Kronologi Batalnya Konser Hari Pertama LANY yang Berujung Ricuh

Kendala teknis dan keselamatan menjadi alasan utama

Jakarta akhirnya menjadi kota penutup untuk rangkaian konser "LANY Malibu Night Tour" yang rencananya digelar selama dua hari pada tanggal 13-14 Agustus 2019 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Walau bukan pertama kalinya, namun aksi panggung pelantun  "I Love You So Bad" itu tetap menjadi primadona pencinta musik dalam negeri.  

Sejak awal pengumuman penjualan tiket, antusias penonton benar-benar tak terbendung. Ratusan tiket terjual hanya dalam hitungan hari saja. Sayangnya semangat penggemar ini harus dicederai dengan beberapa rentetan insiden tak dinginkan yang berujung pada pembatalan konser hari pertama. 

Buat kamu yang mungkin belum mengikuti perkembangan dan alasan penjadwalan ulang konser di hari pertama, berikut kronologi lengkapnya.  

1. Konser dijadwalkan berlangsung dua hari

Kronologi Batalnya Konser Hari Pertama LANY yang Berujung RicuhIDN Times/Rosita A.

Antusias yang tinggi dari penggemar di Indonesia membuat konser "LANY Malibu Night Tour" akhirnya direncanakan digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 13-14 Agustus 2019. Bahkan Svmmerdose yang beranggotakan Iqbaal Ramadhan cs diumumkan sebagai band pembuka konser yang semakin menambah ketertarikan publik.

2. Ratusan penonton memenuhi lokasi konser

Kronologi Batalnya Konser Hari Pertama LANY yang Berujung RicuhIDN Times/Rosita A.

Sejak siang hingga malam menjelang acara, para penggemar telah memadati area Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada Selasa (13/8). Penukaran tiket berlangsung sejak siang hingga menjelang magrib. Penonton dengan antusias menantikan penampilan pelantun "Thick and Thin" tersebut. 

3. Pembukaan pintu masuk mengalami penundaan selama tiga jam

Kronologi Batalnya Konser Hari Pertama LANY yang Berujung RicuhIDN Times/Rosita A.

Semangat penggemar untuk bertemu sang idola sempat mengalami beberapa kondisi teknis. Misalnya, waktu pembukaan pintu konser yang awalnya dijadwalkan pada pukul 17.30 WIB, hingga pukul 20.30 WIB belum dibuka. Namun, penggemar dengan sabar antre dan menanti di depan pintu. 

4. Promotor umumkan keterlambatan karena ada kendala teknis

Pihak promotor, Vizion Vibe pun akhirnya mengunggah pengumuman bahwa konser akan mengalami keterlambatan dari waktu yang ditetapkan, karena ada permasalahan teknis. Membaca pengumuman tersebut, penggemar tetap bertahan di lokasi konser sembari menghabiskan waktu dengan mengobrol dan mencicipi beberapa kuliner. 

Baca Juga: Konser Batal, Sandiaga Uno Ajak Pendukung Dhani Hadapi dengan Senyuman

5. Pembatalan dan penjadwalan ulang konser

Penantian berjam-jam itu pun akhirnya terjawab dengan pengumuman kedua dari Vizion Vibe melalui media sosial Instagram. Vizion Vibe menyampaikan, karena demi alasan kesehatan dan keamanan berlangsungnya acara, pihak promotor akan menjadwal ulang konser LANY. Dengan demikian konser hari pertama resmi batal. 

Pemilik tiket konser hari pertama dapat menikmati konser pada sesi pertama yang akan berlangsung pukul 18.00 WIB, pada Rabu (14/8). Sedangkan yang memiliki tiket pada hari kedua akan dipindahkan pada sesi berikutnya yang dimulai pada pukul 22.00 WIB di hari yang sama. 

6. Penonton ungkapkan kekecewaan di depan pintu masuk Tennis Indoor Senayan

Pengumuman pembatalan melalui media sosial itu sempat menyulut emosi penggemar yang telah menunggu sejak sore hingga malam hari. Mereka menuntut penjelasan yang rinci dari pihak promotor. Aksi protes pun dilakukan di pintu masuk gedung Tennis Indoor Senayan. 

Aksi protes ini sempat ricuh karena penonton mendesak masuk melewati pintu kaca. Terlihat pula lemparan botol minuman yang mengarah ke pintu masuk dan mengenai petugas keamanan. Beberapa penonton yang kecewa pun meminta penjelasan perihal proses refund atau pengembalian tiket. 

7. Permintaan maaf dari pihak LANY

Dua jam setelah konser dinyatakan batal, penggemar masih bertahan di area konser. Karena banyak penonton yang masih bertahan di area konser, pihak LANY lalu hadir menemui mereka.

Salah satu perwakilan dari pihak LANY, Steve Day, menjelaskan jika terjadi kendala elektrikal yang menyebabkan konser tidak dapat berlangsung demi menjaga keamanan bersama. Penonton pun menyambut baik permintaan maaf dari pihak pemilik album "Malibu Night" itu. 

8. Klarifikasi dari LANY dan tim

Tak sekadar menemui penonton, melalui akun media sosial @thisislany, Paul cs menyampaikan permintaan maaf mereka. Mereka menjelaskan kendala teknis yang dialami sehingga memutuskan untuk menjadwalkan ulang konser. 

LANY bahkan menjelaskan bagi penonton yang tak memungkinkan menonton di hari kedua dengan jadwal yang ditentukan, dapat melakukan proses pengembalian tiket dengan menghubungi pihak Vison Vibe. LANY berjanji akan memberikan pertunjukan terbaiknya bagi penggemar di Indonesia. 

Demikian tadi krononologi lengkap atas rangkaian peristiwa yang terjadi pada konser hari pertama LANY di Jakarta. Kamu salah satu yang akan menyaksikan aksi panggung memikat Paul Jason Klein, Charles Leslie, dan Jake Clifford Goss?

Baca Juga: 10 Potret Penonton Ricuh Akibat Konser LANY Hari Pertama Batal

Topic:

  • Rosita A.
  • Edwin Fajerial

Just For You