Comscore Tracker

Swag Banget! Ini 6 Lagu Solo Suga BTS yang Ekspresif & Penuh Makna

Tongue technology is never die!

Suga BTS alias Min Yoongi alias Agust D adalah rapper sekaligus idol yang terkenal dengan image swag. Ia sendiri tergabung dalam boyband Kpop papan atas Bangtan Boys. Bakatnya dan kecintaannya dalam dunia musik mengantarkannya pada popularitas hingga saat ini.

Karya-karyanya baik sendiri maupun bersama BTS selalu apa adanya, jujur, dan relatable dengan anak muda saat ini. Enam lagu di bawah ini menunjukkan sisi swag serta ekspresif dari Suga BTS. Lagu-lagunya pun juga memiliki makna yang mendalam loh. Yuk, langsung aja cek di bawah ini!

1. Seesaw

https://www.youtube.com/embed/BEIwwuQY_Cg

Lagu ini menceritakan seseorang yang terjebak dalam  emosi yang naik turun. Ia mengharapkan dirinya sendiri atau pasangannya memutuskan berhenti menaik-turunkan jungkat-jungkit itu agar tidak ada satupun yang terluka. Lagu ini ditulis Suga sendiri loh!

Seesaw diawali dengan instrumen berunsur jazz yang menenangkan. Kali ini rapp style Suga lebih kalem. Ia juga menunjukkan kemampuan vocalnya pada bagian chorus. Enak banget didengarkan saat lagi santai-santai, chingu!


If we didn’t have feelings for each other. If we didn’t think of each other. Would we have dragged it out like this? Now if you don’t have any more feelings. This seesaw is dangerous. Stop thinking about me!

2. First Love

https://www.youtube.com/embed/7VPcnJ9oJ-k

Lagu ini masuk ke dalam album Wings yang dirilis tahun 2016. Meski berjudul First Love, Suga menekankan bahwa lagu ini berbeda dari romansa cinta pada umumnya.

First Love Suga BTS adalah piano coklat atau bakatnya dalam bermusik. Ia juga menceritakan kesulitannya selama meraih mimpi lewat lagu ini.

The brown piano that guided me. I looked up to you, I yearned for you. When I touched you with my small finger
Every time I wanted to give up. By my side you said. Bastard you can really do it

3. Intro : The Most Beautiful Moment In Life

https://www.youtube.com/embed/5nN8v3LJQrg

Diawali dengan helaan nafas, lagu ini terdengar sedikit dark. Namun bila kamu melihat liriknya, sebenarnya lagu ini ingin menenangkan pendengarnya terutama anak muda. 

Dalam masa pencarian jati diri, anak muda tentu mengalami dilema, antara siap menghadapi masa depan, namun juga takut menghadapinya. Lagu ini juga menunjukkan unek-unek yang dialami anak muda sekarang. Keren banget deh!

Because of the other’s standard of success. My worries spread like cancer again, 

Baca Juga: 5 Lagu Solo Terbaik RM BTS Ini Wajib Masuk Playlist-mu, Sudah Dengar?

4. Give It To Me

https://www.youtube.com/embed/_Zgc12yL5ss

Give It To Me adalah lagu yang masuk dalam mixtape milik Suga. Lagu dengan musik yang eksentrik dan rapp yang berapi-api ini sangat menampar haters Suga. Setelah sekian tahun debut sebagai idol dan rapper, Suga membungkam kritikan tak mendasar hatersnya dengan lagu ini.

I’m still not sure about the secret to success. But I think I know the secret to failure. The secret is to play the fool just like you

5. Agust D

https://www.youtube.com/embed/3Y_Eiyg4bfk

Di lagu yang penuh dengan rapp swag dan hip-hop ini kita akan disuguhi dengan sosok Min Yoongi saat berkarir dalam dunia kpop, dari masa trainee hingga ia memperoleh kesuksesan. Dalam lagu ini kita melihat sosok dengan rasa percaya diri Min Yoongi alias Agust D.

I’m sorry boy that I was the one who took your position

6. The Last

https://www.youtube.com/embed/DB_AP7DLQ0w

Lagu dalam mixtape Agust D ini mengkisahkan tentang gangguan psikologis yang dialami oleh Suga. Suga memang didiagnosa mengalami depresi, OCD, dan fobia sosial saat belum debut.

Lewat lagu ini kita bisa melihat sisi lain Suga BTS selain sebagai idol yang yang terlihat garang, namun sebenarnya ia juga memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Terlebih gangguan psikologis ini menyerang bagai monster yang datang dari waktu ke waktu.

Times I'm scared of myself too, self-hatred and thanks to the depression that takes over me

Nah, itu tadi lagu-lagu Solo Suga BTS. Favoritmu mana nih? Share di kolom komentar yuk!

Baca Juga: Wow, 6 MV Hits BTS Ini Tembus 400 Juta Viewers di YouTube Lho!

Annisa Marifah Photo Verified Writer Annisa Marifah

Reach me out on Twitter @marifah_annisa let's be mutuals!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You