Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Yoko Ono, Istri John Lennon yang Lahir 18 Februari

Kamu harus mengetahui fakta-fakta menarik Yoko Ono

Bagi pencinta musik, pasti tak asing mendengar nama Yoko Ono. Istri dari penyanyi legendaris John Lennon ini memang pernah menjadi sorotan publik sejak menjalin hubungan dengan vokalis The Beatles itu. Lahir pada 18 Februari 1933, berikut 5 fakta menarik mengenai Yoko Ono. 

1. Ono lahir dalam keadaan Perang Dunia II

5 Fakta Menarik Yoko Ono, Istri John Lennon yang Lahir 18 Februariww2history.com

Perempuan kelahiran Tokyo ini mempunyai masa kecil yang cukup mengelamkan. Dia pernah bercerita di suatu malam pada tahun 1945, dia, ibunya, dan 2 saudaranya melihat bom-bom dan tentara Amerika Serikat berdatangan. Dia bersembunyi di bunker bawah tanah. Akibat penyerangan tersebut, 83.000 orang tewas dan seperempat bagian kota terbakar. 

2. Ono mempunyai 3 suami

5 Fakta Menarik Yoko Ono, Istri John Lennon yang Lahir 18 Februariindiewire.com/Shutterstock

Setelah pindah dan menatap di New York, dia terlibat dalam suatu proyek avant-garde music. Dalam proyek tersebut, dia bertemu dengan komposer proyek tersebut, Toshi Ichiyanagii. Mereka menjalin hubungan hingga akhirnya menikah pada 1956.

Sayangnya, hubungan mereka kandas pada tathun 1962. Setelah bercerai, Yoko Ono menikah dengan Anthony Cox, seorang produser dan promotor film yang namanya tak asing lagi di dunia film Amerika Serikat. Dari pernikahannya ini, dia mempunyai seorang anak yang bernama Kyoko Chan Cox. Namun, pada tahun 1968 mereka harus bercerai.

Pada tahun 1969, Yoko menikah dengan John Lennon, anggota band The Beatles. Pernikahan mereka menghasilkan seorang anak yang bernama Sean Lennon. Sayangnya, John Lennon harus tewas karena serangan dari fansnya sendiri pada 1980. 

Baca Juga: 7 Fakta Menarik John Lennon, Sang Vokalis Legendaris Band The Beatles

3. Ono pernah di-drop out dari kampusnya

5 Fakta Menarik Yoko Ono, Istri John Lennon yang Lahir 18 Februarilouispoulsen.com

Setelah lulus pendidikan formal, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Gakushuin dan mengambil jurusan filsafat. Dia merupakan perempuan pertama saat itu yang diterima di jurusan dari universitas tersebut. Namun, dia hanya bertahan di kampus tersebut selama 2 semester. 

4. Yoko Ono merupakan aktivis yang disegani

5 Fakta Menarik Yoko Ono, Istri John Lennon yang Lahir 18 Februarisevendaysvt.com

Bersama suaminya, John Lennon, Ono merupakan pegiat isu-isu feminisme dan perdamaian. Salah satu propaganda untuk melancarkan aksinya tersebut ketika dia dan John Lennon merilis lagu Imagine yang pada saat itu membuat beberapa pihak merasa terganggu atas aksinya itu. 

5. Yoko Ono baru diakui sebagai penulis lagu Imagine pada tahun 2017

5 Fakta Menarik Yoko Ono, Istri John Lennon yang Lahir 18 Februarijapantimes.com

Yoko Ono baru diakui terlibat langsung dalam penulisan lagu Imagine pada tahun 2017. Pengakuan tersebut diberikan pada acara National Music Publisher Asscociation pada 14 Juni 2017.

Dalam acara tersebut, CEO David Israelite memberikan penghargaan Centennial Song untuk lagu tersebut sekaligus mengumumkan bahwa Ono akan menerima penghargaan co-writing pada lagu yang dirilis 1971 itu. Itu sesuai dengan permintaan almarhum John Lennon sendiri. 

Nah, itu dia 5 fakta menarik mengenai Yoko Ono. Semoga dapat menambah wawasan dan menjadi inspirasi bagimu ya.

Baca Juga: Dari Lennon hingga Escobar, 7 Pesohor Ini Mati di Tangan Penggemarnya

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya