Comscore Tracker

5 Film Adaptasi Novel Ini Dibintangi Alicia Vikander, si Lara Croft 'Tomb Raider'

#MovieOn Salah satunya bikin dia menang Oscar, lho!

Siapa sih yang tidak kenal dengan aktris cantik berdarah Swedia ini, Alicia Vikander. Melalui perannya di berbagai film, salah satunya Ex Machina dia semakin meraih pengakuan global dan berhasil masuk dalam nominasi berbagai ajang penghargaan serta menjadi peraih piala Best Supporting Actress di ajang Academy Award 2015 atas perannya di film The Danish Girl.

Tahun 2018 ini dia membintangi film terbarunya, yakni sebagai Lara Croft di film adaptasi video game Tomb Raider. Tak hanya itu, Alicia juga membintangi film-film adaptasi novel, lho. Bahkan disalah satu filmnya, dia beradu akting bersama pria yang sekarang menjadi suaminya.

Yuk, cek 5 film adaptasi novel yang dibintangi Alicia Vikander.

1. Testament of Youth (2014)

5 Film Adaptasi Novel Ini Dibintangi Alicia Vikander, si Lara Croft 'Tomb Raider'filmaffinity.com

Testament of Youth merupakan film drama British yang didasarkan pada novel memoir Perang Dunia I karya Vera Brittain dengan judul yang sama. Disebut sebagai film yang memiliki cerita coming-of-age kuat yang menggabungkan cinta, perang, kehilangan, dan kenangan, serta merupakan publikasi bestseller tentang memori Perang Dunia I dari sudut pandang wanita.

Film ini diperankan oleh Alicia Vikander sebagai pemain utamanya, yakni Vera Brittain. Vera adalah seorang wanita muda kelas atas yang independen, memiliki saudara laki-laki bernama Edward dan seorang teman bernama Roland yang ia sukai.

Mereka bertiga membayangkan masa depan cerah yang ingin diraih. Namun datanglah hari penentuan pada 4 Agustus 1914 ketika Britain mendeklarasikan perang pada Jerman. Ketiganya pun ikut ambil bagian dalam perang. Vera menelantarkan kuliah Oxford-nya dan bergabung menjadi perawat perang (war nurse).

2. The Danish Girl (2015)

5 Film Adaptasi Novel Ini Dibintangi Alicia Vikander, si Lara Croft 'Tomb Raider'JoBlo.com

Film yang diarahkan oleh Tom Hooper ini merupakan film yang didasarkan pada novel fiksi tahun 2000 dengan judul sama karya David Ebershoff yang terinspirasi dengan kehidupan pelukis Denmark, Lili Elbe dan Gerda Wegener. Lili Elbe atau Einar Wegener diperankan oleh Eddie Redmayne sebagai pelukias pemandangan dan Gerda diperankan oleh Alicia Vikander sebagai pelukis portrait.

Elbe dikenal sebagai salah satu pasien operasi penggantian kelamin pertama yang diketahui. Pada pertengahan 1920an di Copenhagen, Gerda meminta suaminya menjadi model wanita mengenakan gaun untuk lukisannya karena model wanita yang ditunggu terlambat datang.

Berpose sebagai figur perempuan pun membuka indentitas lama Einar sebagai seorang wanita, yang menamainya dirinya Lili Elbe dan sepanjang waktu lebih cenderung menjadi Lili. Lili dan Gerda berusaha mengatasi situasi tersebut namun tidak berhasil.

Pada akhirnya hal tersebut menyebabkan Lili memilih menjalani operasi ganti kelamin pertama yang pernah ada.

3. The Light Between Oceans (2016)

5 Film Adaptasi Novel Ini Dibintangi Alicia Vikander, si Lara Croft 'Tomb Raider'Metacritic.com

Rilis pada tahun 2016, film bergenre romantic period drama ini didasarkan pada novel tahun 2012 berjudul sama karya M. L. Stedman. Film ini merupakan film yang diperankan oleh Alicia Vikander (sebagai Isabel Graysmark) bersama suaminya, Michael Fassbender (sebagai Tom Sherbourne), sebelum mereka menikah pada tahun 2017. 

Film ini bercerita tentang seorang pria yang trauma karena Perang Dunia I bekerja sebagai penjaga mercusuar di Western Australia. Dia jatuh cinta dengan wanita muda lokal, Isabel, dan mereka pun akhirnya menikah pada 1921.

Isabel telah mengalami dua kali keguguran dalam 3 tahun dan dia takut apabila tidak pernah bisa menjadi seorang ibu. Suatu hari mereka melihat perahu dayung terombang-ambing di lautan berisi seorang pria meninggal dan seorang bayi perempuan.

Mereka berjuang atas keputusan untuk melaporkannya atau apakah akan menjaga bayi tersebut. Baru beberapa tahun kemudian mereka menemukan bahwa anak tersebut masih memiliki ibu yang sedang mencarinya.

4. Tulip Fever (2017)

5 Film Adaptasi Novel Ini Dibintangi Alicia Vikander, si Lara Croft 'Tomb Raider'pinterest.com

Tulip Fever adalah film bergenre historical drama yang didasarkan pada novel berjudul sama karya Deborah Moggach dan dirilis tahun 2017. Mengambil setting di Netherlands pada abad ke-17 selama periode tulip mania (periode dalam masa Dutch Golden dimana harga kontrak untuk beberapa bulbs yang diperkenalkan dan dari tulip yang menarik, mencapai tingkat yang luar biasa tinggi dan secara dramatis kolaps pada Februari 1637).

Film ini bercerita tentang gadis yatim piatu bernama Sophia (Alicia Vikander) yang secara paksa menikah dengan pedagang berkuasa dan kaya, Cornelis Sandvoort (Cristoph Waltz). Pernikahan tak menyenangkan tersebut menyelamatkan Sophia dari kemiskinan.

Suatu hari, Cornelis menugaskan seorang pelukis muda bernama Jan (Dane DeHaan) untuk melukis Sophia dan dirinya. Jan jatuh cinta dengan Shopia dan mereka pun memulai hubungan asmara. Berusaha mencari cara untuk melarikan diri dari jangkauan Cornelis, keduanya harus mempertaruhkan segalanya.

Mereka pun berinvestasi dipasar tulip yang berisikodengan harapan bahwa the right bulb akan membawa keberuntungan dan dapat membeli kebebasan mereka.

5. Submergence (2017)

5 Film Adaptasi Novel Ini Dibintangi Alicia Vikander, si Lara Croft 'Tomb Raider'teaser-trailer.com

Mengusung genre romantic thriller, film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya J. M. Ledgard yang rilis pada akhir tahun 2017. Dibintangi oleh Alicia Vikander sebagai Danielle Flinders dan James McAvoy sebagai James Moore. Submergence adalah cerita cinta yang akan membawa kita kedalam dunia yang sangat berbeda dari Danielle dan James.

Mereka bertemu secara kebetulan di sebuah hotel terpencil di Normandia dimana mereka berdua bersiap untuk misi berbahaya. Mereka jatuh cinta dan hampir melawan takdira, namun segera mereka saling mengenali cinta dalam hidup mereka.

Ketika mereka harus berpisah jauh, diketahui bahwa James bekerja untuk British Secret Service yang terlibat dalam misi di Somalia untuk melacak sumber bom bunuh diri yang menyusupi Eropa. Danielle adalah ahli bio-matematika yang bekerja pada sebuah proyek penyelaman laut dalam untuk mendukung teorinya tentang asal-usul kehidupan pada planet Bumi.

Hingga kemudian James disandera oleh kelompok Jihad dan tak bisa menghubungi Danielle, dan Danielle harus pergi ke dasar lautan dengan kapal selamnya tanpa mengetahui jika James masih hidup.

Anna Mei Photo Verified Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya