Comscore Tracker

Adu Rayu hingga Amin Paling Serius, 10 Lagu Indonesia Terbaik 2019

#IDNTimesHype2019 Satu di antaranya pasti ada di playlistmu

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2019. Apa saja yang telah kamu capai hingga detik-detik menjelang pergantian tahun? Tentunya banyak hal yang telah terjadi sepanjang 11 bulan belakangan ini. Mulai dari hal membahagiakan, membosankan, atau mungkin menyedihkan, akan menjadi kenangan yang menyenangkan. 

Industri musik dalam negeri juga gak kalah penuh warna nih. Selama 45 minggu terakhir ini, puluhan lagu-lagu terbaik berhasil dirilis dengan beragam genre dan tema. Berikut ini IDN Times berikan ulasan 10 lagu yang paling menarik perhatian pembaca dan tentunya pencinta musik. 

1. Hanya Rindu, Andmesh

https://www.youtube.com/embed/CJC5PY5erzI

Andmesh tahun ini memang berhasil menjadi musisi pria paling bersinar dengan lagu-lagu cintanya yang menyayat hati. Lagu jatuh cinta berbunga-bunga hingga patah hati paling dalam seperti lagu Hanya Rindu menjadi soundtrack hidup yang didengarkan puluhan juta orang di platform musik.

2. Cinta Karena Cinta, Judika

https://www.youtube.com/embed/FZjk56FfdJY

Kami juga tak melewatkan lagu romantis dari Cinta Karena Cinta yang dinyanyikan Judika. Pop rock ala suami Duma Riris ini selalu membuat pencinta musik Tanah Air terpesona. Liriknya pun easy listening dan mudah dihafalkan dong. 

3. Rayu, Marion Jola feat LALEILMANINO

https://www.youtube.com/embed/Rgszfmk7ti0

Menggandeng LALEILMANINO sebagai rekan kolaborasi, Rayu dari Marion Jola juga gak kalah hitsnya. Buat kamu yang sering kena PHP sepanjang tahun 2019, lagu ini pasti pernah menemani masa-masa galaumu menuntut kepastian bersama jebolan Indonesian Idol ini. 

4. Adu Rayu, Yovie Widianto, Glenn Fredly, dan Tulus

https://www.youtube.com/embed/zi2dYEIwSkA

Aku ingin dirimu. Tetap jadi milikku. Bersama ku mulai hari baru. Hilang ruang untuk cinta yang lain

Kolaborasi Yovie Widianto, Glenn Fredly, dan Tulus benar-benar menghasilkan mahakarya deh. Lirik puitisnya ngena di hati. Eits, musik video juga diramu estetik bak trailer film yang dibintangi Chicco Jerikho, Velove Vexia, dan Nicholas Saputra. Bahkan sampai akhir 2019, komenan netizen pun masih bimbang jadi tim Chicco atau Nicolas, lho. 

5. Senja diambang Pilu, Danilla Riyadi

https://www.youtube.com/embed/qhhUJbiwAEQ

Danilla salah satu musisi yang terbilang cukup produktif sepanjang tahun. Setelah berhasil dengan Daramuda Project, ia pun merilis beberapa single yang langsung menjadi hits. Senja diambang Pilu menjadi pilihan musik yang menenangkan jiwa. 

Baca Juga: Rilis Desember 2019, Ini 6 Lagu KPop yang Akan Menemani Akhir Tahunmu

6. Ketika, Via Vallen

https://www.youtube.com/embed/sPY_-yRHefo

Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya? Via Vallen memahami curhatanmu itu lewat lagu Ketika yang liriknya ditulis langsung oleh wanita asal Jawa Timur tersebut. Meski lirik sakit hati, namun lagu ini tetap bisa mengajakmu joget kok. 

7. Membasuh, Hindia feat Rara Sekar

https://www.youtube.com/embed/emddwjzuNW4

Bisakah kita tetap memberi. Walau tak suci?. Bisakah terus mengobati. Walau membiru?

Baskara Putra menggandeng Rara Sekar sebagai rekan duet di lagu Membasuh. Lagu dengan lirik yang memiliki makna mendalam tentang hidup. Pesan sederhana untuk saling berbagi dan menghargai disampaikan dengan melodi yang indah oleh dua musisi bertalenta ini. 

8. I Love You 3000, Stephanie Poetri

https://www.youtube.com/embed/cPkE0IbDVs4

Stephanie Poetri debut sebagai solois lewat lagu ciptaannya berjudul I love You 3000. Lagu dengan lirik romantis dan nyeleh dengan menyebutkan pahlawan di film Avengers ini bahkan membawa putri Titi DJ memenangkan untuk berkarier di Amerika Serikat di bawah naungan 88Rising. ILY 3000 telah diputar lebih dari 50 juta kali di YouTube.

9. Amin Paling Serius, Sal Priadi & Nadin Amizah

https://www.youtube.com/embed/tCE9U4D995s

Amin Paling Serius merupakan single dari Sal Priadi dan Nadin Amizah. Tema cinta dengan lirik mendalam ini mendapatkan perhatian yang besar dari pencinta musik dalam negeri. Sebagaimana catatan Spotify, lagu tersebut telah didengarkan 16,7 juta kali.

10. Pilu Membiru Experience, Kunto Aji

https://www.youtube.com/embed/1JskEYFuUpA

Sebenarnya lagu Pilu Membiru merupakan bagian dari album Mantra Mantra yang rilis penghujung 2018 lalu. Album itu juga berhasil membawa pulang AMI Award untuk kategori album terbaik. Namun sebulan yang lalu, Kunto Aji kembali merilis Pilu Membiru versi Experience. Lirik sederhana namun menjadi bagian dari kisah hidup setiap orang menjadikan lagu ini salah satu yang paling populer di 2019. 

Itu tadi deretan lagu-lagu keren sepanjang 340 hari terakhir. Kamu paling suka yang mana nih? atau masih ada lagu hits Indonesia di 2019 yang belum masuk dalam daftar kami? Bagikan di kolom komentar ya. 

Baca Juga: 10 Lagu KPop Rilis September 2019, Penuh Lagu yang Bikin Baper

Topic:

  • Rosita A.
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya