Comscore Tracker

Film Terkenal Pertama Karya 5 Sutradara Hits Indonesia

Sudah nonton belum?

Semakin ke sini, industri perfilman Indonesia kian maju. Banyak sekali film Indonesia yang layak diapresiasi akhir - akhir ini. Tentunya, keberhasilan suatu film tak lepas dari peran sang sutradara.

Untuk bisa menghasilkan karya yang bagus, sutradara - sutradara ini juga perlu latihan. Oleh karena itu, film pertama yang mereka hasilkan pastinya merupakan film bersejarah bagi mereka. Namun, banyak orang yang masih belum tahu film - film pertama sutradara sukses di Indonesia. Mari kita simak satu persatu!

1. Hanung Bramantyo

Film Terkenal Pertama Karya 5 Sutradara Hits Indonesiaimdb.com

Film pertama yang disutradarai Hanung Bramantyo adalah "Catatan Akhir Sekolah" di tahun 2005 dan dibintangi oleh Vino G. Bastian, Ramon Y. Tungka, dan Marcel Chandrawinata. Film ini menceritakan tentang perjalanan 3 siswa yang mendokumentasikan tentang akhir masa sekolah sebagai kenangan dari masa - masa SMA. 

2. Joko Anwar

Film Terkenal Pertama Karya 5 Sutradara Hits Indonesiaimdb.com

Film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra ini adalah film pertama dari Joko Anwar, lho!  Film "Janji Joni" yang naik layar tahun 2005 ini menceritakan tentang seorang lelaki, Joni yang bekerja sebagai pengantar roll film bioskop.

Suatu saat, Joni bertemu dengan sesosok wanita yang cantik jelita. Namun, saat Joni menanyakan nama wanita tersebut, wanita tersebut menolak untuk menjawabnya. Alih - alih langsung menjawab, ia memilih untuk memberitahukan namanya setelah Joni mampu mengantarkan roll film dengan tepat waktu.

3. Mira Lesmana, Riri Riza, Nan Achnas, dan Rizal Mantovani

Film Terkenal Pertama Karya 5 Sutradara Hits Indonesiaimdb,com

Kalian memang tidak salah saat sedang membaca ini! Film ini merupakan film debut  4 sutradara Indonesia: Mira Lesmana, Riri Riza, Nan Achnas, dan Rizal Mantovi. Film "KuldesaK" (1998) bisa dibilang sebagai "Bapak" dari film independen di Indonesia.

Baca Juga: 5 Film Terbaik Sutradara Genius Peter Anderson yang Wajib Ditonton!

4. Garin Nugroho

Film Terkenal Pertama Karya 5 Sutradara Hits Indonesiaimdb.com

Film garapan Garin Nugroho ini (1991) adalah film yang bisa dibilang dewasa, namun tak tidak vulgar. Film ini menceritakan tentang Mayang (Rizky Theo), Harris (Adjie Massaid) dan Topan (Tio Pakusadewo) yang merupakan sahabat sejak kecil.

Mayang dan Harris akhirnya menjadi suami - istri, sedangkan Topan yang masih suka Mayang hanya bisa diam. Namun, Harris yang mengalami masalah ereksi tidak mampu memuaskan Mayang sehingga Mayang dan Topan memadu kasih. 

5. Arifin C. Noer

Film Terkenal Pertama Karya 5 Sutradara Hits Indonesiawikipedia.org

Nama Arifin C. Noer melejit setelah film "Penumpasan G30S/PKI" naik layar. Namun, film pertama dari Arifin C. Noer adalah "Romi dan Juli" (1974). Film ini menceritakan tentang Romi (Rano Karno) dan Juli (Yessy Gusman), teman sesama SMP, saling jatuh cinta.

Percintaan ini terhalangi oleh kedua orangtua masing-masing, Sabar (Sukarno M. Noor) dan Komar (Dicky Zulkarnaen) yang berseteru dalam bisnis. Romi dan Juli bersepakat lari dari rumah, dan tersesat di sebuah gua. Romi jatuh sakit, hingga Juli harus mencari obat. Kedua orangtua anak-anak itupun harus mencari-cari dan akhirnya berdamai setelah menemukan anak masing-masing.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menonton film - film tersebut? 

Baca Juga: Hati-hati! 5 Pemikiran Ini Harus Dihindari Oleh Sutradara Pemula

Angeline Shane Photo Writer Angeline Shane

Hanya seseorang yang ingin menyalurkan pikirannya melalui tulisan~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya