Comscore Tracker

6 Lagu Romantis Indonesia yang Ternyata Punya Makna Religius

Makna dari liriknya ternyata sangat dalam

Ada berbagai cara untuk menyampaikan kecintaan kita terhadap Tuhan, salah satunya menuliskannya lewat lirik lagu. Meski memiliki lirik yang romantis, banyak yang mengira bahwa sederet lagu berikut berkisah tentang cinta antar manusia, lho.

Namun, kenyataannya masih banyak yang belum tahu atau mungkin belum sadar jika beberapa lagu di bawah ini ternyata punya makna yang sangat religius. Penasaran apa saja lagu yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tak Ada yang Abadi - Peterpan

https://www.youtube.com/embed/BEFkS7Grhkc

Di tahun 2014, lagu ini dirilis untuk pertama kalinya sebelum band yang digawangi Ariel dan kawan-kawan ini berganti nama menjadi Noah. Meski di awal lagu terdapat lirik yang begitu romantis, namun setelah dicermati lebih dalam lagu yang satu ini punya makna yang begitu religius.

Lagu ini bercerita tentang kehidupan manusia di bumi. Lewat lagu ini pula kita diingatkan bahwa tak ada sesuatu yang abadi di dunia ini.

Semua yang kita miliki di dunia ini begitu fana dan bisa hilang dalam sekejap mata. Semua yang hidup pasti akan mati, dan tak pernah ada satupun hal yang kekal di dunia ini.

2. Sebelum Cahaya - Letto

https://www.youtube.com/embed/rZgxjhxkOjA

Lagu ini ditulis langsung oleh sang vokalis yakni Noe Letto. Meski sebuah karya dapat ditafsirkan berbeda-beda oleh setiap pendengarnya, namun jika dicermati lebih dalam, lirik lagu yang terdapat di dalamnya sangat religius, lho.

Untaian kata dirangkai dengan begitu indahnya hingga kita mengira bahwa lagu ini adalah lagu romantis tentang seorang pria kepada wanita maupun sebaliknya. Tapi sadarkah kamu, jika yang dimaksud dalam lirik lagu 'Sebelum Cahaya' merupakan lagu yang berkisah tentang seorang hamba yang akan mendekatkan diri kepada Tuhannya lewat sepertiga malam.

Bagi orang muslim, mendekatkan diri kepada Tuhan dalam sepertiga malam disebut dengan salat tahajud. Sebelum cahaya juga dapat dimaknai sebagai waktu subuh, yaitu waktu di mana matahari belum menyingsing.

3. Dealova - Once

https://www.youtube.com/embed/TgkCr0BgdIs

Tak banyak yang tahu jika lagu yang dinyanyikan oleh Once ini merupakan ciptaan dari Opick. Meski menjadi soundtrack untuk sebuah film yang bekisah tentang cinta, siapa sangka bila lagu ini nyatanya bercerita tentang hubungan manusia dengan Tuhannya.

Meski semua mengira lagu romantis ini bercerita tentang kecintaan seorang lelaki kepada kekasihnya, namun saat diresapi lebih dalam lagi, lagu Dealova memang berkisah tentang Tuhan. Opick sebagai pencipta juga mengiyakan bahwa lagu ini bercerita tentang Tuhan.

Baca Juga: 10 Soundtrack Sinetron Paling Terkenal Sepanjang Masa, Pasti Tahu deh!

4. Sempurna - Andra and The Backbone

https://www.youtube.com/embed/jStNaVCW838

Lagu milik band Andra and The Backbone ini pasti sering kamu dengar di event seperti reuni atau pernikahan, bukan? Saking romantisnya banyak yang menafsirkan bahwa lagu ini bercerita tentang seseorang yang menganggap kekasihnya sebagai sosok yang sempurna.

Eits, tunggu dulu lagu yang dirilis tahun 2007 tersebut diakui oleh penciptanya yaitu Andra merupakan lagu untuk Tuhan, lho. Kalau tidak percaya, coba cermati lagi lirik lagu yang satu ini, deh.

5. Satu - Dewa 19

https://www.youtube.com/embed/rzinev0jJRA

Lagu ini merupakan lagu milik band Dewa 19 yang ditulis langsung oleh Ahmad Dhani. Punya lirik yang romantis, Ahmad Dhani menulis lirik lagu ini secara implisit tanpa menulis nama Tuhan.

Meski secara langsung dapat disimpulkan bahwa lagu ini memang menceritakan tentang kepatuhan hamba terhadap Tuhannya. Melalui lirik dalam lagu ini serta aransemen yang indah, kita semua dapat merasakan makna lagu ini yang sangat merasuk ke dalam relung hati kita.

6. Sandaran Hati - Letto

https://www.youtube.com/embed/NmHWpdtRVn0

Masih dengan lagu milik band asal Jogja yakni Letto, lagu ini juga punya makna yang religius, nih. Meski memang sepertinya tak ada lagu Letto yang tak religius, sih. Namun, selain 'Sebelum Cahaya', lagu yang satu ini juga tak kalah religiusnya.

Meski syair pada liriknya begitu romantis, namun ternyata tersimpan makna akan kehidupan seorang hamba yang menyandarkan segala masalah hidupnya kepada Tuhan.

Berdasarkan lirik dalam lagu ini cara hamba tersebut menyandarkan diri dengan melakukan ibadah salat. Ada pesan moral dan juga spiritual dalam lagu ini bahwa kita yang hidup harus terus bersandar pada Tuhan.

 

Itulah tadi sederet lagu romantis Indonesia yang ternyata punya makna religius. Benar-benar mind blowing bukan? Dari sederet judul lagu di atas, adakah lagu favoritmu?

Baca Juga: Masih Ingat Letto? Ini Lagu-lagu Paling Hits Mereka di Tahun 2000-an

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya