosita A.
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya