Comscore Tracker

5 Fakta Francis Ford Coppola, Orang di Balik Larisnya “The Godfather”

Apa film Coppola favorit kamu?

Jakarta, IDN Times - Pasti kamu sudah gak asing kan sama film-film seperti The Godfather, Apocalypse Now, The Conversation, Bram Stoker's Dracula? Nah film-film tadi merupakan masterpiece dari seorang Maestro Filmmaker sepanjang masa, Francis Ford Coppola. Gak heran kalau Coppola ini disebut sebagai maestro, karya-karyanya sudah banyak mengantongi berbagai penghargaan baik di ajang Oscar maupun di festival-festival bergengsi di dunia.

Nah, kali ini, IDN Times mau kasih tahu beberapa fakta tentang sutradara, produser sekaligus penulis yang satu ini nih. Psst, Coppola juga punya kejutan buat penikmat karya-karyanya lho. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya berikut ini!

1. Coppola sudah banyak membawa pulang piala dari ajang penghargaan bergengsi

5 Fakta Francis Ford Coppola, Orang di Balik Larisnya “The Godfather”Twitter/coppolawine

Coppola sudah dikenal sebagai sutradara yang selalu cermat dalam membangun setiap adegan dalam film-filmnya, perhatikan saja detail adegan dan dialog-dialog dari setiap tokohnya. Gak heran kalau seringkali film-film dari Coppola ini memberikan efek yang mind blowing. 

Hasilnya? Berbagai piala dari dari ajang-ajang penghargaan bergengsi di seluruh dunia sudah dikantongi. Setelah ditotal ia sudah memiliki lima piala Oscar, enam piala Golden Globe Awards, dua penghargaan di Palmes d’Or dan satu penghargaan di British Academy Film Awards. Gak heran kan kalau ia disebut sebagai seorang maestro?

2. Coppola pernah hampir dipecat oleh perusahaan film

5 Fakta Francis Ford Coppola, Orang di Balik Larisnya “The Godfather”Senseofcinema.com

Salah satu film Coppola yang sukses dan masih terus menjadi bahan perbincangan di kalangan pencinta film bahkan hingga kalangan sutradara adalah The Godfather. Trilogi yang dirilis di tahun 1972, 1974 dan 1990 ini masuk ke banyak nominasi dan berhasil meraih tiga penghargaan Oscar.

Selain terkenal dari caranya mengemas film-film buatannya, Coppola juga dikenal sebagai sineas yang berani mengambil risiko, dan gak jarang membuatnya hampir dipecat oleh perusahaan film. Biasanya hal tersebut terjadi karena keinginannya untuk selalu mendapatkan hasil sempurna beberapa kali gak sejalan dengan kebijakan perusahaan film. Namun ia sukses membuktikan lewat karya karyanya di mana film The Godfather menjadi salah satu film terbaik dalam sejarah dan Coppola menjadi panutan bagi sineas manapun.

Baca Juga: Buka-bukaan! 3 Sutradara Ini Beberkan Rahasia Film-film Fenomenalnya

3. Coppola sedang dalam proses pembuatan film terbarunya

5 Fakta Francis Ford Coppola, Orang di Balik Larisnya “The Godfather”Oklahoman.com 

Terhitung sudah 27 film yang dibuat Coppola sepanjang karirnya sebagai sutradara. Gak hanya berkarir sebagai sebagai sutradara, Coppola juga merupakan produser dan penulis yang piawai untuk film-film karyanya.

Buat kamu yang kangen sama film-film Coppola, ia saat ini tengah menggarap filmnya yang berjudul “Megalopolis”, film ini sudah ia tulis plotnya selama bertahun-tahun lho. Menurut bocoran, Megalopolis sendiri merupakan film futuristik yang menggambarkan masa depan yang indah, positif, dan visioner. Di usianya yang ke-81, Coppola berharap masih bisa menyelesaikan film ambisiusnya ini. Kita doakan saja film ini bisa cepat rilis ya!

4. Salah satu fans film-film Coppola di Indonesia adalah Dino Patti Djalal

5 Fakta Francis Ford Coppola, Orang di Balik Larisnya “The Godfather”Theplaylist.net

Masih ingat sosok Dino Patti Djalal? Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika ini ternyata salah satu fans berat film-film Coppola lho! Bahkan ia mengaku sudah mengagumi sosok Coppola sebagai sutradara legendaris sejak ia masih kecil. Salah satu film Coppola yang sangat membekas di benak Dino adalah Apocalypse Now dengan adegan-adegan perangnya.

“Saya sangat excited akan mewawancarai Francis Ford Coppola, apalagi setelah bincang-bincang dengan Robert De Niro beberapa minggu lalu. Sejak kecil saya sudah mengagumi sosok Francis Ford Coppola sebagai sutradara legendaris. Sebagai sutradara, ia sangat selektif memilih proyek film dan sangat perfeksionis. Banyak yang mengenal seri The Godfather 1, 2 dan 3, tapi banyak lagi film Francis Ford Coppola yang lain yang menjadi ikonik : Apocalypse Now, The Outside, Rumble Fish, Tucker, Cotton Club, Peggy Sue Got Married, Jack, dll.  Adegan-adegan perang di Apocalypse Now masih saya ingat sampai sekarang,” ungkap Dino.

5. Francis Ford Coppola akan hadir di dalam talkshow Mola TV

5 Fakta Francis Ford Coppola, Orang di Balik Larisnya “The Godfather”Dok. UCLA School of Theater, Film and Television

Nah, ini nih yang gak boleh dilewatkan, buat kamu para pencinta film-film Coppola dan penasaran dengan bagaimana ia dapat memproduksi film-film legendaris, ada kabar gembira buat kamu! Jumat, 22 Januari 2020 nanti Coppola akan hadir dalam acara talkshow Mola Living Live di Mola TV bersama Dino Patti Djalal dan Reza Rahadian. 

"Deretan penghargaan yang diperoleh Coppola sepanjang kariernya adalah bukti etos kerja yang selalu ia kedepankan. Diharapkan para penonton Mola TV bisa mendapatkan inspirasi dan banyak belajar dari cerita di balik kesuksesan Coppola,” harap Mirwan Suwarso selaku perwakilan dari Mola TV. Gak hanya Mirwan saja yang bersemangat, Dino pun gak kalah antusias, bahkan ia sudah bertekad untuk “menguras” prinsip hidup dari Coppola, “Yang jelas, dalam talkshow Mola TV nanti, saya akan coba kuras prinsip hidup, etos kerja, resep kreativitas dan pandangannya mengenai berbagai isu. Saya juga akan coba tanya apa impresi dia mengenai Indonesia,” ujar Dino.

5 Fakta Francis Ford Coppola, Orang di Balik Larisnya “The Godfather”IDN Times/Mola TV

Sebelum menonton wawancara eksklusif bersama Coppola di Mola Living Live Jumat nanti, coba deh nonton atau rewatch masterpiece karya Coppola yaitu, The Godfather 1, 2 dan 3 di Mola TV, kamu belum terlambat kok. Buat yang belum tahu Mola Living Live, ini adalah program Mola TV yang menghadirkan berbagai tokoh-tokoh dunia yang punya cerita inspiratif. Mola Living Live sudah menghadirkan banyak cerita inspiratif dari tokoh-tokoh dunia seperti Mike Tyson, Sharon Stone, Luc Besson, Darren Aronofsky, Spike Lee, dan Robert De Niro. 

Ada bocoran nih, setelah Francis Ford Coppola, tokoh dunia lain yang akan dihadirkan selanjutnya antara lain John Travolta yang dijadwalkan pada 5 Februari 2021 dan Sylvester Stallone yang dijadwalkan pada 25 Februari 2021. Mereka akan berbagi pengalaman dan inspirasi bagi penggemarnya di Indonesia secara eksklusif di Mola Living Live. Wah, Gak Sabar! 

Biar kamu gak kelewatan semua tayangan eksklusif di Mola, yuk langsung berlangganan Mola TV sekarang juga! Cukup merogoh kocek mulai dari Rp 12.500,- per bulan dan kamu bisa mengaksesnya melalui aplikasi Mola TV yang tersedia di Appstore dan Playstore atau melalui situs www.mola.tv. Selamat menonton! (CSC)

Baca Juga: Aktor Legendaris, Ini 5 Film Terbaik Al Pacino Selain 'The Godfather' 

Topic:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya