Comscore Tracker

5 Film tentang Rasisme yang Bakal Mengubah Pola Pikirmu

Wajib nonton nih!

Belakangan ini tagar Black Lives Matter  sedang ramai di seluruh media sosial maupun siaran TV. Hal ini tak lain dikarenakan tragedi kematian George Floyd yang meninggal akibat perlakuan oleh beberapa anggota Kepolisian Minneapolis. Berbagai unjuk rasa di berbagai penjuru dunia terjadi sebagai solidaritas melawan rasisme. 

Sebenarnya isu rasisme sudah berulang kali terjadi setiap tahunnya di Amerika Serikat. Namun, puncak kemarahan masyarakat terjadi setelah tragedi yang dialami George Floyd.

Beberapa film sebenarnya sudah mengisahkan tragedi rasisme yang sering di berbagai tempat, khususnya Amerika Serikat. Namun, tak banyak masyarakat yang mengetahui beberapa film tersebut. Berikut 5 film inspiratif tentang rasisme yang wajib kamu tonton. 

1. Harriet(2019)

https://www.youtube.com/embed/osP9iJjvlAE

Film ini dirilis pada tahun lalu yang disutradai oleh Kasi Lemmons. Harriet mengisahkan seorang budak yang bernama Harriet Tubman yang berjuang membebaskan pembebas budak. Film ini mengambil latar waktu yang dimulai pada tahun 1898. 

Meski menuai beberapa kritik, film ini patut diapresiasi karena berani mengambil kisah nyata tentang rasisme. Film ini diperankan oleh Cynthia Erivo sebagai Harriet Tubman, Leslie Odom Jr. sebagai William Still, dan masih banyak lagi. 

2. Fruitvale Station(2013)

https://www.youtube.com/embed/crMTGCCui5c

Pada awal tahun 2009, seorang pria kulit hitam yang bernama Oscar Grant III dan tidak bersenjata maupun telah berbaring telungkup ditembak mati oleh polisi Bay Area Rapid Transit berkulit putih. Video ini untungnya direkam oleh seorang yang ada di area tersebut dan menjadi viral. Video ini akhirnya membuat banyak masyarakat Florida yang protes.

Film ini mengisahkan kisah Oscar Grant III dan berbagai diskriminasi yang dilakukan banyak pihak pada masyarakat berkulit hitam. Film ini telah mendapatkan berbagai penghargaan seperti Cannes Film Festival, Gotham Awards, dan masih banyak lagi.

3. Selma(2014)

https://www.youtube.com/embed/BWKaq80cKSA

Film ini mengisahkan kisah Dr.Martin Luther King dalam memperjuangkan hak pilih masyarakat berkulit hitam. Dr.King dikisahkan sebagai seorang yang sangat pintar, berwibawa, dan gigih. Dalam kisahnya, dia memohon kepada presiden Lyndon Johnson untuk mendukung Voting Rights Act of 1965 yang akan mengatasi permasalahan masyarakat kulit hitam tidak punya hak suara sebelumnya. 

Film ini diperankan oleh David Oyelowo sebagai Martin Luther King, Tom Wilkinson sebagai Lyndon B. Johnson, Carmen Ejogo sebagai Coretta Scott King,  André Holland sebagai Andrew Young, Tessa Thompson sebagai Diane Nash, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: 5 Tokoh Dunia yang Berjuang Keras Lawan Rasisme, Siapa Saja?

4. The Hate U Give(2018)

https://www.youtube.com/embed/3MM8OkVT0hw

Film ini terinspirasi dari sebuah novel Angie Thomas. Angie sendiri menulis novel ini sebagai reaksi atas penembakan Oscar Grant III pada tahun 2009. Film ini mengisahkan seorang perempuan yang bernama Starr yang menjadi saksi penembakan sahabatnya Khalil oleh petugas kepolisian.

Setelah itu, Starr mulai terinspirasi untuk menegakkan keadilan, khususnya bagi warga berkulit gelap. Film ini dibintangi oleh Amandla Stenberg, Regina Hall, Russell Hornsby, dan masih banyak lagi.

5. Dear White People(2014)

https://www.youtube.com/embed/JMgWMzbM2Pk

Dari judulnya saja film ini sudah terlihat pesan yang akan disampaikan. Film ini mengisahkan seorang mahasiswi yang bernama Samantha yang tinggal di sebuah kampus yang bernama Winchester. Samantha sendiri sudah muak dengan semua white-privillage student yang ada di universitasnya.

Samantha lalu menyuarakan pikirannya tersebut dalam sebuah acara radio kampus yang dinamakan "Dear White People". Dari sinilah kisah seru dari seorang Samantha dimulai. Film ini memenangkan 4 peghargaan sekaligus, termasuk Sundance Film Festival pada tahun 2014.

Nah, itu dia 5 film inspiratif yang mengangkat isu rasisme yang wajib kamu tonton. Semoga kamu dapat mengambil banyak pelajaran dari kelima film di atas. Selamat menonton.

Baca Juga: 10 Buku Terbaik yang Angkat Isu Rasisme Selain 'To Kill A Mockingbird'

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya