Comscore Tracker

Jadi Anak Rantau, 6 Idol KPop Asal Thailand Ini Sukses di Korea!

Semangat mereka jadi Idol patut dicontoh! #WaktunyaKorea

Dalam meraih mimpi, perlu begitu banyak bekal. Tidak hanya kemampuan yang perlu dipertajam, tapi juga semangat juang, kesabaran, dan sedikit bumbu keberuntungan agar mimpi kita berada dalam genggaman. 

Seperti yang dilakukan oleh enam Idol KPop asal Thailand ini. Jadi anak rantau, jauh dari orangtua, menjalani masa training bertahun-tahun sendirian, tidak membuat mereka patah semangat dalam menjemput mimpi.

Terbukti, mereka kini sangat sukses berkarier di negeri orang. Yuk, kita intip kisahnya, check it out!

1. Lisa BLACKPINK

Jadi Anak Rantau, 6 Idol KPop Asal Thailand Ini Sukses di Korea!Lisa 'Blackpink' with her cat photoshoot (instagram.com/lalalalisa_m)

Audisi YG Entertainment di Thailand, menjadi langkah awal Lisa mencoba peruntungan di dunia KPop. Berdasarkan Wikipedia, saat itu usianya masih sangat belia, 13 tahun. Berbekal skill dan pengalamannya sebagai dancer dari usia empat tahun, Lisa akhirnya lolos dalam audisi tersebut dan mengalahkan ribuan pendaftar lainnya. 

Kemudian 2011 menjadi tahun pertama Lisa memulai masa training-nya. Jika di total hingga debut-nya tahun 2016, Lisa menghabiskan lima tahunnya sebagai trainee YG Entertainment.

Hasilnya tidak sia-sia, perempuan bernama lengkap Lalisa Manoban ini sukses berkarier sebagai member Blackpink. Lagu-lagunya bahkan selalu merajai chart musik di berbagai negara.

Tidak berhenti di situ, Media Indonesia mengungkapkan bahwa Lisa ternyata pernah dinobatkan sebagai Most Popular Person of The Year oleh The Standard pada tahun 2019 lalu. 

Good job, Lisa!

2. Ten NCT

Jadi Anak Rantau, 6 Idol KPop Asal Thailand Ini Sukses di Korea!Ten 'NCT' with blue shirt (instagram.com/tenlee_1001)

Dilansir dari Line Today, jauh sebelum menjadi idol, Ten pernah menjuarai ajang Thailand Superstar Teen pada tahun 2011. 

Keterkenalan dan keberhasilan Ten ini ternyata pernah tercium oleh Starship Entertainment. Ia ditawari untuk bergabung langsung tanpa harus mengikuti audisi. Namun, sayangnya Ten tidak mengambil kesempatan itu. 

Lelaki bernama Chittaphon Leechaiyapornkul ini justru memilih SM Global Audition di Thailand pada tahun 2013. Kabar baiknya, Ia lolos dan langsung dikenalkan ke publik sebagai SM Rookies Ten.

Menjalani masa trainee selama tiga tahun, Ten berhasil debut dalam grup sub-unit NCT, NCT-U, dengan lagu "The 7th Sense" bersama Taeyong, Doyoung, Jaehyun, dan Mark.

Tahun 2020 lalu, Ten bersama grup-nya NCT, meraih prestasi baru. Mereka mendapatkan predikat "Double Million Seller" dalam comeback-nya di NCT 2020: Resonance.

Prestasi yang membanggakan, bukan?

3. Bambam GOT7

Jadi Anak Rantau, 6 Idol KPop Asal Thailand Ini Sukses di Korea!Bambam 'GOT7' x ABYSS Company Photoshoot (instagram.com/bambam1a)

Keinginannya menjadi seorang idol terinspirasi dari ibu-nya yang merupakan seorang fans berat Rain. Wikipedia mengungkapkan bahwa sewaktu Bambam kecil, ia sering sekali dibawa ibunya untuk menonton konser Rain bersama. 

Dengan tekad baja, Bambam pun dengan tekun berlatih menyanyi dan mempelajari segala jenis dance. Hingga pada tahun 2013, Ia mencoba peruntungannya melalui JYP Global World Audition di Thailand. 

Bambam lolos dan menjalani masa trainee-nya sejak tahun 2011 hingga akhirnya didebutkan bersama enam member GOT7 lainnya pada tahun 2014 lalu. Ia menduduki posisi rapper dalam grupnya. 

Walau kini seluruh member GOT7 tidak lagi berada dalam naungan JYP Entertainment, popularitas per membernya sama sekali tidak surut. Bahkan, pada 15 Juni 2021 mendatang, Bambam akan segera melakukan debut solonya yang berjudul Ribbon

Wah, congratulations Bambam!

Baca Juga: 7 Idol KPop Asal China Ini Punya Followers Bejibun di Weibo

4. Nichkhun 2PM

Jadi Anak Rantau, 6 Idol KPop Asal Thailand Ini Sukses di Korea!Nichkhun '2PM' Photoshoot (instagram.com/khunsta0624)

Nichkhun merupakan salah satu idol KPop generasi kedua dari Thailand yang masih eksis hingga hari ini. 

Sebelum memulai debutnya pada tahun 2008, lelaki bernama lengkap Nichkhun Buck Horvejkul ini punya cerita audisi yang sangat unik.

Dalam wawancaranya bersama Eric Nam di YouTube Podcast 'K-pop Daebak' episode 78, Nichkhun mengaku bahwa Ia ditawari langsung untuk menjadi trainee JYP Entertainment oleh seorang staf saat menonton G.O.D dan NRG di Korean Festival, Los Angeles. Staf tersebut meminta Nichkhun untuk mengikutinya ke hotel agar bisa melakukan rekaman audisi.

Awalnya mantan Tiffany Young ini sempat takut dan menolak, namun dengan kegigihan sang staf, Nichkhun pun akhirnya mau melakukan audisi, dengan catatan, dilakukan di coffee shop, bukan di hotel.

Walau cerita audisinya sangat tidak disangka-sangka, Nichkhun terbukti masih bertahan bersama 2PM hingga saat ini. Kabarnya, di tahun 2021 ini, 2PM akan melakukan comeback-nya setelah lima tahun vakum.

Wah, jadi gak sabar!

5. Sorn CLC

Jadi Anak Rantau, 6 Idol KPop Asal Thailand Ini Sukses di Korea!Sorn 'CLC' Photoshoot (instagram.com/sssorn_chonnasorn)

Juara 1 K-pop Star Hunt 2011 ini memulai debutnya bersama CLC pada tahun 2015. Sorn memulai masa trainee-nya di bawah naungan Cube Entertainment tepat setelah menjuarai ajang kompetisi tersebut. Ia menjadi trainee luar negeri pertama yang di rekrut Cube Entertainment.

Sebelum debut, Sorn bersama G.NA pernah melakukan featuring dalam lagu "Because You Are The One" dalam versi bahasa Inggris. 

Kini, Sorn semakin memperluas jangkauan karirnya dengan menjadi YouTuber (Produsorn), dan Tiktokers. Per Mei 2021 lalu, Sorn telah memiliki 2,2 juta followers di akun Tiktok-nya. 

Hayo, siapa di sini yang selalu ngikutin video Tiktoknya Sorn? 

6. Minnie (G)I-DLE

Jadi Anak Rantau, 6 Idol KPop Asal Thailand Ini Sukses di Korea!Minnie '(G)I-DLE' Senorita (instagram.com/g_i_dle_minniey)

Nicha Yontararak, itulah nama lengkapnya. Debut bersama (G)I-DLE pada tahun 2018, Nicha memiliki nama panggung bernama Minnie. 

Awal karier Minnie dimulai dengan mengikuti audisi Cube Star World yang diadakan di Thailand pada September 2014. Lolos dan menjadi trainee Cube Entertainment selama tiga tahun, tentu Minnie tidak hanya berdiam diri. 

Fandom (G)I-DLE menjabarkan bahwa Minnie pernah berduet bersama So Yeon (G)I-DLE dalam acara Unpretty Rapstar 3 di tahun 2016 lewat lagu 'SMILE'. Ia juga aktif berpartisipasi dalam video promosi Rising Star Cosmetic bersama Yuqi dan Shuhua (G)I-DLE.

Walau saat ini Minnie sebagai main vocalist di grupnya, ternyata Ia juga merupakan seorang songwriter. Dua lagu terbaru (G)I-DLE yang berjudul "Moon" dan "Dahlia" ternyata merupakan ciptaannya Minnie.

Semua nggak ada yang mudah, begitu juga jalan yang mereka tempuh untuk jadi idol. Sebelum mengikuti audisi sana-sini pasti ada banyak bekal yang mereka persiapkan agar lolos hingga bisa didebutkan. 

Jadi, kalau kamu punya mimpi yang sama dengan keenam idol di atas, yuk dikejar. Gak ada yang gak mungkin kan kalau kita berusaha?

Baca Juga: 10 Idol KPop dengan Masa Trainee di Bawah Satu Tahun, Ada Satu Hari

Anzalia Silma Photo Writer Anzalia Silma

Penulis yang hobi membaca siang dan malam. Freelance Copywriter & Graphics Designer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya